Inilah Amalan-amalan Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Pelebur Dosa Sebelum Tidur Di Bulan Suci Ramadan

Inilah Amalan-amalan Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Pelebur Dosa Sebelum Tidur Di Bulan Suci Ramadan

Kajian Islam. Amalan sebelum tidur bulan suci Ramadhan --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang istimewa yang di persembahkan oleh Allah SWT untuk umat Nabi Muhammad Rasulullah SAW bila di bandingkan dengan bulan-bulan di luar Ramadhan sebab pada bulan suci Ramadhan Allah SWT melimpahkan rahmatnya berupa kasih sayang, maghfiroh ampunan dan terbebas dari Api Neraka pada akhirnya terbentuk hamba yang bertaqwa, selain itu pada bulan suci Ramadhan Allah SWT melipatgandakan pahala dan pintu ampunan Allah bukan selebar-lebarnya untuk hamba-hambanya yang mau bertaubat tentunya dengan melaksanakan serangkaian kegiatan ibadah puasa Ramadhan.

Taubat Nasuha

Pada bulan suci Ramadhan ini agar dosa-dosa kita dapat dilebur oleh Allah SWT harus dengan Taubat Nasuha yaitu tobat secara sungguh-sungguh dengan menyesali atas semua perbuatan dosa, kemaksiatan yang telah dilakukan di Dunia ini dan juga berjanji dengan sungguh-sungguh untuk tidak mengulangi perbuatan-perbuatan dosa dan kemaksiatan itu.

Allah SWT telah berfirman dalam Al-Qur'an Surat At - Tahrim ayat 8 yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ تُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّـَٔاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ يَوْمَ لَا يُخْزِى ٱللَّهُ ٱلنَّبِىَّ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مَعَهُۥ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَٰنِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَآ أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَٱغْفِرْ لَنَآ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: 

"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang Mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: "Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu"

Adapun amalan-amalan yang dapat dilakukan oleh hamba-hamba Allah SWT sebagai pelebur Dosa-dosa yang telah di perbuat selama bulan suci Ramadhan sebelum tidur.

Pertama: Membaca Al-Qur'an atau mengkhatamkan nya

Nabi Muhammad Rasulullah SAW suatu ketika berkata kepada Istrinya tercinta Siti Aisyah Radhiallahu Anhu:

Rasulullah: “Ya Aisyah janganlah engkau tidur sebelum mengerjakan empat hal. Pertama, mengkhatamkan Al-Qur'an, kedua, menjadikan para Nabi sebagai pemberi syafaat bagimu; ketiga, meminta ridha dari semua kaum Muslimin; dan keempat, melaksanakan haji dan umrah”.

Aisyah: “Bagaimana aku bisa melakukan keempat hal tersebut?”

Rasulullah SAW “Apabila engkau membaca Surat Al-Ikhlas tiga kali, maka seakan-akan engkau telah mengkhatamkan Al-Qur'an,  dan apabila engkau bershalawat kepadaku dan kepada semua Nabi-Nabi, maka engkau sama dengan menjadikan kami sebagai pemberi syafaatmu, dan apabila engkau beristighfar untuk kaum Muslimin, maka engkau telah menjadikan mereka ridha kepadamu. Dan terakhir apabila engkau membaca tasbih, seolah engkau telah melaksanakan Haji dan Umrah.

Kedua Berwudhu

Adapun amalan yang kedua yang harus dikerjakan sebelum tidur selain mengkhatamkan Al-Qur'an yaitu berwudhu terlebih dahulu sebelum beranjak tidur adapun tujuan berwudhu sebelum tidur agar jika dalam tidur terjadi mimpi sebagai bunga tidur tidak di campuri oleh syetan atau iblis dengan mimpi-mimpi yang buruk.

Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah Hadits dari Al-Barra' Bin 'Azib RA. Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:

إذا أَنتَ مَضْجَعَكَ فَوَضَّأَ وُضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شَلَّكَ الأَيْمَنِ ثُمَّ قُل: اللَّهُم أَسْلَمْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ وَالحَاتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ لَا ملحاً ولا منجا منك إلا إلَيْكَ اللهم انت بكتابك الَّذِي أَنزَلْتَ وَبَيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ

Artinya: 

"Jika kamu hendak tidur, hendaknya kamu berwudhu sebagaimana kamu berwudhu ketika hendak mengerjakan Sholat. Kemudian, berbaringlah ke arah sebelah kanan dan bacalah doa: "Ya Allah, aku serahkan diriku kepada-Mu, aku hadapkan wajahku kepada-Mu, aku serahkan segala urusanku kepada-Mu, aku sandarkan punggungku kepada-Mu dengan rasa senang dan takut kepada-Mu. Tidak ada tempat perlindungan dan keselamatan melainkan hanya berharap kepada-Mu. Ya Allah aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan, dan kepada Nabi-Mu yang telah Engkau utus."

Ketiga: Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Memaafkan setiap kesalahan orang lain adalah sebuah perbuatan yang sangat terpuji, sekalipun orang tersebut belum atau tidak meminta maaf dengan kita lebih-lebih lagi orang tersebut sudah meminta maaf

 

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an dalam Surat Al-Hasyr ayat 10 berbunyi:

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آَمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Artinya:

“Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang”. (QS. Al Hasyr: 10)

Diceritakan oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW bahwa seseorang dijamin masuk Surga dengan melakukan amalan yang sangat sederhana yaitu tidak melakukan perbuatan Hasad, hasut Iri dan dengki terhadap orang lain dan setiap menjelang tidur memaafkan semua kesalahan kesalahan orang lain sehingga ia tidur dengan tenang dan damai tanpa ada beban.

Keempat: Membaca Shalawat 

bershalawat merupakan kepada Nabi Muhammad Rasulullah SAW merupakan sebuah kewajiban bagi umat Muslim sebab hanya Nabi Muhammad Rasulullah SAW satu-satunya di Padang Mahsyar yang mampu memberikan syafaat nya kepada umatnya maka bershalawat merupakan sebuah keharusan yang kita lakukan agar kita kelak mendapatkan syafaat nya. termasuk sebelum tidur ada amalan yang harus dilakukan yaitu bershalawat dengan bershalawat sebelum tidur kita akan mendapatkan 10 kebaikan

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Syaikh Al-Fakhihani berkata, ‘Telah aku coba untuk membaca shalawat Ruhul Arwah sebelum tidur hingga aku tertidur, dan dalam tidur itu aku bermimpi melihat wajah Rasulullah SAW yang mulia dan penuh keindahan, melebihi indahnya rembulan, dan aku sempat berbicara kepada beliau, kemudian beliau  sirna dalam keindahan cahaya rembulan.”

Adapun lafaz shalawat Ruhul Arwah adalah berbunyi sebagai berikut: 

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى رُوْحِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فىِ اْلأَرْوَاحِ وَعَلَى جَسَدِهِ فِى اْلأَجْسَادِ وَعَلَى قَبْرِهِ فِى اْلقُبُوْرِاَللَّهُمَّ اَبْلِغْ رُوْحَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ مِنِّيْ تَحِيَّةً وَسَلاَمًا

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada ruh junjungan kami Nabi Muhammad SAW dalam setiap ruh, kepada jasadnya dalam setiap jasad, kepada kuburannya dalam setiap kuburan. Ya Allah, sampaikan kepada ruh junjungan kami Nabi Muhammad SAW dariku penghormatan dan salam.”

Itulah amalan-amalan yang dapat dilakukan setiap malam lebih-lebih lagi di bulan suci Ramadhan ini yang banyak memiliki keutamaan sebagaimana dijelaskan di atas yaitu di awali dengan Taubat Nasuha dengan membaca Al-Qur'an hingga mengkhatamkan nya, berwudhu sebelum beranjak tidur, memaafkan saudara-saudara hingga hilang rasa Hasad hasut, iri dan dengki dan bershalawat kepada Nabi Muhammad Rasulullah SAW.

Demikianlah semoga bermanfaat dan apa yang menjadi ilmu hari ini dapat kita sama-sama amalkan sebagai perekat diri kepada Allah SWT sehingga menjadi hamba-nya yang beriman dan bertakwa. Aamiin Allahumma Aamiin. (djl) 

Sumber: