5 Dosa Yang Dapat Menghapus Pahala Puasa Ramadhan, Maka jangan Lakukan 5 Hal Itu..!!

5 Dosa Yang Dapat Menghapus Pahala Puasa Ramadhan, Maka jangan Lakukan 5 Hal Itu..!!

Kajian Islam. Perbuatan yang dapat menghapus pahala puasa--

 

 

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Setiap umat Muslim wajib melakukan puasa pada bulan Ramadhan bagi yang sudah Baligh atau sedang tidak memiliki unsur,  sebab Puasa Ramadhan merupakan salah satu syarat untuk menyempurnakan Agama Islam, selama berpuasa, seseorang harus menahan diri dari semua makanan, minuman, dan keinginan seksual. Meskipun terlihat sederhana, banyak orang yang tanpa disadari tidak menjalankan puasa secara sempurna.

Maka sangatlah penting untuk mengetahui apa saja yang dapat merusak nilai pahala puasa Ramadhan sehingga tidak sia-sia yang berakibat bukan pahala yang di dapat namun justru dosa, tentu ini sangat lah rugi

Dari Anas RA, sahabat Nabi Muhammad SAW, ada lima dosa yang Rasulullah SAW katakan dapat menghapus pahala puasa Ramadhan kita, oleh karena itu ayo kita cermati agar puasa Ramadhan selama sebulan penuh yang kita kerjakan tidak menjadi menjadi sia-sia, Apa saja yang dapat menggugurkan pahala puasa kita..???


Kajian Islam. Hindari 5 hal yang dapat menghapus pahala puasa Ramadhan 

Pertama: Berkata Bohong 

Bohong merupakan salah satu perbuatan sangat di benci dan tidak disukai oleh Allah SWT. Meskipun perbuatan bohong tidak membatalkan puasa namun tindakan tersebut akan mendapatkan ganjaran khusus atas perbuatannya.

Perbuatan sering kali kita lakukan dengan berbagai macam alasan, seperti untuk menghindari bahaya, menjunjung kesopanan, bahkan sering kita lakukan secara sengaja hingga merugikan orang lain. sehingga perbuatan bohong dapat mengakibatkan dosa dan menghilangkan pahala puasa Ramadhan kita selama sebulan penuh.

BACA JUGA:Ini Doa Kita Agar Terhindar dari Siksa Kubur Sesuai Hadits Rasulullah

Kedua: Ghibah

 

Ghibah atau membicarakan keburukan dan kejelekan orang lain terlepas hal tersebut atau atau tidaknya tetap saja perbuatan tercela dan pada akhirnya dapat menghilangkan pahala puasa Ramadhan yang kita lakukan. 

Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Hujurat ayat 12 yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱجْتَنِبُوا۟ كَثِيرًا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ ٱلظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا۟ وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ

Artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang."

BACA JUGA:Ada 4 Doa Dalam Menyambut Bulan Suci Ramadan, Berikut Doa-doa Nya.

Ketiga: Adu Domba Orang Lain

Adapun yang ketiga yang dapat menghapus pahala puasa Ramadhan kita yaitu perbuatan adu domba hasad dan hasut orang yang rukun menjadi terpecah belah akibat dari gunjingan dan fitnah yang kita lakukan tentu saja hal ini merugikan orang lain

 

Hal ini tentu merupakan pelanggaran hukum Islam maupun hukum Negara dengan alasan apa pun tidaklah di benarkan.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Qalam ayat 10-11 yang berbunyi:

وَلَا تُطِعْ كُلَّ حَلَّافٍ مَّهِيْنٍۙهَ مَّازٍ مَّشَّاۤءٍۢ بِنَمِيْمٍۙ

Artinya:

"Janganlah engkau patuhi setiap orang yang suka bersumpah lagi berkepribadian hina,

Suka mencela, (berjalan) kian kemari menyebarkan fitnah (berita bohong)"

BACA JUGA:Ini Doa Kita Agar Terhindar dari Siksa Kubur Sesuai Hadits Rasulullah

Keempat: Berjanji palsu

 

Perbuatan berjanji palsu merupakan salah satu perbuatan dosa yang tentunya juga dapat menghilangkan nilai pahala puasa Ramadhan yang kita lakukan seperti hal perbuatan adu domba tindakan ini biasanya berasal dari perbuatan gunjingan dan fitnah, tentu hal ini melanggar hukum Islam dan dapat menghapus nilai pahala puasa yang kita lakukan. 

Kelima: Melihat dengan Syahwat

Melihat sesuatu dari lawan jenis sehingga menimbulkan syahwat atau nafsu tentu hal ini secara langsung dapat menghapus pahala puasa Ramadhan yang kita lakukan karena jelas ketika puasa menahan diri dari makan dan minum dan berhubungan suami-istri atau hal-hal yang dapat membatalkan puasa seperti syahwat.

 

Demikianlah 5 hal yang dapat menghapus pahala puasa Ramadhan di samping masih ada beberapa hal lain lagi yang juga dapat menghapus nilai pahala puasa Ramadhan, mudah-mudahan dengan gambaran yang telah Radar Seluma. Disway.id sampaikan dalam Kajian Islam kali dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sehingga puasa Ramadhan yang kita lakukan dapat berjalan lancar dan mendapatkan baroqah dari Allah SWT. (djl)

Sumber: