Propil 25 Nabi & Rasul Menurut Islam Berdasarkan Al-Qur'an. (Part 1)

Propil 25 Nabi & Rasul Menurut Islam Berdasarkan Al-Qur'an. (Part 1)

Kajian Islam. Kisah Para Rasul dan Nabi Allah--

Kisah Nabi dan Rasul Part 1 (Satu) 
Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Allah SWT menciptakan Manusia di muka bumi sebagai Khalifah sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al Baqarah ayat 30 yang berbunyi: 
 
وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ
 
Artinya: 
"Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui"." (QS. Al Baqarah: 30).
 
 
Maka Allah SWT mulai menciptakan Nabi Adam AS sebagai Manusia pertama dari tanah sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran Surah Al Hijr ayat 26 berbunyi:
 
وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ مِنْ صَلْصَالٍ مِّنْ حَمَاٍ مَّسْنُوْنٍۚ (٢٦)
 
Artinya: 
"Sungguh, Kami benar-benar telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering dari lumpur hitam yang dibentuk. (QS Al Hijr: 26)
 
 
Setelah Nabi Adam diciptakan maka Allah SWT mengutus beberapa Nabi dan Rasul sebanyak 25 Nabi dan Rasul yang wajib umat Muslim yakini dan imani
 
Berikut propil Nabi dan Rasul ayoo kita simak baik-baik sebagai umat Muslim kita mengetahuinya
 
Pertama: Nabi Adam AS.
 
Nabi Adam As berusia 930 tahun lahir
5872-4942 sebelum Masehi diciptakan Allah SWT dari tanah yang berasal dari Bumi dan tinggal di Surga kemudian Allah turunkan ke Bumi di daerah Jazirah Arab, dengan keturunan sebanyak 40 laki-laki dan perempuan kemudian wafat di Mekkah. Allah SWT menyebut Nabi Adam AS dalam Al-Qur'an sebanyak 25 kali di antaranya: 
Salah satunya dalam Surat An Nisa ayat 1 yang berbunyi: 
 
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَّنِسَاۤءً ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَاۤءَلُوْنَ بِهٖ وَالْاَرْحَامَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا
Artinya:
Artinya: Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)-nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (pelihara lah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi mu" (QS An Nisa 1)
 

Kajian Islam. Kisah 25 Nabi dan Rasul 
 
Kedua: Nabi Idris AS.
 
Nabi Idris AS merupakan anak dari Yarid dan Asyut adapun Nabi Idris AS merupakan keturunan dari Syits Bin Adam AS. Nabi Idris hidup selama 345 tahun pada periode 4533-4188 sebelum Masehi di utus Allah SWT di daerah Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis). Lalu Nabi Idris Wafat dengan cara mengangkatnya ke langit dan Ke Surga Allah menyebut Nabi Idris AS sebanyak 2 kali dalam Al-Qur'an yaitu:
 
Pertama, surat Maryam ayat 56-57 berbunyi: 
 
وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ إِدْرِيسَ ۚ إِنَّهُ كَانَ صِدِّيقًا نَبِيًّا.وَرَفَعْنَاهُ مَكَانًا عَلِيًّا 
Artinya:
“Ceritakanlah (Nabi Muhammad kisah) Idris di dalam Kitab (Alquran). Sesungguhnya dia adalah orang yang sangat benar dan membenarkan lagi seorang nabi. Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.” (QS Maryam 56-57)
 
 
Kedua, surat Al Anbiya ayat 85-86 berbunyi: 
 
وَإِسْمَاعِيلَ وَإِدْرِيسَ وَذَا الْكِفْلِ ۖ كُلٌّ مِنَ الصَّابِرِينَ.وَأَدْخَلْنَاهُمْ فِي رَحْمَتِنَا ۖ إِنَّهُمْ مِنَ الصَّالِحِينَ
Artinya:
“(Ingatlah pula) Ismail, Idris, dan Zulkifli. Mereka semua termasuk orang-orang sabar. Kami memasukkan mereka ke dalam rahmat Kami. Sesungguhnya mereka termasuk orang-orang saleh.” (QS Al - Anbiya 85-86)
 
Ketiga: Nabi Nuh AS.
 
Nabi Nuh AS merupakan anak dari Lamak yang juga merupakan dari garis hidup di Bumi selama 950 tahun pada periode 3993-3043 sebelum Masehi dan Nabi Nuh di utus oleh Allah SWT di daerah Selatan Irak memiliki 4 orang putra bernama Sam, Ham, Yafits dan Kan’an wafat di Mekkah.
Dalam Al-Qur'an Allah SWT menyebut kaum Nuh sebanyak 43 kali di antaranya 
 
Terdapat dalam Al-Qur'an Surat Nuh ayat 1-4 berbunyi:
 
نَّآ أَرْسَلْنَا نُوحًا إِلَىٰ قَوْمِهِۦٓ أَنْ أَنذِرْ قَوْمَكَ مِن قَبْلِ أَن يَأْتِيَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ
قَالَ يَٰقَوْمِ إِنِّى لَكُمْ نَذِيرٌ مُّبِينٌ
 أَنِ ٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَٱتَّقُوهُ وَأَطِيعُونِ
يَغْفِرْ لَكُم مِّن ذُنُوبِكُمْ وَيُؤَخِّرْكُمْ إِلَىٰٓ أَجَلٍ مُّسَمًّى ۚ إِنَّ أَجَلَ ٱللَّهِ إِذَا جَآءَ لَا يُؤَخَّرُ ۖ لَوْ كُنتُمْ تَعْلَمُونَ
Artinya: 
"Sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya (dengan memerintahkan): "Berilah kaummu peringatan sebelum datang kepadanya azab yang pedih, Nuh berkata: "Hai kaumku, sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan yang menjelaskan kepada kamu."
"(yaitu) sembahlah olehmu Allah, bertakwalah kepada-Nya dan taatlah kepadaku, Niscaya Allah akan mengampuni sebagian dosa-dosamu dan menangguhkan kamu sampai kepada waktu yang ditentukan. Sesungguhnya ketetapan Allah apabila telah datang tidak dapat ditangguhkan, kalau kamu mengetahui." (QS Nuh 1-4) 
 
 
Keempat: Nabi Nabi Hud AS.
 
Nabi Hud AS merupakan putra Abdullah, juga merupakan garis Keturunan Syits Bin Adam As, juga keturunan Nabi Idris Nabi Nuh As. Nabi Hud hanya hidup di muka bumi selama 130 tahun 
Dari 2450-2320 sebelum Masehi dan Allah SWT utus di daerah Al-Ahqaf antara Yaman dan Oman dan wafat 
di bagian Timur Hadhramaut Yaman. Dalam Al-Qur'an Allah SWT menyebut Nabi Hud sebanyak 7 kali.
 
Salah satunya dalam Al-Qur'an Surat Al-A'raf ayat 65 yang berbunyi: 
 
۞ وَإِلَىٰ عَادٍ أَخَاهُمْ هُودًا ۗ قَالَ يَٰقَوْمِ ٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ مَا لَكُم مِّنْ إِلَٰهٍ غَيْرُهُۥٓ ۚ أَفَلَا تَتَّقُونَ
Artinya:
"Dan (Kami telah mengutus) kepada kaum 'Aad saudara mereka, Hud. Ia berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain dari-Nya. Maka mengapa kamu tidak bertakwa kepada-Nya?" (QS Al A'raf 65) 
 
 
Kelima: Nabi Shalih AS.
 
Nabi Shalih bin Ubaid hidup di muka bumi ini hanya 70 tahun dari 2150-2080 sebelum Masehi Allah SWT mengutusnya di daerah Al-Hijr (Mada’in Shalih, antara Madinah dan Syria).
Dan wafat Mekkah dalam Al-Quran Allah SWT menyebutkan namanya sebanyak: 10 kali.
 
Salah satunya dalam Al-Qur'an Surat  Al-Isra:59 berbunyi: 
 
وَمَا مَنَعَنَآ أَن نُّرْسِلَ بِٱلْءَايَٰتِ إِلَّآ أَن كَذَّبَ بِهَا ٱلْأَوَّلُونَ ۚ وَءَاتَيْنَا ثَمُودَ ٱلنَّاقَةَ مُبْصِرَةً فَظَلَمُوا۟ بِهَا ۚ وَمَا نُرْسِلُ بِٱلْءَايَٰتِ إِلَّا تَخْوِيفًا
Artinya:
"Dan sekali-kali tidak ada yang menghalangi Kami untuk mengirimkan (kepadamu) tanda-tanda (kekuasan Kami), melainkan karena tanda-tanda itu telah didustakan oleh orang-orang dahulu. Dan telah Kami berikan kepada Tsamud unta betina itu (sebagai mukjizat) yang dapat dilihat, tetapi mereka menganiaya unta betina itu. Dan Kami tidak memberi tanda-tanda itu melainkan untuk menakuti." ( QS Al - Isro 59)
 
Untuk kali ini Radar Seluma. Disway.id baru menguraikan 5 Propil Nabi dari 25 Nabi yang ada ayo ikuti ke sambungan Part 2 (djl) 
 

Sumber: