Distan BS Dorong Petani Kreatif Kelola Lahan

Distan BS Dorong Petani Kreatif Kelola Lahan

Kadistan BS, Sakimin SPt Mengajak Petani Kreatif--

 

 

BENGKULU SELATAN, radarseluma.disway.id - Dinas Pertanian (Distan) terus mendorong produktifitas lahan pertanian yang ada. Bahkan petani dituntut kreatif dalam mengolah lahan pertanian untuk dapat mendapatkan hasil yang maksimal. 

 

Kepala Dinas (Kadistan) Pertanian BS, Sakimin SPt menuturkan langkah yang bisa diambil dalam meningkatkan hasil pertanian adalah dengan memanfaatkan pupuk buatan atau pupuk kompos untuk lahan pertanian. Adapun tujuan dari pemanfaatan pupuk buatan tersebut untuk menekan biaya pengolahan lahan oleh masyarakat.

 

"Pupuk kompos dapat menekan biaya pengolahan lahan, penggunaan pupuk buatan juga dapat menjaga tanaman pangan tidak terkontaminasi zat kimia,"ujar Sakimin.

 

Sakimin mengajak betul agar kreatifitas dalam menciptakan pupuk yang lebih sehat, dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan baik tumbuhan dan manusia yang mengkonsumsinya. Sebab dengan pupuk buatan atau pupuk organik bisa menjaga kemananan ketahanan pangan. 

BACA JUGA:Pengawasan Partisipatif, Bawaslu BS Ajak Media dan OKP

BACA JUGA:PSP di BS Harus Berpedoman NPSK

"Untuk tanaman yang diberikan pupuk organik saat dikonsumsi tidak menimbulkan efek samping bagi manusia,"jelas Sakimin.

 

Sakimin juga menambahkan salah satu pupuk buatan yang paling dominan yaitu kotoran hewan ternak. Namun, untuk mendapatkan pupuk kandang ini petani harus dapat mengandangkan hewan ternaknya agar kotorannya dapat terkumpul, baik sapi maupun kambing.

Sumber: