Jelang Ramadan, Bahan Pokok Jenis Ini Naik..

Jelang Ramadan, Bahan Pokok Jenis Ini Naik..

Ilustrasi bahan Pokok--

AMPAR GADING - Menjelang memasuki ramadan harga sejumlah barang kebutuhan pokok terutama di Kelurahan Pasar Tais, Kecamatan Seluma dan sekitar mengalami kenaikan.

 

Berdasarkan hasil laporan pengawasan pengendalian inflasi daerah (PPID) harga bawang putih kini Rp30 ribu per Kilogram sebelumnya Rp28 ribu dan harga telur ayam ras Rp35 ribu yang sebelumnya Rp30 ribu per Kilogram.

 

 

Untuk harga bahan pokok lainnya seperti cabai merah keriting, cabai rawit, dan bawang merah terpantau stabil. 

 

 

Kenaikan harga ini diperkirakan karena tingginya permintaan dari masyarakat maupun usaha warung makan jelang bulan puasa. Karena konsumsi rumah tangga dan rumah makan meningkat jelang Ramadan

 

 

"Bawang putih dan telur mengalami kenaikan. Telur ayam ras sekarang Rp30 ribu per Kilogram. Untuk harga daging ayam dan daging sapi masih tetap stabil," kata Plt Kadis Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Seluma Gun Ibrori, S.Pd, kemarin. 

Kemudian dijelaksannya selain mengalami peningkatan permintaan salah satu penyebab kenaikan adalah minimnya pasokan dari peternak khusus untuk telur ayam ras.

 

"Telur ayam ras naik menjadi Rp35 ribu per Kilogram. Penyebabnya pasokan minim dan juga akibat permintaan konsumsi meningkat jelang Ramadan. Untuk minyak goreng dan daging ayam masih tetap stabil. Kenaikan harga ini diperkirakan tidak akan berlangsung lama," sambungnya. 

Kenaikan harga bahan pokok kerap menjadi isu yang perlu diantisipasi menjelang hari besar keagamaan, salah satunya Bulan Suci Ramadan tahun 2023.

 

Kenaikan harga ini dapat terjadi diantaranya karena adanya peningkatan permintaan di masyarakat. Hal tersebut dinilai wajar dan kerap terjadi menjelang ramadan maupun lebaran.

 

 

 

 

Sumber: