5 Mukjizat Nabi Ibrahim AS, Diantaranya Tidak Hangus Di Bakar Kobaran Api

5 Mukjizat  Nabi Ibrahim AS, Diantaranya Tidak Hangus Di Bakar Kobaran Api

Kajian Islam. Mukjizat Nabi Ibrahim AS --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Nabi Ibrahim AS lahir dan hidup di zaman Raja Bobilonia Namrud yang terkenal dengan kekejaman dan kezalimannya dan menghadapi umat nya yang musyrik menyembah patung-patung berhala yang mereka sembah buat sendiri baru mereka sembah hal tersebut sudah mereka lakukan secara turun temurun dari nenek moyang mereka, yang lebih menyedihkan lagi orang tua Nabi Ibrahim AS pun tergolong orang-orang yang menyembah patung-patung berhala.

Setiap Nabi yang diutus oleh Allah SWT dalam berdakwah menyampaikan tauhid di hadapkan kepada umatnyabyang berlibur dali untuk mematahkan ajaran para Nabi dan Rasul maka untuk menjawab semua bantahan setiap kaum yang Allah SWT memberikan Mukjizat kepada para Nabi dan Rasul tak terkecuali Nabi Ibrahim AS adapun tujuan Allah SWT memberikan Mukjizat yaitu sebagai bukti bahwa Allah itu ada dan akan selalu membantu umatnya yang beriman dan patuh terhadap-Nya. Berikut beberapa Mukjizat Nabi Ibrahim AS 

BACA JUGA:Kisah Singkat Kelahiran Nabi Ibrahim AS

Pertama: Tubuhnya Tidak Hangus Terbakar Api

Keberanian Nabi Ibrahim menentang Namrud, membuat Raja Namrud murka karena selain takut ramalan di masa lalunya terwujud juga pengikutnya semakin berkurang sehingga Raja Namrud berbagai cara untuk mencegah.

Untuk mencegah terjadi nya ramalan masa lalu tersebut terjadi Raja Namrud menyiapkan Api yang sedang menyala untuk membakar Nabi Ibrahim secara hidup-hidup namun mengejutkan ketika Nabi Ibrahim AS di lemparkan bala tentara Raja Namrud Nabi Ibrahim AS tidak tersentuh sedikit pun oleh Api itu akan tetapi Api tersebut justru menjadi dingin bagi tubuh Nabi Ibrahim AS atas izin Allah SWT.

Kejadian tersebut diabadikan Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat Al-Anbiya ayat 69 yang berbunyi:

قُلۡنَا يٰنَارُ كُوۡنِىۡ بَرۡدًا وَّسَلٰمًا عَلٰٓى اِبۡرٰهِيۡمَۙ‏

Artinya:

"Kami (Allah) berfirman, Wahai api! Jadilah kamu dingin, dan penyelamat bagi Ibrahim!" (QS Al-Anbiya 69)

BACA JUGA:Kasih Nabi Ibrahim Dalam Mencari Tuhan Sang Pencipta

Kedua: Dapat Mengeluarkan Madu Dan Air Susu Dari Jarinya

Nabi Ibrahim AS ketika masih kecil di tinggalkan kedua orang tua nya di sebuah Goa demi menyelamatkan Nabi Ibrahim AS atas ancaman Raja Namrud yang menyatakan setiap bayi laki-laki yang lahir harus di bunuh sehingga sang ibu tidak bisa setiap saat mendampingi dan merawat maka Allah SWT mengutus Malaikat untuk menjaga dan merawat Nabi Ibrahim AS. 
Namum anehnya dari jari Nabi Ibrahim AS dapat mengeluarkan madu dan air susu sehingga kebutuhan Nabi Ibrahim AS terpenuhi meskipun jauh dari pengawasan ibundanya.

 

Ketiga: Menghidupkan Makhluk Yang Sudah Mati

Suatu ketika untuk lebih me yakinlah hati dan keimanan nya Nabi Ibrahim AS meminta kepada Allah SWT untuk menghidupkan makhluk yang sudah mati maka Allah SWT memerintahkan Ibrahim AS untuk mencincang tubuh burung kemudian meletakkannya di atas bukit. Selanjutnya Beliau harus memanggilnya dan kejadian ajaib berlangsung.  Makhluk tersebut hidup kembali sehingga dapat terbang menghampirinya.

Sebagaimana Allah SWT abadikan kisah tersebut dalam Al-Qur'an Al-Baqarah ayat 260 yang berbunyi:

وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهٖمُ رَبِّ اَرِنِيْ كَيْفَ تُحْيِ الْمَوْتٰىۗ قَالَ اَوَلَمْ تُؤْمِنْ ۗقَالَ بَلٰى وَلٰكِنْ لِّيَطْمَىِٕنَّ قَلْبِيْ ۗقَالَ فَخُذْ اَرْبَعَةً مِّنَ الطَّيْرِفَصُرْهُنَّ اِلَيْكَ ثُمَّ اجْعَلْ عَلٰى كُلِّ جَبَلٍ مِّنْهُنَّ جُزْءًا ثُمَّ ادْعُهُنَّ يَأْتِيْنَكَ سَعْيًا ۗوَاعْلَمْ اَنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌحَكِيْمٌ 

Artinya:                                                "Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata, “Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang mati.” Allah berfirman, “Belum percayakah engkau?” Dia (Ibrahim) menjawab, “Aku percaya, tetapi agar hatiku tenang (mantap).” Dia (Allah) berfirman, “kalau begitu ambillah empat ekor burung, lalu cincang lah olehmu kemudian letakkan di atas masing-masing bukit satu bagian, kemudian panggil lah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera.” ketahuilah bahwa Allah Maha Perkasa, Maha bijaksana. (QS Al-Baqarah 260)

Keempat: Mengubah Pasir Menjadi Makanan

Mukjizat keempat yang terjadi pada Nabi Ibrahim AS bahkan ada yang jauh dari nalar pikiran manusia dan Mukjizat sendiri merupakan kejadian luar biasa yang diberikan kepada Nabi dan Rasul Allah. Yaitu yang terjadi pada Mukjizat Nabi Ibrahim dapat mengubah pasir menjadi makanan, kejadian berawal ketika Nabi Ibrahim AS mendatangi Namrud untuk mendapatkan makanan.

Namun harapannya ternyata putus karena tetap teguh dengan pendiriannya ketika ditanyakan siapa Tuhannya. Kejadian ajaib dimulai saat ia membawa pasir dari Namrud pulang ke rumah. keesokan harinya isi kantongnya penuh dengan bahan masakan berupa sayuran dan daging.

Kisah Nabi Ibrahim dengan Raja Namrud Allah abadikan dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 258 yang berbunyi:

اَلَمۡ تَرَ اِلَى الَّذِىۡ حَآجَّ اِبۡرٰهٖمَ فِىۡ رَبِّهٖۤ اَنۡ اٰتٰٮهُ اللّٰهُ الۡمُلۡكَ‌ۘ اِذۡ قَالَ اِبۡرٰهٖمُ رَبِّىَ الَّذِىۡ يُحۡىٖ وَيُمِيۡتُۙ قَالَ اَنَا اُحۡىٖ وَاُمِيۡتُ‌ؕ قَالَ اِبۡرٰهٖمُ فَاِنَّ اللّٰهَ يَاۡتِىۡ بِالشَّمۡسِ مِنَ الۡمَشۡرِقِ فَاۡتِ بِهَا مِنَ الۡمَغۡرِبِ فَبُهِتَ الَّذِىۡ كَفَرَ‌ؕ وَاللّٰهُ لَا يَهۡدِى الۡقَوۡمَ الظّٰلِمِيۡنَ‌ۚ

Artinya:                                            "Tidakkah kamu memperhatikan orang yang mendebat Ibrahim mengenai Tuhannya, karena Allah telah memberinya kerajaan (kekuasaan). Ketika Ibrahim berkata, "Tuhanku ialah Yang menghidupkan dan mematikan," dia berkata, "Aku pun dapat menghidupkan dan mematikan." Ibrahim berkata, "Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbit lah ia dari barat." Maka bingung lah orang yang kafir itu. Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang zalim" (QS Al-Baqarah 258)

BACA JUGA:Perjalanan Awal Mula Dakwah Nabi Ibrahim AS

Kelima: Orang Pertama Yang Membangun Ka’bah

Bagi umat Islam ada sebuah bangunan yang menjadi salah satu keajaiban dunia yang terdapat di Kota Makkah yaitu Ka'bah yang merupakan tempat suci bagi umat Muslim seluruh dunia sehingga Ka'bah selalu di kunjungi oleh umat Muslim dari seluruh Dunia 
Pembangunan pertama Ka'bah terjadi pada masa Nabi Ibrahim AS, proses pembangunan nya mendapatkan bimbingan langsung dari Allah SWT dengan desain menakjubkan.

Pada awalnya, Allah SWT memerintahkan untuk membangunkan rumah untuk-Nya. Kemudian mengutus awan menanyakan kepada Ibrahim AS apakah tugasnya sudah dilaksanakan. Setelah mendapatkan jawaban, Allah segera mendatangkan pondasi. Lalu Nabi Ibrahim AS serta putranya meninggikan bangunan tersebut.                                Bangunan Ka'bah hingga saat ini  tetap berdiri kokoh dan semakin modern hingga saat ini sebab Ka'bah merupakan arah Kiblat bagi umat Muslim dan bangunan suci. 

Itulah 5 Mukjizat Nabi Ibrahim AS sebagai bukti kenabian Nabi Ibrahim AS untuk membantah setiap sanggahan umat nya yang tidak yakin akan keberanian ajaran Nabi Ibrahim AS. (djl)

Sumber: