Inilah Keutamaan Puasa Syawal, Sebagai Penyempurna Puasa Ramadhan Berikut Penjelasannya

Inilah Keutamaan Puasa Syawal, Sebagai Penyempurna Puasa Ramadhan Berikut Penjelasannya

Kajian Islam. Puasa Syawal sebagai penyempurna puasa Ramadhan --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Puasa Ramadhan telah usai dilaksankan selam satu bulan penuh tentu dengan berakhirnya bulan suci Ramadhan dan datang nya bulan Syawal hari raya idul Fitri di satu sisi tentu umat Muslim merasakan kebahagiaan sebab telah meraih hari kemenangan dan kembali ke Fitri namun di sisi lain umat Muslim yang beriman merasakan kesedihan berpisah dengan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan dimana di dalamnya terdapat pahala Allah SWT melipatgandakan dan akan bertemu lagi di bulan puasa Ramadhan yang akan datang, untuk mengobati rasa rindu terhadap bulan suci Ramadhan ada satu amalan bulan Syawal yaitu puasa Syawal selama 6 hari yang di kerjakan mulai dari 2 Syawal hingga akhir bulan Syawal adapun pelaksanaan di utamakan di awal bulan Syawal dari 2 Syawal secara berturut-turut selama 6 hari tapi boleh juga tidak berurutan selama masih di bulan Syawal.

Dasar hukum puasa Syawal para ulama berpendapat dari berbagai mazhab seperti Maliki, Syafi’i dan Habali menyebutkan hukum puasa syawal adalah Sunnah sebagaimana dijelaskan dalam sebuah Hadist Shahih yang berbunyi:

روى أبو أيوب – رضي الله تعالى عنه قال : قال النبي صلى الله عليه وسلم : من صام رمضان ، ثم أتبعه ستا من شوال ، كان كصيام الدهر

Artinya: Diriwayatkan oleh Abu Ayyub -Radhiyallahu anhu dia berkata, Nabi SAW bersabda, “Siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan kemudian diikuti (puasa) 6 hari di bulan Syawal , maka (pahalanya) seperti berpuasa satu tahun.” (HR. Muslim)

BACA JUGA:Inilah 5 Rukun Islam Yang Wajib Umat Islam Pahami. Berikut Penjelasannya

Adapun puasa Syawal memiliki beberapa keutamaan diantaranya adalah sebagai berikut:

Pertama: Seperti berpuasa selama satu tahun

Sebagaimana di jelaskan dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah di atas bahwa puasa Syawal selama enam hari akan mendapatkan puasa seperti berpuasa selama satu tahun yang artinya: 

“Barang siapa berpuasa Ramadan kemudian diikuti dengan puasa 6 (enam) hari di bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti puasa setahun penuh.” (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah) 


Kajian Islam. Keutamaan puasa Syawal selama 6 hari

Kedua: Penyempurna Ibadah Ramadan dan Mendekatkan Diri Kepada Allah

Hakikat dari amalan Sunnah adalah untuk menyempurnakan ibadah wajib. Oleh karena itu, amalan Sunnah selalu beriringan dengan amalan wajib, begitupun dengan fungsi dari puasa Syawal, puasa Syawal dilakukan untuk menyempurnakan puasa Ramadhan. Ketika melakukan puasa di bulan Ramadhan, tentu terdapat hal-hal yang kurang, kekurangan tersebut disempurnakan dengan puasa Syawal.

Ketiga: Memperoleh Ganjaran 10 Kali Lipat

Dalam melaksanakan puasa Syawal Allah SWT akan memberikan ganjaran pahala 10 kali lipat sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-An’am ayat 160 yang berbunyi: 

مَنْ جَاۤءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهٗ عَشْرُ اَمْثَالِهَا ۚوَمَنْ جَاۤءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزٰٓى اِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُوْنَ

Artinya: "Barangsiapa berbuat kebaikan mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya. Dan barangsiapa berbuat kejahatan dibalas seimbang dengan kejahatannya. Mereka sedikit pun tidak dirugikan (dizalimi).

BACA JUGA:MUI Haramkan Kurma Produk Israel, Ini Nama-nama Labelnya, Jangan Salah Beli

Keempat: Pahalanya Seperti Puasa Tanpa Henti

Dijelaskan dalam sebuah Hadist, puasa Syawal seperti melaksanakan puasa tiada henti secara terus menerus 

Dalam hadis lain juga disebutkan, puasa di bulan Syawal juga diibaratkan seperti melaksanakan puasa terus menerus tanpa henti. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadist riwayat Muslim yang berbunyi:

عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الأَنْصَارِيِّ، - رضى الله عنه - أَنَّهُ حَدَّثَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ "‏ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ ‏"

Artinya: "Abu Ayyub al-Ansari (semoga Allah SWT ridho atasnya) melaporkan Rasulullah SAW berkata, "Dia yang berpuasa selama Ramadhan dan melanjutkannya dengan enam hari puasa saat bulan Syawal akan seperti melakukan puasa terus menerus." (HR Muslim) 

BACA JUGA:Ini lah Orang Mendapatkan Pahalanya Besar, Tapi Dosanya Juga Besar, Siapa Mereka...??

Demikianlah beberapa keutamaan Puasa Syawal semoga kita dapat melaksanakannya pada tahun ini mumpung masih di bulan Syawal ayo kita laksanakan puasa Syawal nya sebagai penyempurna puasa Ramadhan kita yang telah kita lakukan siapa tahu ada kekurangan dalam pelaksanaan nya ini lah waktunya yang terbaik kita untuk menyempurnakan nya lewat puasa Syawal. (djl)

Sumber: