Allianz Mendorong Pertumbuhan Asuransi dan Kemudahan Klaim

Allianz Mendorong Pertumbuhan Asuransi dan Kemudahan Klaim

Allianz Mendorong Pertumbuhan Asuransi dan Kemudahan Klaim--

BACA JUGA: Kasus Wak Demin Ditindaklanjuti Gakkumdu Seluma, Sudah Dilimpahkan

"Perusahaan-perusahaan di Asia dapat lebih memperkuat ketahanan dan kesiapan siber. Meskipun telah diterapkannya peraturan privasi dan undang-undang keamanan siber baru, serta pelaporan insiden keamanan siber wajib oleh beberapa negara di kawasan tersebut dalam beberapa tahun terakhir, investasi dalam pengendalian keamanan siber oleh perusahaan-perusahaan di Asia secara umum tertinggal dibandingkan dengan perusahaan sejenis di kawasan lain seperti AS dan Eropa."

 

AI untuk mendukung dan mencegah pelanggaran privasi data di masa mendatang

 

Fakta bahwa hampir setiap industri sekarang menggunakan kecerdasan buatan (AI) akan berdampak signifikan pada lanskap risiko siber dan privasi di masa mendatang. AI bergantung pada pengumpulan dan pemrosesan sejumlah besar data, termasuk informasi pribadi, kesehatan, dan biometrik, untuk melatih model AI dan membuat prediksi atau rekomendasi. Namun, alat AI seperti chatbot dapat menimbulkan potensi risiko privasi, misinformasi, dan keamanan jika tidak dikelola dengan baik. Dengan begitu banyak data yang dikumpulkan dan diproses, ada risiko bahwa data tersebut dapat jatuh ke tangan yang salah, baik melalui peretasan atau pelanggaran keamanan lainnya. Ada juga kekhawatiran seputar potensi pelanggaran undang-undang privasi, seperti apakah organisasi memiliki izin yang tepat untuk memproses data melalui AI.

 

Dari pencurian data hingga perlindungan data

 

Meskipun ada tren umum peningkatan investasi dalam keamanan siber dalam beberapa tahun terakhir, banyak pelanggaran data, termasuk beberapa serangan siber eksfiltrasi data massal terbesar selama 18 bulan terakhir, merupakan hasil dari lemahnya keamanan siber dalam organisasi dan/atau rantai pasokannya.

 

Insiden semacam itu dapat menyebabkan klaim besar yang melibatkan denda regulasi, biaya pemberitahuan, dan litigasi pihak ketiga, di samping tuntutan pemerasan, biaya pihak pertama, dan gangguan bisnis.

 

"Industri asuransi juga harus meningkatkan fokusnya pada sisi privasi data dari risiko siber dan memiliki peran penting dalam menawarkan saran pencegahan dan mitigasi kerugian kepada bisnis tentang area paparan yang semakin penting ini," kata Vanessa Maxwell, Kepala Global Cyber and Financial Lines, Allianz Commercial. "Nilai asuransi siber jauh melampaui pembayaran klaim. Asuransi membantu perusahaan membuat kasus bisnis untuk investasi keamanan siber dan mengarahkan sumber daya mereka ke langkah-langkah yang paling efektif."

 

Sumber: