Petani Sawah Seluma Disarankan Lakukan Perburuan Hama Tikus

Petani Sawah Seluma Disarankan Lakukan Perburuan Hama Tikus

Kadis Pertanian Seluma--

 

PEMATANG AUR, Radarseluma.Disway.Id,  - Serangan hama tikus  di lahan persawahan yang saat ini masih menjadi masalah di tengah kebutuhan pangan yang terus meningkat di wilayah Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Dinas Pertanian Kabupaten Seluma mengimbau, kepada para petani untuk dapat bekerjasama. Yakni dengan melakukan perburuan hama tikus ke sarang-sarang tikus.

 

BACA JUGA:Meriahkan Festival Ayiak Manna, Dispar BS Gelar Lomba Lagu Daerah

BACA JUGA: Hari Ini Sidang Vonis 3 Terdakwa Belanja Operasional Setwan Seluma di Pengadilan Tipikor Bengkulu

 

Hingga tikus-tikus tersebut kemudian dimusnahkan. Agar tidak lagi berkembang biak dan menyerang batang tanaman padi para petani. Bahkan tidak hanya itu saja, para petani juga diminta untuk menjaga kebersihan sawah. Agar tidak menjadi lokasi sarang hama tikus.

 

"Untuk mengantisipasi atau menghindari hama tikus, silahkan para kelompok tani. Pertama kita menggunakan sistem pembersihan lingkungan (Sanitasi), sehingga tifus tidak betah. Yang kedua, sarang-sarang tikus yang ada di pematang itu harus dimusnahkan yang pada intinya kita usik ketenganan tikus. Yang ketiga, pengendalian secara berburu masal. Para petani harus kompak dengan melakukan berburu masal," sampai Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial, SP MSi.

 

Arian juga mengatakan, jika langkah-langkah itulah yang harus dihimbau kepada para petani. Para petani jangan sampai pasrah diri dengan adanya serangan hama tikus yang saat ini telah melanda area persawahan petani yang ada di wilayah Kabupaten Seluma.

 

BACA JUGA: Desa Pasar Seluma akan Dijadikan Desa Wisata, Mulai Ditata Pemdes dengan BUMDes

 

Sumber: