Propil 25 Nabi & Rasul Menurut Islam Berdasarkan Al-Qur'an (Part Dua)

Propil 25 Nabi & Rasul Menurut Islam Berdasarkan Al-Qur'an  (Part Dua)

Kajian Islam. Kisah 25 Nabi dan Rasul --

(Sambungan Part satu)
 
Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Allah SWT menciptakan Manusia di muka bumi sebagai Khalifah sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al Baqarah ayat 30 yang berbunyi: 
 
وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ
Artinya: 
"Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui"." (QS. Al Baqarah: 30).
 
 
Maka Allah SWT mulai menciptakan Nabi Adam AS sebagai Manusia pertama dari tanah sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran Surah Al Hijr ayat 26 berbunyi:
 
وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ مِنْ صَلْصَالٍ مِّنْ حَمَاٍ مَّسْنُوْنٍۚ (٢٦)
 
Artinya: 
"Sungguh, Kami benar-benar telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering dari lumpur hitam yang dibentuk. (QS Al Hijr: 26)
 
 
Setelah Nabi Adam diciptakan maka Allah SWT mengutus beberapa Nabi dan Rasul sebanyak 25 Nabi dan Rasul yang wajib umat Muslim yakini dan imani
Berikut propil Nabi dan Rasul ayoo kita simak baik-baik sebagai umat Muslim kita mengetahuinya. 
Sebelum nya sudah 5 Nabi dan Rasul yang yaitu Nabi Adam AS, Nabi Idris AS, Nabi Nuh AS, Nabi Hud AS dan Nabi Shaleh AS.
Adapun Nabi Selanjutnya yaitu Nabi ke Enam: 
 
Keenam: Nabi Ibrahim AS.
 
Nabi Ibrahim AS merupakan Putra dari Tarakh juga keturunan dari Syits Bin Adam AS ia berusia 175 tahun dari masa 1997-1822 sebelum Masehi Allah SWT mengutus nya di daerah Selatan Babylon Irak di karuniai keturunan sebanyak 13 anak dari keturunan nya ada berapa juga Allah SWT angkat menjadi Nabi yaitu Nabi Ismail AS dan Nabi Ishaq AS adapun Nabi Ibrahim AS wafat di Al-Khalil, Hebron Palestina sementara kaum Nabi Ibrahim AS di sebut Bangsa Kaldan dan Allah SWT nama Nabi Ibrahim AS dalam Al-Qur'an sebanyak 69 kali. 
Salah satunya yaitu Allah Abadikan dalam Al- Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 258 yang berbunyi: 
 
أَلَمْ تَرَ إِلَى ٱلَّذِى حَآجَّ إِبْرَٰهِۦمَ فِى رَبِّهِۦٓ أَنْ ءَاتَىٰهُ ٱللَّهُ ٱلْمُلْكَ إِذْ قَالَ إِبْرَٰهِۦمُ رَبِّىَ ٱلَّذِى يُحْىِۦ وَيُمِيتُ قَالَ أَنَا۠ أُحْىِۦ وَأُمِيتُ ۖ قَالَ إِبْرَٰهِۦمُ فَإِنَّ ٱللَّهَ يَأْتِى بِٱلشَّمْسِ مِنَ ٱلْمَشْرِقِ فَأْتِ بِهَا مِنَ ٱلْمَغْرِبِ فَبُهِتَ ٱلَّذِى كَفَرَ ۗ وَٱللَّهُ لَا يَهْدِى ٱلْقَوْمَ ٱلظَّٰلِمِينَ
Artinya: 
"Apakah kamu tidak memperhatikan orang yang mendebat Ibrahim tentang Tuhannya (Allah) karena Allah telah memberikan kepada orang itu pemerintahan (kekuasaan). Ketika Ibrahim mengatakan: "Tuhanku ialah Yang menghidupkan dan mematikan," orang itu berkata: "Saya dapat menghidupkan dan mematikan". Ibrahim berkata: "Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkan lah dia dari barat," lalu terdiam lah orang kafir itu; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim." ( QS Al Baqarah 258) 
 

Kajian Islam. Kisah para Nabi dan Rasul
 
Ketujuh: Nabi Luth AS.
 
Nabi Luth adalah Putra dari Haran dan hidup di dunia selama 80 tahun pada masa 1950-1870 sebelum Masehi Allah utus Nabi Luth AS di daerah Sodom dan Amurah (Laut Mati atau Danau Luth) dan Allah SWT memberikan karunia keturunan 2 orang Putri yang bernama Ratsiya dan Za’rita dan wafat di Desa Shafrah di Syam. Syria dan Allah menyebut Kaum Luth dalam Al-Qur'an sebanyak: 27 kali
 
Diantaranya Allah SWT  berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al Anbiya ayat 74-75 bahwa semua penduduk di Negeri Sodom melakukan perbuatan keji, kecuali orang-orang yang tinggal di rumah Nabi Luth AS yang berbunyi: 
 
وَلُوْطًا اٰتَيْنٰهُ حُكْمًا وَّعِلْمًا وَّنَجَّيْنٰهُ مِنَ الْقَرْيَةِ الَّتِيْ كَانَتْ تَّعْمَلُ الْخَبٰۤىِٕثَ ۗاِنَّهُمْ كَانُوْا قَوْمَ سَوْءٍ فٰسِقِيْنَۙ وَاَدْخَلْنٰهُ فِيْ رَحْمَتِنَاۗ اِنَّهٗ مِنَ الصّٰلِحِيْنَ
Artinya: 
"Kepada Luth, Kami telah berikan hikmah dan ilmu, dan telah Kami selamatkan dia dari (azab yang telah menimpa penduduk) kota yang mengerjakan perbuatan keji. Sesungguhnya, mereka adalah kaum yang jahat lagi fasik. Kam memasukkannya (Nabi Luth) ke dalam rahmat Kami. Sesungguhnya dia termasuk golongan orang-orang yang saleh." (QS Al-Anbiyaa': 74-75).
 
 
Kedelapan: Nabi Ismail AS.
 
Nabi Ismail AS merupakan Putra Nabi Ibrahim AS hidup di Bumi selama 137 tahun pada masa 1911-1774 sebelum Masehi dan Allah mengutus Nabi Ismail AS untuk penduduk Mekkah dan Allah SWT memberikan karunia keturunan sebanyak 12 orang dan wafat juga di kota Mekkah dan Allah SWT menyebut namanya dalam Al-Qur'an sebanyak 12 kali.
 
Salah satunya dalam Al-Qur'an Surat Maryam ayat 54 berbunyi: 
 
وَاذۡكُرۡ فِى الۡـكِتٰبِ اِسۡمٰعِيۡلَ‌ ۚاِنَّهٗ كَانَ صَادِقَ الۡوَعۡدِ وَكَانَ رَسُوۡلًا نَّبِيًّا‌
Artinya:
"Dan ceritakanlah (Muhammad), kisah Ismail di dalam Kitab (Al-Qur'an). Dia benar-benar seorang yang benar janjinya, seorang rasul dan Nabi" (QS Maryam 54)
 
Kesembilan: Nabi Ishaq AS.
 
Nabi Ishaq juga merupakan saudara Nabi Ismail AS dan Putra dari Nabi Ibrahim AS Ia hidup di dunia selama 180 tahun pada masa 1897-1717 sebelum Masehi dan Allah utus Nabi Ishaq AS di Kota Al-Khalil Hebron di daerah Kan’an dan Allah karuniai keturunan hanya 2 anak di antaranya juga menjadi Nabi yaitu Nabi Ya’qub AS (Israel) dan meninggal dunia di Al-Khalil. Hebron
Sebutan kaumnya: Bangsa K//an’an.
Dan Allah SWT menyebut namanya dalam Al-Qur'an sebanyak 17 kali.
 
Salah satunya terdapat dalam Al-Qur'an Surat Dalam Maryam ayat 49 disebutkan mengenai Ishaq Allah SWT dijadikan sebagai Nabi yang berbunyi: 
 
فَلَمَّا ٱعْتَزَلَهُمْ وَمَا يَعْبُدُونَ مِن دُونِ ٱللَّهِ وَهَبْنَا لَهُۥٓ إِسْحَٰقَ وَيَعْقُوبَ ۖ وَكُلًّا جَعَلْنَا نَبِيًّا
 
Artinya: 
"Maka ketika Ibrahim sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, Kami anugerahkan kepadanya Ishak, dan Ya'qub. Dan masing-masingnya Kami angkat menjadi nabi," ( QS Maryam 49)
 
 
Kesepuluh: Nabi Ya'qub AS.
 
Nabi Ya’qub merupakan putra Nabi Ishaq yang Allah SWT juga menjadi Nabi meneruskan perjuangan Ayah nya Ishaq AS dalam menyebarkan tauhid dan ia berusia selama 147 tahun hidup pada masa 1837-1690 sebelum Masehi di utus di daerah Syam. Syria dan memiliki keturunan sebanyak 12 anak laki-laki yang bernama Rubin, Simeon, Lewi, Yahuda, Dan, Naftali, Gad, Asyir, Isakhar, Zebulaon, Yusuf dan Benyamin serta 2 anak perempuan yang bernama Dina dan Yathirah dan Nabi Yakub wafat di Al-Khalil (Hebron), Palestina. Dalam Al-Qur'an Allah SWT menyebut namanya sebanyak 18 kali.
 
Di antaranya terdapat dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 136 berbunyi:
 
وۡلُوۡٓا اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَمَآ اُنۡزِلَ اِلَيۡنَا وَمَآ اُنۡزِلَ اِلٰٓى اِبۡرٰهٖمَ وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَاِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ وَ الۡاَسۡبَاطِ وَمَآ اُوۡتِىَ مُوۡسٰى وَعِيۡسٰى وَمَآ اُوۡتِىَ النَّبِيُّوۡنَ مِنۡ رَّبِّهِمۡ‌ۚ لَا نُفَرِّقُ بَيۡنَ اَحَدٍ مِّنۡهُمۡ وَنَحۡنُ لَهٗ مُسۡلِمُوۡنَ
Artinya: 
Katakanlah, “Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami, dan kepada apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, dan kepada apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta kepada apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka, dan kami berserah diri kepada-Nya.” (QS Al-Baqarah 136)
 
Alhamdulillah sudah 10 Propil yang dapat Radar Seluma. Disway.id tampilkan untuk 15 Propil Nabi dan Rasul akan kita umat di edisi berikutnya.
Bersambung ke Part 3 (djl) 
 
 

Sumber: