Taubatlah Sebelum Matahari Terbit Dari Barat & Napas Sudah Di Tenggorokan. Sungguh Ampunan Allah Amatlah Luas

Taubatlah Sebelum Matahari Terbit Dari Barat & Napas Sudah Di Tenggorokan. Sungguh Ampunan Allah Amatlah Luas

Kajian Islam. Bertaubatlah sebelum napas sampai ke tenggorokan. Allah Maha luas ampunan nya--

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Sesungguhnya Allah SWT maha menerima taubat hamba-hambanya dan ampunan Allah amatlah teramat luas, Allah SWT akan menerima taubat hamba-hambanya sebelum Matahari terbit dari Barat dan Napas belum belum sampai di tenggorokan.
Akan tetapi kapan terjadi Matahari akan terbit dari Barat atau Kiamat akan terjadi kita tidak akan mengetahui kapan hal itu akan terjadi namun tanda-tanda kiamat sudah dekat sudah mulai bermunculan seperti wanita berpakaian tapi telanjang, seorang wanita durhaka kepada suaminya, kemaksiatan dilakukan secara terang-terangan dan menjadi kebanggaan, terbaru Kota Mekkah mulai menghijau tumbuh-tumbuhan mulai tumbuh, Mekkah mulai terjadi Banjir dan dan hujan salju. Sebelum tanda-tanda kiamat besar muncul maka barangsiapa yang bertaubat maka akan membuka pintu taubatnya dengan seluas-luasnya Dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman dalam Surat At-Tahrim ayat 8 yang berbunyi: 
 
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ تُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّـَٔاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ يَوْمَ لَا يُخْزِى ٱللَّهُ ٱلنَّبِىَّ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مَعَهُۥ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَٰنِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَآ أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَٱغْفِرْ لَنَآ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ yā
Artinya: 
 
"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan Taubat Nasuha (taubat yang sebenar-benarnya). Mudah-mudahan Rabb Mu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan ke dalam Jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang Mukmin yang bersama dia sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: "Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu".
 
 
Allah SWT sesungguhnya Maha pengampun dan Maha luas ampunan nya maka sebesar apapun dosa dan kesalahan, kemaksiatan, perbuatan zina yang telah kita lakukan sesungguhnya ampunan Allah SWT jauh lebih luas, akan jika taubat di lakukan setelah Napas sudah di tenggorokan atau Matahari sudah terbit di ufuk Barat maka pintu taubat sudah tertutup.
 
Tanda terbesar bahwa hari Kiamat dari sebelah Barat Allah abadikan dalam Al-Qur'an Surat Al - An'am ayat 158 berbunyi: 
 
هَلْ يَنظُرُونَ إِلَّآ أَن تَأْتِيَهُمُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ أَوْ يَأْتِىَ رَبُّكَ أَوْ يَأْتِىَ بَعْضُ ءَايَٰتِ رَبِّكَ ۗ يَوْمَ يَأْتِى بَعْضُ ءَايَٰتِ رَبِّكَ لَا يَنفَعُ نَفْسًا إِيمَٰنُهَا لَمْ تَكُنْ ءَامَنَتْ مِن قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِىٓ إِيمَٰنِهَا خَيْرًا ۗ قُلِ ٱنتَظِرُوٓا۟ إِنَّا مُنتَظِرُونَ
Artinya: 
 
"Yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan Malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa mereka) atau kedatangan (siksa) Tuhanmu atau kedatangan beberapa ayat Tuhanmu. Pada hari datangnya ayat dari Tuhanmu, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah: "Tunggulah olehmu sesungguhnya Kami pun menunggu (pula)" ( QS Al- An'am 158) 
 
 
Al-Bukhari meriwayatkan, kami diceritakan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:
 
لاَ تَقُوْمُ السَّاعَةَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنَ الْمَغْرِبِ، فَإِذَا طَلَعَتْ، فَرَآهَا النَّـاسُ؛ آمَنُوا أَجْمَعُوْنَ، فَذَلِكَ حِيْنَ لاَ يَنْفَعُ نَفْسًا إِيْمَانُهَا لَمْ تَكُنْ آمَنَتْ مِنْ قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِيْ إِيْمَانِهَا خَيْرًا.
Artinya:
 
"Kiamat takkan terjadi sebelum matahari terbit dari barat. Apabila manusia telah melihatnya (terbit dari barat), maka beriman lah seluruh penduduk bumi. Tetapi pada saat itu tidak bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya, yang sebelumnya tidak beriman." (HR Al-Bukhari)
 

Kajian Islam. Pintu taubat Allah SWT terbuka luas sebelum Matahari terbit dari Barat
 
Dalam Hadits lain dari Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW sabda yang artinya:
 
"Ada tiga kejadian yang apabila telah terjadi, maka iman seseorang tidak berguna lagi bagi dirinya. yang sebelumnya tidak beriman, atau (belum) melakukan kebaikan dalam masa imannya, yaitu: terbitnya matahari dari barat, munculnya asap dan binatang melata dari dalam bumi." ( HR Iman Ahmad) 
 
 
Maka dari beberapa Hadist dan Al-Qur'an di atas jelas bahwa Allah SWT akan membuka pintu taubatnya orang-orang yang mau bertaubat bahkan sebesar apa pun dosa yang telah ia perbuat, jika ia bersungguh-sungguh bertaubat dan menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan kembali kepada perbuatan kemaksiatan, perbuatan zina yang ia lakukan lalu ia mandi taubat dan sholat taubat maka Allah akan membukakan pintu taubat yang luasnya seluas langit dan bumi.
 
Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Ali Imran Ayat 133 yang berbunyi:
 
۞ وَسَارِعُوْٓا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمٰوٰتُ وَالْاَرْضُۙ اُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِيْنَۙ
 
Artinya: 
 
"Bersegeralah menuju ampunan dari Tuhanmu dan surga (yang) luasnya (seperti) langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa," (QS Āli 'Imrān: 133).
 
 
Demikianlah semoga Allah senantiasa memberikan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat memanfaatkan sisa Ramadhan ini untuk bertaubat kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya taubat. Aamiin Allahumma Aamiin. (djl) 
 

Sumber: