Kenaikan Harga TBS Tak Diikuti Karet, Karet Rp 9.000/Kg

 Kenaikan Harga TBS Tak Diikuti Karet, Karet Rp 9.000/Kg

Harga karet malah turun--

 

TALO, Radarseluma.Disway.Id, - Kenaikan harga TBS yang sudah mencapai 2500/Kg di pabrik, tidak diikuti dengan harga  getah karet. Bahkan getah karet mengalami penrunan harga di masyarakat. Saat ini karet hanya  9.000 rupiah/kgnya. 

Harga karet yang tidak naik ini emmbuat ekonomi warga petani karet terdampak. petani kret juga mulai meninggalkan kebuny dan beralih ke sawit.

Mata pencarian sebagai petani karet menjadi tidak menjanjikan dan tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup.

 

BACA JUGA:Mitsubishi Pajero Sport Elite 2.4L AT, SUV Mobil Baru Kombinasi Fitur Sistem Canggih Desain Lebih Kemukau

BACA JUGA:Toyota Fortuner 2025 GR Hybrid Price & Review SUV Baru Desain Mewah Siap Mengaspal di Jalan Raya

 

 Sudirman salah satu toke karet dikonfirmasi kemarin (27/6) mengatakan  harga karet sekarang ini mengalami penurunan. Kini harga karet Rp 9.000/Kg. Penurunan harga getah karet dampaknya kepada petani karena harga penjualan hasil pertanian tinggi smeentara harga karet turun.

 

 

Menurutnya memang harga karet dan sawit produk pertanian yang harga yang tidak menentukan terkadang naik dan terkadang mengalami penurunan harga yang tidak menetap. 

 Sekarang getah karet masih diangka 9.000 rupiah per kilogram dengan harga murah imbasnya di pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama bagi para petani karet.

 Penurunan harga tersebut bisa mengakibatkan pendapatan para petani berkurang secara drastis, karena harga jual yang lebih rendah dari biaya produksi. Hal ini dapat mengakibatkan berbagai dampak negatif, seperti penurunan daya beli, kesulitan ekonomi, dan potensi pengurangan aktivitas ekonomi.

Sumber: