Ini lah Orang Mendapatkan Pahalanya Besar, Tapi Dosanya Juga Besar, Siapa Mereka...??

Ini lah Orang Mendapatkan Pahalanya Besar, Tapi Dosanya Juga Besar, Siapa Mereka...??

Kajian Islam. 3 sosok yang akan di mintai pertanggungjawaban di akhirat kelak --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Manusia adalah tempat nya dosa dan kesalahan bahkan hampir setiap saat manusia melakukan perbuatannya hingga tidak terhitung lagi jika di hitung namun Allah maha besar dan maha pengampun ternyata ampunan Allah SWT jauh lebih besar, terutama ampunan Allah itu hadis jauh lebih besar lagi di bulan suci Ramadhan ini maka nya jangan sia-siakan untuk mohon ampunan atas dosa dan kemaksiatan yang telah kita lakukan.

Apa pun yang kita lakukan di muka bumi ini kelak akan di mintai pertanggungjawaban di sisi Allah SWT namun ada golongan orang-orang yang akan mendapatkan pahala yang sangat besar di sisi Allah SWT namun sebaliknya akan ada juga golongan orang akan mendapatkan dosa besar yang akan di tanggung nya.

Siapa mereka golongan orang yang akan pahala besar tapi juga bisa mendapatkan dosa yang besar yaitu Orang tua, pemimpin dan guru.

Kenapa mereka bisa mendapatkan pahala besar tapi juga bisa akan mendapatkan dosa yang besar..??


Kajian Islam. Sosok Orang tua adalah merupakan panutan bagi anak-anaknya

Pertama: Sosok Orang tua

Orang tua memiliki tanggungjawab yang sangat besar terhadap anak-anak nya, sebagai orang tua harus menjadi contoh dan tauladan bagi anak-anak nya, harus mendidik, menjaga sehingga ketika mereka menjadi seorang anak yang Sholeh dan Sholeh harus memberikan pendidikan yang terbaik terutama ilmu Agama sehingga dengan demikian orang tua akan mendapatkan pahala yang sangat besar di sisi Allah SWT bahkan ketika meninggal mereka akan senantiasa mendapatkan kiriman doa dari anak-anak mereka sebab ketika seorang meninggal dunia akan terputuslah amalannya kecuali tiga perkara salah satunya anak yang mendoakan kedua orangtuanya.

Hal tersebut sebagaimana tercatat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, pia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:

إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ. رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya: 

"Apabila anak adam (manusia) telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya darinya, kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah (sedekah yang pahalanya terus mengalir), ilmu yang bermanfaat, atau anak saleh yang selalu mendoakannya." (HR Muslim)

BACA JUGA:Taubatlah Sebelum Matahari Terbit Dari Barat & Napas Sudah Di Tenggorokan. Sungguh Ampunan Allah Amatlah Luas

Namun di sisi lain, jika orang tua tidak dapat memenuhi kewajibannya, mengabaikan dan membiarkan anak-anak nya, tidak memperdulikan pendidikan Agama, dan tidak memberikan contoh yang baik maka mereka akan menanggung dosa yang besar.

Allah berfirman dalam Al-Qur'an Surat At- Tahrim 6 berbunyi:

Sumber: