Inilah Keutamaan, Amalan & Doa Akhir Ramadhan di 10 Malam Terakhir Ramadhan.

Inilah Keutamaan, Amalan & Doa Akhir Ramadhan di 10 Malam Terakhir Ramadhan.

Kajian Islam. Keutamaan malam 10 terakhir Ramadhan terdapat satu malam lebih baik dari seribu bulan --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Tanpa terasa kita sudah masuk ke malam 10 terakhir Ramadhan artinya bulan penuh berkah rahmat kasih sayang Allah SWT dan penuh hingga terhindar dari Api Neraka akan segera meninggalkan kita semua. Sebelum bulan suci Ramadhan ini meninggalkan kita semua mari kita manfaatkan sisa Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya.

Bulan suci Ramadhan di 10 malam terakhir Ramadhan ini memiliki keistimewaan bagi umat Muslim di seluruh dunia. Dalam waktu ini, umat Muslim diajak untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan berbagai amalan dan doa-doa yang khusus. Sepuluh malam terakhir Ramadhan ini diyakini memiliki keberkahan dan keutamaan yang luar biasa, di mana di antara malam-malam ini terdapat malam Lailatul Qadar yang merupakan malam yang penuh berkah dan keutamaan yaitu malam lebih baik dari 1000 bulan. 

Dalam Hadits Riwayat Bukhori  menjelaskan bahwa Rasulullah SAW mengatakan jika kita ingin mencari malam Lailatul Qadar maka bisa mencarinya pada witir sepuluh terakhir bulan Ramadhan.

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ اْلاَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ (رواه البخارى)

Artinya: 

"Carilah olehmu sekalian lailatul qodar itu pada witir sepuluh terakhir di bulan Ramadhan" (HR. Bukhori)

BACA JUGA:Kamu Ingin Meraih Malam Lailatul Qadar Ini 7 Amalan Untuk Kamu Raih Kemuliaannya.

Ada pun amalan yang dapat dilakukan di 10 malam terakhir ini dengan meningkatkan serangkaian ibadah Qiyamul lail seperti Sholat tarawih, witir, membaca Al-Quran, berzikir, sehingga akhirnya akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.


Kajian Islam. anjuran 10 malam terakhir Ramadhan perbanyak doa

Diriwayatkan dari Aisyah Radhiallahu Anhu, ia berkata: diriwayatkan dari Aisyah Radhiallahu Anhu ia berkata yang berbunyi:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ الْعَشْرُ شَدَّ مِئْزَرَهُ وَأَحْيَا لَيْلَهُ وَأَيْ

Artinya, 

"Jika telah datang 10 hari yang terakhir (di bulan Ramadhan), Nabi SAW mengencangkan sarungnya, menghidupkan malam-malamnya (dengan beribadah), dan membangunkan keluarganya (untuk beribadah)." (HR Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Ingin Mendapatkan Malam Lailatul Qadar, Malam Lebih Baik Dari 1000 Bulan, Inilah Tanda-tanda Nya

Di malam 10 terakhir Ramadhan hendaklah kita perbanyak berdoa dan memohon ampunan dari Allah SWT sehingga Allah SWT akan mengampuni segala dosa dan kesalahan yang telah kita perbuat sehingga berakhirnya Ramadhan kita kembali kepada Fitri sebagaimana bayi yang baru lahir.

Dalam suatu hadits dari Abu Hurairah Rasulullah SAW pernah bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya:

"Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan keikhlasan maka akan terlepas dari dosa-dosanya sehingga menjadi bersih kembali seperti bayi yang baru dilahirkan dari rahim ibunya." (HR. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:Inilah Ciri-ciri Orang yang Mendapatkan Lailatul Qadar. Berikut Penjelasannya.

Adapun doa di malam 10 Malam Terakhir Ramadhan adalah sebagai berikut: 

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Artinya:

"Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf yang pemurah. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami)."

Kemudian pada malam 10 terakhir Ramadhan hendaklah meninggalkan amalan-amalan Ramadhan yang mana memiliki keutamaan tersendiri dalam agama Islam. Adapun amalan yang dapat kita lakukan yaitu diantaranya: 

Dengan Menghidupkan Qiyamul lail dengan sholat-sholat sunnah, seperti taraweh witir, membaca Al-Qur'an tadarusan, mendalami kandungan Al-Qur'an, berdoa memohon ampunan dan permohonan hajat kita kepada Allah SWT baik dunia maupun akhirat, itikaf, dan perbanyak bersedekah serta berzikir, beristighfar, menjaga hubungan baik dengan kedua orang tua bagi yang masih hidup dan mendoakan secara khusus bagi orang tua yang sudah meninggal.

BACA JUGA:Berpuasa Ramadhan Itu Bulan Pendidikan Kesabaran & Puasa Adalah Setengah dari Kesabaran.

Selain itu 10 malam terakhir Ramadhan memiliki keutamaan 

Pertama: Terbebas dari Api Neraka 

Setiap bagian dari bulan Ramadhan memiliki keutamaan nya masing-masing, seperti  yang dikatakan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh al-Baihaqi berikut:

Hal itu dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi yang berbunyi: 

أوله رحمة، وأوسطه مغفرة، وآخره عتق من النار

Artinya: 

"Awal bulan Ramadhan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah terbebas dari Neraka."

BACA JUGA:Kamu Mau Rezeki Allah Permudah..??Amalkan Doa-doa Ini Usai Sholat Subuh. Berikut Doanya.

Selain itu Rasulullah SAW ketika 10 malam terakhir Ramadhan lebih meningkatkan kualitas puasa Ramadhan nya dengan bersungguh-sungguh sebagai di jelaskan dalam sebuah Hadist dari 'Aisyah Radhiallahu Anhu, ia berkata, yang berbunyi: 

كَانَ رَسُوْلُ اللهً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَجْتَهِدُ فِيْ الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مَا لَا يَجْتَهِدُ فِيْ غَيْرِهِ

Artinya:

"Dahulu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersungguh-sungguh di 10 terakhir di bulan Ramadhan lebih dari pada bersungguh-sungguhnya beliau di hari-hari lainnya." (HR. Muslim dan Ahmad).

BACA JUGA:Berpuasa Ramadhan Itu Bulan Pendidikan Kesabaran & Puasa Adalah Setengah dari Kesabaran.

Kedua: Malam Lailatul Qadar

Pada malam 10 terakhir Ramadhan terdapat 1 malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu malam Lailatul Qadar maka kita di perintah oleh Allah SWT untuk mencarinya 

Dalam Hadits Riwayat Bukhori juga mengungkapkan bahwa Rasulullah SAW mengatakan jika kita ingin mencari malam Lailatul Qadar maka bisa mencarinya pada witir sepuluh terakhir bulan Ramadhan Sebagaimana yang berbunyi: 

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ اْلاَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ (رواه البخارى)

Artinya: 

"Carilah olehmu sekalian lailatul qodar itu pada witir sepuluh terakhir di bulan Ramadhan" (HR. Bukhori)

Pada hadits lain Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu meriwayatkan jika Nabi Muhammad SAW menjelaskan apa yang kita dapatkan jika kita mengerjakan ibadah di malam Lailatul Qadar yaitu dosa-dosa kita akan diampuni berikut Hadist nya berbunyi:

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: 

"Siapa yang mengerjakan ibadah pada malam Qadar dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu". (Hadits Shahih, riwayat al-Bukhari: 1768 dan Muslim: 1268).

BACA JUGA:5 Keutamaan Membaca Al-Qur'an Sebagai Kitab Suci Umat Islam, Salah Satunya Memberikan Syafaat di Yaumil Akhir.

Itulah beberapa keutamaan, amalan dan doa yang dapat kita lakukan di 10 malam terakhir puasa Ramadhan semoga kita senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah sehingga kita dapat melaksanakan serangkaian kegiatan ibadah puasa Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya dan pada akhirnya kita menjadi insani yang bertaqwa dan mendapatkan ampunan Allah SWT. Aamiin Allahumma Aamiin. (djl) 

Sumber: