Sholat Merupakan Tiang Agama, Neraka Saqar Bagi Yang Meninggalkan. Berikut Penjelasannya

Sholat Merupakan Tiang Agama, Neraka Saqar Bagi Yang Meninggalkan. Berikut Penjelasannya

Kajian Islam. Sholat tiang Agama dan amalan pertama yang akan di hisab--

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Sholat bagi umat Muslim adalah sebuah kewajiban yang harus di laksanakan lima kali dalam sehari semalam, Sholat merupakan rukun Islam yang kedua. Adapun perintah Sholat tercantum dalam Al-Qur'an Surat Al-Isra ayat 78 yang berbunyi: 

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Artinya: "Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)." (QS Al-Isro 78).

Selain Sholat merupakan sebuah kewajiban bagi Umat Muslim, sholat juga merupakan tiang Agama sebagaimana Nabi Muhammad Rasulullah SAW bersabda dari Mu'adz bin Jabal, Nabi SAW bersabda yang berbunyi: 

رَأْسُ الأَمْرِ الإِسْلاَمُ وَعَمُودُهُ الصَّلاَةُ

Artinya: "Inti segala perkara adalah Islam dan tiangnya yang merupakan Sholat." (HR. Tirmidzi no. 2616 dan Ibnu Majah no. 3973.)

BACA JUGA:Inilah Keutamaan Puasa Syawal, Sebagai Penyempurna Puasa Ramadhan Berikut Penjelasannya

Ada juga hadits yang menegaskan bahwa sholat menjadi pembeda antara seorang muslim dengan orang kafir.

وَعَنْ بُرَيْدَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ النَبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قََالَ :العَهْدُ الَّذِي بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ الصَّلَاةُ، فَمَنْ تََرَكَهَا فََقَدْ كََفََرَ .رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَقَالَ: حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ

Artinya:

"Perjanjian antara kami dengan orang kafir adalah sholat. Barangsiapa yang meninggalkan sholat maka ia telah kafir." (HR. Ahmad, Abu Daud, At-Tirmidzi, An-Nasai dan Ibnu Majah).


Kajian Islam. Sholat pembeda seorang Muslim dan Kafir 

Sholat selain merupakan tiang Agama, pembeda antara Muslim dan Kafir Sholat dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Ankabuut ayat 45 berbunyi: 

اُتْلُ مَآ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَۗ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ ۗوَلَذِكْرُ اللّٰهِ اَكْبَرُ ۗوَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ

Artinya: 

"Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakan lah Sholat, Sesungguhnya Sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (Sholat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan" (QS Al- Ankabuut 45)

BACA JUGA:Hidup Adalah Penghambatan Diri Kepada Allah SWT Hingga Akhir Hayat

Sholat merupakan tolak ukur setiap amalan kebajikan yang kita lakukan jika baik di terima Sholat kita maka akan baik di terima lah semua amalan yang lain namun sebaliknya jika buruk di tolak Sholat kita maka tertolak lah semua amal kebaikan kita sebagaimana hadis riwayat Abu Daud yang berbunyi: 

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلَحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسَرَ فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيْضَتِهِ شَيْءٌ قَالَ الرَّبُّ تَبَارَكَ وَتَعَالَى : انَظَرُوْا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ ؟ فَيُكْمَلُ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيْضَةِ ثُمَّ يَكُوْنُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ ”


Artinya:
“Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari shalat wajibnya, Allah Tabaroka wa Ta’ala mengatakan, ’Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan shalat sunnah?’ Maka shalat sunnah tersebut akan menyempurnakan shalat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu”. (HR. Abu Daud)

BACA JUGA:Kamu Mau Dosa Mu Diampuni Hingga 100 Tahun..??Subhanallah..!! Yuk Amalkan Amalan Ini.

Adapun ancaman bagi yang meninggalkan Sholat 5 waktu sehari semalam yaitu Allah masukan ke dalam Neraka Saqar sebagaimana  Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Mudatsir: 42-43 yang berbunyi: 

مَا سَلَكَكُمْ فِى سَقَرَ

قَالُوا۟ لَمْ نَكُ مِنَ ٱلْمُصَلِّينَ

Artinya: "Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?" Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat" (QS Al-Mudatsir 42-43) 

Demikianlah penjelasan bahwa Sholat merupakan tiang Agama bagi umat Muslim dan pembeda antara seorang Muslim dan Kafir terletak dari sholatnya jadi bisa kita simpulkan sendiri ketika kita tidak sholat maka artinya kita tergolong orang yang kafir ingkar terhadap Allah SWT dan adapun ancaman nya bagi yang meninggalkan Sholat akan Allah masukan ke dalam Neraka Saqar. (djl) 

Sumber: