Inilah Beberapa Agama Mirip Islam, Tapi Bukan Agama Islam Pengen Tau Yuk Simak

Inilah Beberapa Agama Mirip Islam, Tapi Bukan Agama Islam Pengen Tau Yuk Simak

Kajian Islam. Agama mirip Agama Islam tapi bukan Agama Islam patut di waspadai --

"Agama mirip Agama Islam tapi bukan Agama Islam (Part Satu)" 
 
Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Agama merupakan sebuah kepercayaan bagi setiap insan manusia.
Agama merupakan cara manusia untuk menyembah sang pencipta yang menciptakan langit dan bumi beserta isi nya tentunya.
 
Sesungguhnya dan hakikatnya Tuhan itu satu dan Esa namun banyak Agama di dunia ini dengan cara ibadah yang berbeda-beda.
Semua Agama benar betul menurut penganut nya masing-masing namun umat Islam Agama yang benar adalah Agama Islam Allah yang satu Esa tidak beranak tidak pula peranakan dan tidak pula ada yang menyerupai nya
 
Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Ikhlas ayat 1-4 berbunyi:
 
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ ١ اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ ٢ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ ٣ وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ ٤
Artinya:
Katakanlah (Nabi Muhammad), “Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. 
Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan serta tidak ada sesuatu pun yang setara dengan-Nya.” (QS Al Ikhlas 1-4)
 
 
Namun meskipun berbeda ada Agama lain yang memiliki kesamaan dengan Agama Islam namun bukan Agama Islam, banyak Agama yang terlihat seperti citra seorang Muslim karena penampilan mereka yang mirip orang Islam seperti memakai sorban, menggunakan hijab, layaknya Muslimah. Namun sejatinya mereka bukan Muslim dan bukan beragama Islam.
 
Berikut Agama-agama yang mirip dengan Agama namun bukan Agama Islam.
 
Pertama: Agama Druze
 
Agama Druze adalah Agama baru kelompok ini bernama “Druwism” atau “Drusis”,  lahir dari pecahan Syiah Islamailiyyah dan mereka mengklaim bahwa Khalifah Fatimiyah di Mesir, Al-Hakim bi-Amr Allah, adalah Allah dalam wujud manusia. 
Agama ini memadukan filosofi Yunani, Hindu, dan Buddha dengan keyakinan Syiah.
 
Padahal, penggunaan kelompok itu karena pengaruh budaya dan masyarakat di Timur Tengah. Imigran Persia Hamza ibn ‘Alī ibn Aḥmad adalah arsitek utama gerakan ini, dialah yang pertama-tama secara terbuka mengumumkan bahwa Ḥakīm lebih dari pada seorang manusia biasa.
 
Kedua: Agama Yudaisme
 
Agama Yudaisme adalah Agama yang dipraktikkan oleh orang-orang Israel atau Yahudi dan mereka menerima wahyu dari para Nabi dan Rasul yang telah dikirim Tuhan kepada mereka. 
Pemeluk Agama Yahudi diakui sebagai ahlul kitab. Mirip seperti Islam, Yudaisme adalah Agama Samawi.
 
Kekristenan adalah Agama yang lahir setelah ketiadaan Yesus sebagai akibat dari konflik zaman setelah dipengaruhi oleh para misionaris Santo Paulus. Penganut Agama tersebut memuja Yesus sebagai Tuhan yang setara dengan Tuhan Bapa sehingga melahirkan konsep trinitas.
 
Sebagian dari mereka masih mempertahankan penggunaan tradisional masyarakat awal di Timur Tengah sekitar Yerusalem yang identik dengan memakai penutup kepala.
 
 
Ketiga: Agama Samaria
 
Agama Samaria adalah Agama kuno yang lahir sebelum kelahiran Nabi Isa dan mereka adalah sekelompok orang Israel yang telah memisahkan diri dari orang Yahudi lainnya. 
Faktanya, mereka mengklaim bahwa Taurat orang Yahudi saat ini telah terdistorsi dan bagi orang Samaria, Taurat asli adalah kitab yang hanya mereka miliki.
Sekarang, kelompok Samaria berada di bawah wilayah Tepi Barat dan mereka menguduskan Gunung Gerizim.
 
Keempat: Agama Zoroaster
 
Zoroastrian atau Mausi adalah Agama yang lahir di Persia atau Iran saat ini dan Agama Zoroastrian memuliakan unsur-unsur alam seperti api, air, tanah dan udara. 
Agama orang Majusi sudah ada sebelum zaman Yesus dan Agama ini juga dianut oleh para pemimpin besar Kerajaan Persia seperti Cyrus Agung.
Penggunaan Agama Zoroastrian karena dipengaruhi oleh penggunaan budaya masyarakat Iran di Timur Tengah.
 
Itulah empat Agama yang mirip dengan Agama Islam namun bukan Agama Islam adalah enam lagi Agama yang mirip dengan Agama Islam yang akan kita bahas pada (djl) 
Bersambung.. Part 2
 
 
 
 

Sumber: