Kenaikan Harga TBS Tak Diikuti Karet, Karet Rp 9.000/Kg

 Kenaikan Harga TBS Tak Diikuti Karet, Karet Rp 9.000/Kg

Harga karet malah turun--

 

Untuk mengatasi dampak negatif tersebut, perlu dilakukan upaya yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan para petani karet, misalnya dengan memberikan bantuan atau subsidi, mencari pasar alternatif, meningkatkan efisiensi produksi, atau diversifikasi sumber pendapatan. Pemerintah juga dapat memberikan perhatian khusus dan dukungan kepada sektor pertanian, termasuk petani karet, untuk mengurangi dampak buruk dari fluktuasi harga komoditas.

 

Harga getah karet yang anjlok hingga memiliki dampak di pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama bagi para petani karet. Karet menyebabkan pendapatan para petani berkurang. Hal ini berpotensi mengakibatkan penurunan daya beli, kesulitan ekonomi, dan pengurangan aktivitas ekonomi lainnya di daerah-daerah yang mengandalkan karet sebagai komoditas utama. Pemerintah dapat memberikan perhatian khusus dan dukungan sektor pertanian, termasuk petani karet, untuk mengurangi dampak buruk diharapkan dapat membantu masyarakat yang terdampak agar tetap dapat bertahan dan berkembang dalam menghadapi kondisi ekonomi yang tidak pasti.

 

BACA JUGA:Pembicara Ternama akan Isi FIDO APAC Summit 2024

BACA JUGA:Mitsubishi Pajero Sport,. Mobil yang di Tunggu-Tunggu Para Penggemar Pajero Terbaru Desain Gagah dan Memukau

Menurutnya penurunan harga karet langsung berdampak pada pendapatan petani. Dengan harga jual yang lebih rendah, pendapatan yang diperoleh dari hasil panen karet menurun. Hal ini tidak hanya mengurangi kemampuan mereka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tetapi juga menghambat pengembangan dan modernisasi usaha pertanian. Petani karet yang mengalami penurunan mempengaruhi pendapatan pada daya beli masyarakat setempat.(apr) 

 

Sumber: