Inilah Tata Cara Mandi Taubat Menurut Ajaran Islam. Ramadhan Saat Untuk Sholat Taubat Nasuha

Inilah Tata Cara Mandi Taubat Menurut Ajaran Islam. Ramadhan Saat Untuk Sholat Taubat Nasuha

Kajian Islam. Islam menganjurkan untuk mandi terlebih dahulu sebelum melakukan sholat taubat --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Kita sebagaimana Manusia merupakan tempatnya dosa begitu banyak dosa kesalahan kemaksiatan bahkan berbuat zina seakan-akan lumrah pada zaman saat ini, bahkan ada banyak orang yang bangga dalam berbuat dosa, bangga jika bisa banyak menghabiskan minum-minuman keras, bangga jika banyak perempuan-perempuan yang berhasil di nodai, bahkan bangga dengan dosa-dosa yang ia perbuat, saat ini begitu banyak seseorang yang sudah bersuami maupun pun sudah beristri yang berselingkuh secara terang-terangan tanpa beban dosa, terjadinya pergaulan bebas bagi muda-mudi, tentunya hal sangat memperihatinkan hal ini terjadi karena lemaknya iman lemahnya ilmu Agama.

Akan tetapi Allah SWT Maha luas pengampunan nya bagi orang-orang yang mau bertaubat Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surah At Taubah Ayat 112 yang berbunyi:

ٱلتَّٰٓئِبُونَ ٱلْعَٰبِدُونَ ٱلْحَٰمِدُونَ ٱلسَّٰٓئِحُونَ ٱلرَّٰكِعُونَ ٱلسَّٰجِدُونَ ٱلْءَامِرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَٱلنَّاهُونَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَٱلْحَٰفِظُونَ لِحُدُودِ ٱللَّهِ ۗ وَبَشِّرِ ٱلْمُؤْمِنِينَ

Artinya: 

"Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang melawat, yang ruku', yang sujud, yang menyuruh berbuat ma'ruf dan mencegah berbuat munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang Mukmin itu." (QS. At-Taubah: 112)

BACA JUGA:Ini Amalan Malam 10 Terakhir Ramadhan, Janji Allah Terbebas Dari Api Neraka.

Namun setiap orang yang bertaubat dianjurkan terlebih dahulu untuk melakukan mandi taubat sebelum melaksanakan sholat taubat 

Perintah bertaubat telah disebutkan dalam beberapa Hadits. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Setiap anak Adam pasti pernah melakukan kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah bertaubat." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)


Kajian Islam. Sholat taubat mengharapkan ampunan Allah SWT 

Namun untuk bertaubat harus lah di awali dengan niat yang ikhlas karena Allah SWT dengan mengharapkan ampunan dengan menyesali semua perbuatan dosa tersebut dan berjanji untuk tidak mengulangi nya lagi, lebih-lebih di bulan suci Ramadhan ini di mana bulan yang penuh Rahmat ampunan sangatlah tepat bagi kita untuk melakukan taubat nasuha. Untuk bulan suci Ramadhan ini untuk mandi taubat bisa dilakukan sebelum kita melakukan makan sahur antara pukul 3-00 pagi diawali dengan mandi taubat kemudian sholat taubat berdoa dan kemudian baru kita makan sahur, 

Berikut Niat mandi taubat yang bisa kita lakukan dan hal itu bisa juga kita lakukan dengan bahasa Indonesia bagi yang belum hafal Niat bahasa Arabnya adapun lafadz nianya adalah berbunyi:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِلتَّوْبَتِ عَنْ جَمِعِ الذُّنُوْبِ

Artinya: 

Sumber: