4 Keutamaan Bersedekah di Bulan Suci Ramadan, Diantaranya Menyambung Silahturahmi.

4 Keutamaan Bersedekah di Bulan Suci Ramadan, Diantaranya Menyambung Silahturahmi.

Kajian Islam. Allah melipatgandakan pahala sedekah di bulan suci Ramadhan --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Bulan Suci Ramadan merupakan bulan paling mulia dari pada bulan-bulan lain dimana pada bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh berkah rahmat kasih sayang Allah SWT, bulan penuh ampunan maghfiroh, bulan yang mampu membebaskan kita dari Api Neraka sehingga terbentuklah insan yang bertaqwa sebagaimana yang di kehendaki oleh Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

 
يٰٓـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا كُتِبَ عَلَيۡکُمُ الصِّيَامُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِکُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُوۡنَۙ
 
Artinya:
 
"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa" (QS Al-Baqarah 183
 
 
Sehingga ketika datang nya bulan suci Ramadhan banyak orang berlomba-lomba melakukan amalan kebaikan dengan harapan dapat mendatangkan kebaikan serta pahala dari Allah SWT.
 
Ada banyak amalan yang dapat dilakukan di bulan suci Ramadhan ini untuk meraih pahala dan ampunan Allah SWT yaitu perbanyak amalan-amalan Sunnah seperti Sholat taraweh dan witir secara berjamaah di Masjid, berzikir, dan bersedekah sebab Allah SWT melipatgandakan pahala setiap amalan di bulan suci Ramadhan ini.
 
Salah satu amalan Sunnah yang sangat di anjurkan oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW bahkan Rasulullah SAW sendiri lebih meningkatkan amalan ini lebih dari bulan bulan-bulan lain yaitu amalan Bersedekah sebab bersedekah banyak memiliki keutamaan 
Sedekah memiliki keistimewaan yang luar biasa, karena itu banyak dicontohkan oleh Rasulullah SAW.  Terkait sedekah di bulan suci Ramadhan, Rasulullah SAW bersabda dari riwayat Imam At-Tirmidzi yang berbunyi:
 
   عَنْ اَنَسٍ قِيْلَ يَارَسُولَ اللهِ اَيُّ الصَّدَقَةِ اَفْضَلُ؟ قَالَ: صَدَقَةٌ فِى رَمَضَانَ 
 
Artinya:
 
Dari Anas ra, sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?”Rasulullah saw menjawab, “Sedekah di bulan Ramadhan” (HR At-Tirmidzi).  
 

Kajian Islam. Keutamaan bersedekah bulan suci Ramadhan
 
Berikut beberapa keutamaan sedekah di bulan suci Ramadhan yang dapat memotivasi diri kita agar lebih meningkatkan sedekah lebih-lebih lagi di bulan suci Ramadhan ini
 
Pertama: Pahala Berlipat Ganda
 
Sedekah yang kita lakukan di bulan suci Ramadhan banyak memiliki keutamaan yang sangat luar biasa yaitu Allah SWT  akan dilipatgandakan pahalanya.
Sebagaimana dijelaskan seorang Ulama Syekh Ibrahim Al-Baijuri, menyimpulkan bahwa keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan bagi umat Islam pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT dibanding dengan bulan lainnya yang mana berbunyi:
 
ومبادرته لإكثار الصدقة لأنه صلى الله عليه وسلم كان أجود ما يكون في رمضان، وبالجملة فيكثر فيه من أعمال الخير لأن العمل يضاعف فيه على العمل في غيره من بقية الشهور
Artinya: 
 
"Orang berpuasa dianjurkan segera memperbanyak sedekah karena Rasulullah SAW adalah orang paling murah hati di Bulan Ramadhan. Seseorang dapat melakukan kebaikan secara umum karena ganjaran amal kebaikan apapun bentuknya akan dilipatgandakan dibandingkan ganjaran amal kebaikan yang dilakukan di luar bulan Ramadhan." (Syekh Ibrahim Al-Baijuri)
 
 
Dalam Hadits lain yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu mengatakan yang mana artinya: 
 
“Setiap amalan kebaikan dilipatgandakan dari sepuluh kali lipat hingga tujuh ratus kali lipat, kecuali sedekah. Allah berfirman, ‘Sesungguhnya sedekah itu hanya Aku yang mengetahui keutamaannya. Dan Aku akan memberikan pahala yang dilipatgandakan pada orang yang bersedekah di bulan Ramadan'” (HR. Tirmidzi).
 
Kedua: Menghapus Dosa
 
Sedekah juga memiliki keutamaan untuk menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya.
Rasulullah SAW  bersabda  yang berbunyi:
 
الصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ وَالْحَسَدُ يَأْكُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَأْكُلُ النَّارُ الْحَطَبَ
Artinya:
 
“Sedekah itu akan memadamkan dosa sebagaimana air dapat memadamkan Api. Hasad akan memakan kebaikan sebagaimana Api melahap kayu bakar”  
(HR. Al Baihaqi)
 
 
Dalam Hadits lain yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas yang mengatakan yang artinya:
 
“Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW adalah orang yang paling dermawan di antara manusia, dan beliau paling dermawan di bulan Ramadhan. Beliau seperti angin yang memberikan kesejukan yang menyenangkan. Barangsiapa memberikan makanan berbuka puasa bagi orang yang berpuasa, maka Allah akan memberikan ampunan dan pengampunan dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya” (HR. Bukhari dan Muslim).
 
Ketiga: Mendapatkan Rezeki
 
Sedekah juga memiliki keutamaan untuk membuka pintu rezeki.
Hal ini sebagaimana yang dinyatakan dalam hadis riwayat Anas bin Malik yang mengatakan Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
 
"Sesungguhnya sedekah itu dapat menghalangi bencana dan mendatangkan rezeki yang berlimpah'” (HR. Tirmidzi).
 
 
Keempat: Mempererat Tali Persaudaraan
 
Yang terakhir adalah bahwa sedekah dapat mempererat hubungan silahturahmi dan persaudaraan sesam orang-orang Muslim sebab di dalam nya terdapat saling kepedulian dan saling tolong-menolong sebab kita sebagai insan sosial tidak bisa hidup sendirian akan tapi saling membutuhkan satu sama lain maka dengan sedekah mampu menjaga dan mempererat hubungan silahturahmi.
Hal ini sebagaimana yang dinyatakan dalam hadis riwayat Abu Hurairah yang mengatakan yang artinya:
 
“Sedekah dapat meredakan kemarahan Allah dan membantu menghilangkan kesulitan saudara muslim yang sedang mengalami kesulitan” (HR. Tirmidzi).
 
Itulah beberapa keutamaan-keutamaan sedekah lebih-lebih lagi di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah rahmat kasih sayang Allah SWT dan ampunan sehingga kita dapat terbebas dari Api Neraka dan pada akhirnya kita mendapatkan predikat taqwa dari Allah SWT,  dan dari keutamaan sedekah di bulan Ramadhan yang telah disebutkan di atas, maka tidak diragukan lagi bahwa sedekah sangatlah penting bagi kita sebagai insan yang beriman.
Aamiin Allahumma Aamiin (djl)
 

Sumber: