Kasih Nabi Ibrahim Dalam Mencari Tuhan Sang Pencipta

Kasih Nabi Ibrahim Dalam Mencari Tuhan Sang Pencipta

Kajian Islam. Perjalanan Nabi Ibrahim AS dalam pencarian Tuhan --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Nabi Ibrahim AS setelah berusia 12 tahun merasa kehilangan seorang sosok yang selama ini sempat merawat dan memberikan perlindungan ketika masih bayi saat berada di sebuah Goa 
 
Lebih-lebih lagi ia mendapatkan di mana ia tinggal di Negeri Kerajaan Babilonia orang menyembah berhala-berhala yang mana mereka buat sendiri lalu mereka sembah di jadikan sebagai Dewa mereka yang mereka sembah secara turun-temurun dari Nenek moyang mereka.
 
Sehingga suatu hari ia menemui Sang ayah yang sedang membuat Patung lalu di jual dan kemudian di sembah oleh mereka namun setiap pertanyaan Nabi Ibrahim AS tentang Tuhan Sang Ayah hanya terdiam namun justru menyuruh Nabi Ibrahim AS menjual Patung-patung itu namun bathin Nabi Ibrahim AS menolak atas apa yang di sembah oleh masyarakat Bobilonia tersebut.
 
 
Ketika Nabi Ibrahim AS mencapai umur cukup dewasa, beliau telah dapat membedakan yang hak dan batil. Kemudian beliau meyakini bahwa dirinya dan semua makhluk yang ada di dunia pasti ada yang menciptakan.
 
Beliau sadar bahwa berhala yang disembah ayah maupun masyarakat Babilonia tidak dapat makan, minum, hingga berbicara. 
Sehingga mana mungkin mereka adalah Tuhan yang sesungguhnya.
 
Melihat hal tersebut Nabi Ibrahim AS mulai mencari di mana dan siapa Tuhan itu sebenarnya. Tuhan yang menciptakan dirinya dan seluruh makhluk di dunia ini.
 
Perjalanannya mencari Tuhan bermula saat Ibrahim AS melihat Bintang yang bercahaya, dan menyangka bahwa itu adalah Tuhan. Namun, saat bintang itu menghilang di langit dari pandangan mata, Nabi Ibrahim AS pun tidak percaya bahwa Bintang adalah Tuhan sesungguhnya.
 
Kemudian Ibrahim AS melihat bulan dan berpikir juga bahwa itu adalah Tuhan. Lagi-lagi ketika Bulan menghilang pada pagi hari, beliau menyadari bahwa bulan bukanlah Tuhan.
 
Saat pagi hari tiba, beliau kembali melihat Matahari. Nabi Ibrahim AS berpikir pula bahwa Matahari adalah Tuhan karena lebih besar dari Bintang dan Bulan. Tapi, ketika Matahari terbenam dan waktu malam tiba, beliau tersadar Matahari juga bukanlah Tuhan
 
Hingga Nabi Ibrahim pun tahu dan menyimpulkan bahwa sesuatu yang tampak mata bukanlah Tuhan. 
Karena baginya, Tuhan tidak akan pernah hilang. 
Demikian beliau menyadari bahwa Tuhan adalah pencipta dari semua Makhluk.
 
 
Kisah pencarian Tuhan oleh Nabi Ibrahim AS diabadikan oleh Allah SWT dalam Al-Qur'an dalam Surat Al-An'am ayat 76-78 yang berbunyi: 
 
فَلَمَّا جَنَّ عَلَيۡهِ الَّيۡلُ رَاٰ كَوۡكَبًا ​ۚ قَالَ هٰذَا رَبِّىۡ​ ۚ فَلَمَّاۤ اَفَلَ قَالَ لَاۤ اُحِبُّ الۡاٰفِلِيۡنَ‏ ٧٦
فَلَمَّا رَاَ الۡقَمَرَ بَازِغًا قَالَ هٰذَا رَبِّىۡ ​ۚ فَلَمَّاۤ اَفَلَ قَالَ لَٮِٕنۡ لَّمۡ يَهۡدِنِىۡ رَبِّىۡ لَاَ كُوۡنَنَّ مِنَ الۡقَوۡمِ الضَّآ لِّيۡنَ‏ ٧٧
فَلَمَّا رَاٰ الشَّمۡسَ بَازِغَةً قَالَ هٰذَا رَبِّىۡ هٰذَاۤ اَكۡبَرُ​ۚ فَلَمَّاۤ اَفَلَتۡ قَالَ يٰقَوۡمِ اِنِّىۡ بَرِىۡٓءٌ مِّمَّا تُشۡرِكُوۡنَ‏ ٧٨
Artinya: 
"Ketika malam telah menjadi gelap, dia (Ibrahim) melihat sebuah bintang (lalu) dia berkata, 'Inilah Tuhanku.' Maka, ketika bintang itu terbenam dia berkata, 'Aku tidak suka kepada yang terbenam.' Kemudian, ketika dia melihat bulan terbit dia berkata (kepada kaumnya), 'Inilah Tuhanku.' Akan tetapi, ketika bulan itu terbenam dia berkata, 'Sungguh, jika Tuhanku tidak memberi petunjuk kepadaku, pastilah aku termasuk kaum yang sesat.' Kemudian, ketika dia melihat matahari terbit dia berkata (lagi kepada kaumnya), 'Inilah Tuhanku. Ini lebih besar.' Akan tetapi, ketika matahari terbenam dia berkata, 'Wahai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari yang kamu persekutukan.'" (QS Al-An'am: 76-78)
 
 
Setelah memperoleh hidayah, Nabi Ibrahim pun menemukan Tuhan yang selama ini beliau cari. 
Dialah Allah SWT, Tuhan yang menciptakan seluruh Makhluk termasuk bintang, bulan, matahari, maupun dirinya sendiri.
 
Kemudian Ibrahim AS ingin memerangi syirik dan penyembahan berhala yang dilakukan ayah maupun masyarakat Babilonia.
 
Namun sebelumnya, ia ingin mempertebal iman dan keyakinannya terlebih dahulu supaya hatinya tentram dan semakin yakin. 
Beliau melakukannya untuk membersihkan keraguan yang kemungkinan sesekali mengganggu pikirannya.
 
Nabi Ibrahim pun memohon kepada Allah SWT agar diperlihatkan kepadanya bagaimana Allah SWT menghidupkan kembali Makhluk-makhluk yang sudah mati.
 
Lalu, berseru lah Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT, "Ya Tuhanku! Tunjukkanlah kepadaku bagaimana engkau menghidupkan makhluk-makhluk yang sudah mati."
 
Allah SWT menjawab seruannya dengan berfirman, "Tidakkah engkau beriman dan percaya kepada kekuasaan-Ku?"
 
Ibrahim AS menjawab, "Betul, wahai Tuhanku, aku telah beriman dan percaya kepada-Mu dan kepada kekuasaan-Mu. Namun, aku ingin sekali melihat itu dengan mata kepalaku sendiri, agar aku mendapat ketentraman dan ketenangan sehingga keyakinan di hatiku makin menjadi tebal dan kukuh kepada-Mu."
 
 
Kemudian Allah SWT memperkenankan permohonan Nabi Ibrahim. 
Beliau diperintahkan oleh-Nya untuk menangkap empat ekor burung dan memperhatikan serta meneliti bagian tubuh-tubuh burung itu, lalu memotongnya menjadi kepingan.
 
Tubuh burung yang sudah hancur itu kemudian untuk diletakkan di atas puncak dari empat bukit yang letaknya berjauhan.
 
Setelah mengerjakan apa yang telah diisyaratkan oleh Allah SWT, lalu Nabi Ibrahim AS diperintahkan kembali untuk memanggil burung-burung yang sudah terkoyak-koyak bagian tubuhnya itu.
 
Dengan izin Allah SWT dan kuasa-Nya, keempat ekor burung itu datang berterbangan dalam keadaan utuh bernyawa seperti sedia kala setelah mendengar panggilan Nabi Ibrahim. Lalu hinggap dengan wujud hidup di hadapan Ibrahim AS..
 
Melihat itu dengan mata kepalanya sendiri, ia yakin bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang menciptakan di mana kuasa menghidupkan kembali makhluk-Nya.
 
Demikian permohonan Ibrahim AS terkabul, hatinya menjadi tentram dan keraguannya menghilang. Keimanan serta keyakinannya pun semakin tebal dan dalam.
 
Riwayat ini diabadikan dalam firman-Nya pada Surat Al-Baqarah ayat 260 yang berbunyi: 
 
وَاِذۡ قَالَ اِبۡرٰهٖمُ رَبِّ اَرِنِىۡ كَيۡفَ تُحۡىِ الۡمَوۡتٰى ؕ قَالَ اَوَلَمۡ تُؤۡمِنۡ‌ؕ قَالَ بَلٰى وَلٰـكِنۡ لِّيَطۡمَٮِٕنَّ قَلۡبِىۡ‌ؕ قَالَ فَخُذۡ اَرۡبَعَةً مِّنَ الطَّيۡرِ فَصُرۡهُنَّ اِلَيۡكَ ثُمَّ اجۡعَلۡ عَلٰى كُلِّ جَبَلٍ مِّنۡهُنَّ جُزۡءًا ثُمَّ ادۡعُهُنَّ يَاۡتِيۡنَكَ سَعۡيًا ‌ؕ وَاعۡلَمۡ اَنَّ اللّٰهَ عَزِيۡزٌ حَكِيۡمٌ
 
Artinya:
"(Ingatlah) ketika Ibrahim berkata, 'Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang-orang mati.' Dia (Allah) berfirman, 'Belum percayakah engkau?' Dia (Ibrahim) menjawab, 'Aku percaya, tetapi agar hatiku tenang.' Dia (Allah) berfirman, 'Kalau begitu, ambillah empat ekor burung, lalu dekatkanlah kepadamu (potong-potonglah). Kemudian, letakkanlah di atas setiap bukit satu bagian dari tiap-tiap burung. Selanjutnya, panggillah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera.' Ketahuilah bahwa Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS Al-Baqarah: 260)
 
 
Demikianlah Kisah Nabi Ibrahim AS dalam pencarian Tuhan yang Maha Esa yaitu Allah SWT untuk nantinya Nabi Ibrahim AS untuk mengajak umatnya nya yang Syirik untuk menyembah Allah SWT. (djl)

Sumber: