Kisah Nabi Yusuf AS Yang Memiliki Wajah Tampan cerdas dan jujur.

Kisah Nabi Yusuf AS Yang Memiliki Wajah Tampan cerdas dan jujur.

Kajian Islam. Kisah Nabi Yusuf AS sang pemuda yang tampan dan cerdas--

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id- Nabi Yusuf AS merupakan putra dari Nabi Ya'qub AS hidup pada masa 1745-1635 sebelum Masehi dan di utus oleh Allah SWT untuk penduduk Mesir dengan memiliki keturunan 2 orang laki-laki dan 1 perempuan, Kaum Nabi Yusuf AS di sebut Heksos dan Bani Israel Nabi Yusuf AS yang terkenal dengan ketampanannya dan Allah SWT menyesebut nama nya dalam Al-Qur'an sebanyak 58 kali, bahkan Nama Yusuf AS di jadikan nama sebuah Surat dalam Al-Qur'an. 

BACA JUGA:Kisah Nabi Ismail AS Putra Nabi Ibrahim AS

Nabi Yusuf AS merupakan seorang sosok seorang Nabi yang memiliki kecerdasan yang luar biasa serta berperilaku jujur Nabi Yusuf AS merupakan anak dari Nabi Yaqub AS, Nabi Yusuf AS anak 7 dari 12 bersaudara namun Nabi Yusuf hanya memiliki saudara 1 ibu yaitu Benyamin dari ibu nya yang bernama Ribka. Nabi Yusuf AS juga merupakan Nabi Allah SWT yang berasal dari kaum Bani Israel.

Ada banyak kisah semasa perjalanan hidupnya mulai lahir sampai akhir kehidupannya.

Dalam kisah perjalanan hidup Nabi Yusuf AS , begitu banyak cobaan yang ia harus hadapi pada suatu malam, Nabi Yusuf AS bermimpi melihat sebelas Bintang, Bulan, dan Matahari bersujud kepadanya. dan mimpi itu Nabi Yusuf AS ceritakan kepada ayahanda nya Nabi Yaqub AS setelah itu Nabi Yaqub AS melarang Nabi Yusuf untuk menceritakan nya kepada siapa pun termasuk kepada saudara-saudara 

Namun, Nabi Yakub AS, melarang Yusuf untuk menceritakan mimpinya tersebut ke saudara-saudara nya  yang memiliki sifat iri dan dengki. Sebab, sang ayah tidak mau anaknya celaka ditangan anak-anaknya yang lain.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Yusuf ayat 4 yang berbunyi:
 
 إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَا أَبَتِ إِنِّي رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِي سَاجِدِينَ
قَالَ يَا بُنَيَّ لَا تَقْصُصْ رُؤْيَاكَ عَلَىٰ إِخْوَتِكَ فَيَكِيدُوا لَكَ كَيْدًاإِنَّ الشَّيْطَانَ لِلْإِنسَانِ عَدُوٌّ مُّبِينٌ
Artinya: 
"(Ingatlah) ketika Yusuf berkata kepada ayahnya (Ya‘qub), “Wahai ayahku, sesungguhnya aku telah (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan. Aku melihat semuanya sujud kepadaku.” 
Yaqub berkata, "Hai anakku, jangan kamu ceritakan mimpi itu kepada saudara-saudaramu, sebab akan menimbulkan kedengkian di hati mereka sehingga mereka tergoda oleh setan untuk mengatur siasat mencelakakan mu. Mereka akan membuat tipu daya dan berbuat makar terhadapmu. Sesungguhnya setan adalah musuh manusia yang sangat nyata" (QS Yusuf 4- 5)
 

Dan pada suatu hari akhirnya Nabi Yusuf AS dibuang oleh saudara-saudara kedalam sebuah sumur tua untuk meyakinkan ayahanda saudara-saudara Nabi yusuf memberikan pakaian Nabi Yusuf AS yang berlumuran darah palsu dan mengatakan kalau Nabi Yusuf AS telah di makan oleh Serigala. 

Hal tersebut Allah abadikan dalam Al-Qur'an Surat Yusuf ayat 17 yang berbunyi: 
 
قَالُوا يَا أَبَانَا إِنَّا ذَهَبْنَا نَسْتَبِقُ وَتَرَكْنَا يُوسُفَ عِنْدَ مَتَاعِنَا فَأَكَلَهُ الذِّئْبُ ۖ وَمَا أَنْتَ بِمُؤْمِنٍ لَنَا وَلَوْ كُنَّا صَادِقِينََ
Artinya: 
" Mereka berkata: "Wahai ayah kami, sesungguhnya kami pergi berlomba-lomba dan kami tinggalkan Yusuf di dekat barang-barang kami, lalu dia dimakan serigala; dan kamu sekali-kali tidak akan percaya kepada kami, sekalipun kami adalah orang-orang yang benar". (QS. Yusuf 17)

Mendengar hal tersebut, Nabi Ya'qub AS sangat sedih, ia terus menangis sampai membuat matanya buta. Tetapi, Allah SWT nyatanya menyelamatkannya dengan memberikan tali lewat seorang pedagang yang tengah lewat.
Nabi Yusuf kemudian dibawa dan kemudian dijadikan budak di rumah seorang pejabat bernama Qitfir. pada kala itu, Nabi Yusuf dianggap sangat membantu, ia kemudian diangkat menjadi pejabat kerajaan.

Hingga Nabi Yusuf AS tumbuh beras menjadi pemuda yang sangat tampan jujur, dan berakhlak mulia, namun, musibah kembali datang di dirinya yaitu ia difitnah oleh seorang bernama Siti Zulaikha yang tak lain merupakan ibu angkat Nabi Yusuf AS sendiri

BACA JUGA:Kisah Nabi Yaqub AS Putra Nabi Ishaq AS

Siti Zulaikha merupakan istri dari Qiftir, yang tergila-gila kepada Nabi Yusuf AS. Suatu hari, Zulaikha datang untuk menggoda Nabi Yusuf AS tetapi ia berhasil menghindar dari godaan tersebut karena kecewa Zulaikha mencoba memfitnah Nabi Yusuf AS dengan menyebut jika ia telah melakukan hal tercela sehingga Nabi Yusuf AS di penjarakan oleh Qiftir

Setelah bebas Nabi Yusuf AS diangkat oleh Raja Mesir sebagai bendahara kerajaan yang bijaksana, sehingga datanglah musim panas dan paceklik yang membuat rakyat tidak kebingungan akan bahan makanan. Mereka pun hidup tentram tanpa ada rasa khawatir akan krisis pangan bahkan derita kelaparan seperti masa sebelumnya.

Kabar ini pun membuat banyak orang datang dari desa dan kota pinggir Mesir atau Negara lain. Mereka mengaku jika kekurangan bahan pangan dan mengharap pertolongan dari Nabi Yusuf agar bisa membeli gandum sebagai stok sementara.

Nabi Yusuf AS memiliki beberapa Mukjizat sebagaimana para Nabi yang yaitu sebagai pembuktian atas kenabiannya adapun Mukjizat Nabi Yusuf AS yaitu Nabi Yusuf diberi wajah yang sangat tampan, sehingga siapa saja yang melihatnya akan terpesona serta Nabi Yusuf AS adalah seorang tafsir mimpi, bahkan ia pernah menafsirkan mimpi Raja Mesir yang terbukti. 

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Yusuf ayat 4 yang berbunyi:

 إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَا أَبَتِ إِنِّي رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِي سَاجِدِينَ
Artinya: 
(Ingatlah) ketika Yusuf berkata kepada ayahnya (Ya‘qub), “Wahai ayahku, sesungguhnya aku telah (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan. Aku melihat semuanya sujud kepadaku.” (QS Yusuf 4)
 
Itulah sekilas kisah Nabi Yusuf AS banyak kisah lainnya yang menarik untuk kita ketahui kisah-kisah menarik nya akan kita kupas di edisi berikutnya Nabi Yusuf wafat dalam usia 110 tahun (djl) 

Sumber: