Pengen Sholat Mu Khusyuk Ini Tips Nya & Doanya Agar Kamu Merasakan Ketenangan Saat Beribadah

Pengen Sholat Mu Khusyuk Ini Tips Nya & Doanya Agar Kamu Merasakan Ketenangan Saat Beribadah

Sholat merupakan kunci setiap amalan maka ciptakan kekhusyukan dalam sholat --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Sholat merupakan rukun Islam kedua dan sholat merupakan tiang Agama baik sholatnya maka baik amalan yang lain, jika buruk sholatnya maka buruklah seluruh amal yang lainnya sebagaimana dijelaskan dalam sebuah Hadist dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi: 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ : قاَلَ رَسُولُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : (( إنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلاَتُهُ ، فَإنْ صَلُحَتْ ، فَقَدْ أفْلَحَ وأَنْجَحَ ، وَإنْ فَسَدَتْ ، فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ ، فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَييْءٌ ، قَالَ الرَّبُ – عَزَّ وَجَلَّ – : اُنْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ ، فَيُكَمَّلُ مِنْهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيضَةِ ؟ ثُمَّ تَكُونُ سَائِرُ أعْمَالِهِ عَلَى هَذَا )) رَوَاهُ التِّرمِذِيُّ ، وَقَالَ : ( حَدِيثٌ حَسَنٌ )

Artinya:

"Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah SAW  bersabda, “Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya. Maka, jika sholatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika sholatnya rusak, sungguh dia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari sholat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki sholat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari sholat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.” (HR Tirmidzi, ia mengatakan hadits tersebut hasan.) [HR Tirmidzi, no  413 dan An-Nasa’i, no 466. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini sahih]

BACA JUGA:Taubatlah Sebelum Matahari Terbit Dari Barat & Napas Sudah Di Tenggorokan. Sungguh Ampunan Allah Amatlah Luas

Maka untuk mencapai sholat kita baik dan di terima oleh Allah SWT maka kita perlu kekhusyukan dalam menjalankan ibadah sholat meskipun ketika kita sedang Sholat sangat sulit untuk kita bisa beribadah dengan khusyuk, pikiran kita ketika justru memikirkan berbagai hal yang tidak ada kaitannya dengan Sholat. Akan tetapi meskipun kita begitu sulit untuk berbuat khusyuk kita tetap harus berusaha agar kita dapat khusyuk saat melaksanakan sholat 

Berikut yang perlu di perhatikan agar sholat yang kita lakukan dapat menjadi khusyuk yaitu kita harus memperbaiki serangkaian rukun dan syarat sholat itu sendiri agar kita perhatian dengan saksama mulai dari kita perbaiki dari sejak mengambil wudhu hingga pelaksanaan sholat itu sendiri 

Pertama: Khusyuk saat Wudhu

Untuk kita bisa mencapai kekhusyukan hendaklah kita memperhatikan ketika berwudhu, dimulai dengan secara tidak terburu-buru, dan semua anggota badan yang menjadi syarat wudhu harus basah semua, kemudian ketika berwudhu tidak boleh ngobrol sehingga kekhusyukan saat sholat bisa tercapai semaksimal mungkin.

BACA JUGA:Inilah Tata Cara Mandi Taubat Menurut Ajaran Islam. Ramadhan Saat Untuk Sholat Taubat Nasuha

Kedua: Jangan Tasybik

Yang di maksud dengan Tasybik yaitu menjalin jari jemari atau memainkan jari, ataupun menggaruk-garuk atau bergerak-gerak sebab ketika kita bergerak lebih dari 3 kali secara berturut-turut di luar gerakan sholat dapat mengurangi pahala sholat itu sendiri untuk itu saat sholat usahakan dalam kondisi tenang tidak krasak krusuk.


Kajian Islam. Tips supaya sholat menjadi khusuk

Ketiga: Mengkonsentrasikan antara  Mulut dengan Hati

Langkah selanjutnya yaitu mengkonsentrasikan mulut dangan hati yaitu ketika yang kita baca harus nyambung dengan hati jangan sampai saat membaca ayat-ayat Allah hati kita justru hati kita melayang-layang ke lain sehingga kita tidak konek apa yang kita baca setidaknya kita harus memperhatikan bacaan kita kata perkata meskipun secara bahasa kita tidak memahami artinya.

Keempat: Gerakan mulut saat membaca bacaan Sholat

Terkadang kita saat membaca bacaan sholat hanya di dalam hati tanpa disertai dengan gerakan mulut kita saat membaca suatu ketika sahabat Nabi Muhammad Rasulullah SAW yaitu Khabbab pernah ditanya apakah mulut Nabi Muhammad Rasulullah SAW bergerak atau diam saat sholat.

BACA JUGA:Berpuasa Ramadhan Itu Bulan Pendidikan Kesabaran & Puasa Adalah Setengah dari Kesabaran.

“Kata Khabbab, Nabi Muhammad Rasulullah SAW kalau Sholat mulutnya selalu bergerak sesuai dengan bacaan Sholatnya, dari mana kau tau mulutnya bergerak? Karena ku tengok jenggotnya bergoyang,” tutur Khabbab Sahabat Nabi.

Kelima: Paham Makna Bacaan Sholat 

Yang terakhir yaitu memahami setiap bacaan Sholat yang kita baca minimal tau makna setiap bacaan yang kita baca salah satu contoh kita membaca surat Al ikhlas mungkin secara rinci kita tidak tau makna kata perkata akan tetapi kitab minimal paham tentang apa surat Al ikhlas tersebut yaitu tentang ke Esa an Allah SWT.

BACA JUGA:4 Keutamaan Bersedekah di Bulan Suci Ramadan, Diantaranya Menyambung Silahturahmi.

Kemudian berdoa kepada Allah SWT agar setiap rangkaian sholat kita dapat kita jalani dengan khusyuk berikut doa nya yang harus kita baca sebelum memulai sholat 

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Artinya: 

“Ya Allah, semoga Engkau memberi pertolongan kepada kami untuk bisa selalu ingat (zikir) kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah dengan baik kepada-Mu.”

اللَّهُمَّ ارْزُقْنَا الطُّمَأْنِيْنَةَ وَالْخُشُوْعَ اللَّهُمَّ ارْزُقْنَا الخُشُوْعَ فِي صَلاَاتِنَا

Artinya: 

“Ya Rabb, anugerahkanlah rasa ketenangan (tumakninah) dan khusyuk dalam sholat kami.”

Demikianlah beberapa kiat yang harus kita perhatikan ketika kita mau melaksanakan Sholat agar kita mendapatkan kekhusyukan dalam menjalankan ibadah sholat baik sholat lima waktu maupun sholat-sholat Sunnah lainnya. Mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan petunjuk kepada kita semua sehingga kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Allahumma Aamiin. (djl) 

Sumber: