Ini Doa Kita Agar Terhindar dari Siksa Kubur Sesuai Hadits Rasulullah

Ini Doa Kita Agar Terhindar dari Siksa Kubur Sesuai Hadits Rasulullah

Kajian Islam Siksa kubur benar adanya --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id  - Siksa kubur benar adanya dan hal itu wajib umat Islam percaya dan ketika orang yang semasa hidupnya berbuat maksiat, maka Allah SWT akan menjanjikan Siksa kubur pada orang tersebut hingga menunggu datangnya hari kiamat. terjadi pada manusia kelak ketika sudah berada di alam kubur atau alam barzah, dalam sebuah hadist Rasulullah SAW Imam Muslim meriwayatkan hadits dari Zaid bin Tsabit, ia berkata: 

"Pada saat Rasulullah berada di kebun Bani Najjar sambil naik keledai dan kami menyertainya, tiba-tiba keledai itu menyimpang dari jalanan, lari dan hampir saja menghempaskan beliau. Ternyata di situ terdapat kuburan empat, lima atau enam orang."Kemudian beliau, Rasulullah SAW, bersabda: "Siapa yang mengenal penghuni kuburan ini?" Seorang laki-laki menjawab, "Saya."Beliau bertanya lagi, "Kapan mereka meninggal?", Laki-laki tersebut menjawab, "Ketika mereka syirik."Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya umat ini diuji dalam keburukannya, dan kalau bukan karena kalian akan takut menguburkan, sesungguhnya aku akan berdoa kepada Allah agar ia memperdengarkan siksa kubur yang kudengar kepada kalian." (HR Muslim).


Kajian Islam. Doa merupakan upaya menyealmatkan dari siksa kubur--

Hadits di atas menjelaskan bahwa Rasulullah SAW membenarkan adanya siksa kubur. Aisyah RA, istri Rasulullah SAW pun selalu berdoa kepada Allah, memohon perlindungan dari azabNya. Sebagai hamba-Nya yang tak luput dari kesalahan, sudah sepantasnya kita juga meminta ampunan, keselamatan, dan rahmat dari Allah SWT agar terlindung dari siksaan-Nya.

BACA JUGA:5 Penyebab Siksa Kubur, Ternyata Ini Banyak Kita Di Lakukan Dalam Kehidupan, Berikut Penjelasannya.

Untuk itu tentu agar kita terhindar dari siksa kubur tentunya adalah senantiasa berdoa sebab doa merupakan senjata ampuh seorang Muslim agar terhindar dari segala siksa dan mara bahaya, berikut beberapa doa agar terhindar dari siksa kubur berdasarkan Hadits kiranya dapat kita amalkan dan menjadi pedoman bagi kita semua.

Pertama: Doa Pertama

Rasulullah SAW mengajarkan doa untuk memohon perlindungan atas lima hal, yakni kebakhilan, sifat pengecut, usia yang sia-sia, fitnah atau cobaan dunia, dan siksa kubur adapun doa yang di ajarkan oleh Rasulullah SAW sebagai berikut yang berbunyi:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْلِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَرَدَّ إِلى أَرْذَلِ الْعُمُرِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ

Artinya: 

"Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari sifat kikir, dan aku berlindung kepada-Mu pula dari sifat pengecut. Aku berlindung kepada-Mu dari sisa umur yang sia-sia. Aku berlindung kepadaMu dari siksa dunia (yakni siksaannya Dajjal), dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur."

BACA JUGA:Kisah Awal Mulanya Api Ada Di dunia, Berikut Penjelasannya.

Kedua: Doa Kedua

Dalam hadits dari Aisyah RA, ia berkata bahwa Rasulullah berdoa pada waktu shalat agar terlindung dari siksa kubur, fitnah Dajjal, hingga fitnah kehidupan dan kematian berbunyi: 

Sumber: