Ada 4 Doa Dalam Menyambut Bulan Suci Ramadan, Berikut Doa-doa Nya.

Ada 4 Doa Dalam Menyambut Bulan Suci Ramadan, Berikut Doa-doa Nya.

Kajian Islam. Doa-doa menyambut bulan suci Ramadhan --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang selalu di nanti-nanti dan dirindukan bagi umat Muslim yang beriman, bahkan ada yang menggelar syukuran dengan mengundang keluarga kerabat dan tetangga, serta berziarah dan membersikan lingkungan Masjid untuk sholat Isa, Taraweh dan Witir berjamaah.
Namun ada doa yang di ajarkan oleh Rasulullah SAW dalam menyambut bulan suci Ramadhan 
 
 
Hal tersebut terdapat dalam sebuah riwayat doa khusus dari Nabi maupun para sahabatnya ketika menyambut bulan suci ini. Hanya saja, para sahabat dan ulama menyambut bulan Ramadan dengan suka cita dan diungkapkan dengan memanjatkan kalimat-kalimat yang mengandung doa kebaikan dan harapan.
 
Berikut ini ada doa yang dipanjatkan para sahabat dan ulama saat menyambut Ramadan, sedikit ya ada 4 Doa yang di rangkum Radar Seluma. Disway.id dalam Kajian Islam kali ini.
Adapun doa-doa tersebut adalah sebagai berikut:
 
Pertama:
 
 
أللهمَّ سَلِّمْنِي لِرَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا
Artinya: 
"Ya Allah, sampaikan aku dengan selamat kepada bulan Ramadhan. Sampaikanlah Ramadan kepadaku juga dan terima lah amal-amal ku di bulan Ramadan." 
 
 
Kedua:
 
Selain doa-doa diatas ada doa lain yang dipanjatkan menjelang dan menyambut bulan Ramadhan.
 
اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ
 
Artinya: "Ya Allah, perlihatkanlah hilal itu kepada kami dengan keamanan dan keimanan, keselamatan dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah, hilal petunjuk dan kebaikan." (Dinukil dari Kitab Riyadhus Shalihin)
 

Kajian Islam. Doa-doa menyambut datangnya Ramadhan
 
Ketiga:
 
Doa menjelang bulan Ramadan ketiga yang berbunyi:
 
اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً
 
 
Artinya: "Ya Allah, selamatkanlah aku untuk bulan Ramadhan dan selamatkanlah bulan Ramadhan untukku, serta selamatkanlah Ramadhan dariku demi amal ibadah yang diterima." (HR Thabrani dan al-Dailami)
 
 
Keempat:
 
Doa lain yakni Hadist Al-Baihaqi dan Thabrani yang berbunyi:
 
 اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبَ وَ شَعْبَانَ وَ بَلِغْنَا رَمَضَانَ 
Artinya: 
"Ya Allah berkahi lah kami di
 bulan Rajab dan Syaban, serta pertemukan lah kami dengan bulan Ramadan." (Hadits dha'if riwayat al-Baihaqi dan at-Thabrani)
 
Itulah 4 Doa yang di amalkan para sahabat dan ulama dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan semoga kita mengikuti apa yang di lakukan para sahabat dan ulama sehingga kita termasuk tergolong orang yang beruntung dan dapat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh. (djl
 

Sumber: