Kamu Ingin Meraih Malam Lailatul Qadar Ini 7 Amalan Untuk Kamu Raih Kemuliaannya.

Kamu Ingin Meraih Malam Lailatul Qadar Ini 7 Amalan Untuk Kamu Raih Kemuliaannya.

Kajian Islam. Meraih malam Lailatul Qadar --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - 10 Malam terakhir bulan suci Ramadhan sudah di depan mata artinya malam Lailatul Qadar sudah semakin dekat malam Lailatul Qadar adalah malam kemuliaan yang lebih baik dari malam seribu bulan. Allah SWT akan memberikan kemuliaan dan keutamaan malam Lailatul Qadar kepada orang yang bersungguh-sungguh dalam beribadah ada banyak amalan malam Lailatul Qadar yang bisa dilakukan pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan, meski tak ada seorang pun yang tahu kapan turunnya malam  Lailatul Qadar, Allah SWT telah menjanjikan bahwa di malam tersebut akan penuh keberkahan, 

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Ad Dukhan ayat 3-6 yang berbunyi:

إِنَّآ أَنزَلْنَٰهُ فِى لَيْلَةٍ مُّبَٰرَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ, أَمْرًا مِّنْ عِندِنَآ ۚ إِنَّا كُنَّا مُرْسِلِينَ , رَحْمَةً مِّن رَّبِّكَ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Artinya: 

"Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Maha mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS Ad Dukhan 3-6)

BACA JUGA:Ingin Mendapatkan Malam Lailatul Qadar, Malam Lebih Baik Dari 1000 Bulan, Inilah Tanda-tanda Nya

Meskipun kita di berikan secara pasti kapan datangnya malam Lailatul Qadar namun Rasulullah SAW memberikan gambaran bahwa malam Lailatul Qadar datang pada malam-malam ganjil di 10 malam terakhir Ramadhan 

Dalam Hadits Riwayat Ahmad dijelaskan bahwa Rasulullah SAW mengabarkan jika malam Lailatul Qadar jatuh di malam puluhan ganjil akhir bulan Ramadhan yaitu 21, 23, 25, 27, 29, atau di akhir malam Ramadhan berikut bunyinya:

اَخْبَرَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ قَالَ هِيَ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ فِى الْعَشْرِ اْلأَوَاخِرِ لَيْلَةَ اِحْدَيْ وَعِشْرِيْنَ اَوْثَلَثَةٍ وَعِشْرِيْنَ اَوْسَبْعٍ وَعِشْرِيْنَ اَوْ تِسْعٍ وَعِشْرِيْنَ اَوْ اَخِرِ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ مَنْ قَامَهَا اِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مِنْ ذَنْبِهِ مَا تَقَدَّمَ وَمَا تَأَخَّرّ . (رواه احمد)

Artinya:

"Rasulullah SAW mengabarkan kepada kami tentang Lailatul Qadar, beliau bersabda: dia (Lailatul Qadar) di bulan Ramadhan di puluhan yang akhir yaitu malam 21, 23, 25, 27 atau malam 29, atau di akhir malam Ramadhan. Barang siapa mengerjakan bangun untuk beribadah pada malam itu karena iman dan mengharap ridho Allah, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu dan yang akan datang" (HR. Ahmad)


Kajian Islam. Ciri-ciri malam Lailatul Qadar 

Berikut Amalan-amalan yang dapat dilakukan agar Allah SWT memberikan dan menganugerahkan malam Lailatul Qadar tersebut kepada kita semua.

Pertama: Perbanyak membaca Al Quran

Al-Qur'an Allah SWT turunkan kepada Umat Islam melalui Nabi Muhammad Rasulullah SAW pada bulan suci Ramadhan tepatnya pada malam 17 Ramadhan dan Al-Qur'an merupakan kitab suci kita umat Islam maka perbanyaklah membaca nya sebab Allah melipatgandakan pahala nya dan kelak Al- Qur'an dan puasa akan memberikan Syafaatnya untuk kita selain itu dengan demikian kita membaca semoga Allah SWT mempertemukan kita dengan malam Lailatul Qadar.

Berikut hadist bahwasanya Al-Qur'an dan Puasa akan memberikan Syafaatnya di akhirat kelak Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:

ﺍﻟﺼِّﻴَﺎﻡُ ﻭَﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥُ ﻳَﺸْﻔَﻌَﺎﻥِ ﻟِﻠْﻌَﺒْﺪِ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ، ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺍﻟﺼِّﻴَﺎﻡُ : ﺃَﻱْ ﺭَﺏِّ، ﻣَﻨَﻌْﺘُﻪُ ﺍﻟﻄَّﻌَﺎﻡَ ﻭَﺍﻟﺸَّﻬَﻮَﺍﺕِ ﺑِﺎﻟﻨَّﻬَﺎﺭِ، ﻓَﺸَﻔِّﻌْﻨِﻲ ﻓِﻴﻪِ، ﻭَﻳَﻘُﻮﻝُ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥُ : ﻣَﻨَﻌْﺘُﻪُ ﺍﻟﻨَّﻮْﻡَ ﺑِﺎﻟﻠَّﻴْﻞِ، ﻓَﺸَﻔِّﻌْﻨِﻲ ﻓِﻴﻪِ، ﻗَﺎﻝَ : ﻓَﻴُﺸَﻔَّﻌَﺎﻥِ

Artinya:

“Amalan puasa dan membaca Al-Qur’an akan memberi syafa’at bagi seorang hamba di hari kiamat. Puasa berkata: Wahai Rabb, aku telah menahannya dari makan dan syahwat di siang hari, maka izinkanlah aku memberi syafa’at kepadanya. Dan Al-Qur’an berkata: Aku menahannya dari tidur di waktu malam, maka izinkanlah aku memberi syafa’at kepadanya, maka keduanya pun diizinkan memberi syafa’at.” [HR. Ahmad, Shahih At-Targhib: 1429]

BACA JUGA:5 Keutamaan Membaca Al-Qur'an Sebagai Kitab Suci Umat Islam, Salah Satunya Memberikan Syafaat di Yaumil Akhir.

Kedua: Itikaf di masjid

Itikaf adalah ibadah yang dilakukan dengan menetap di dalam Masjid berdasarkan niat karena Allah, dengan syarat harus Muslim, baligh, berakal, serta suci dari hadas kecil maupun besar, dalam melaksanakan itikaf ini perlu dibarengi dengan berbagai rangkaian ibadah lainnya seperti banyak membaca Al Quran, Shalawat, berzikir, berdoa serta menunaikan Sholat fardu dan sunnah.

Ketiga: Sholat Sunnah

Amalan malam Lailatul Qadar selanjutnya yaitu mendirikan Sholat Sunnah taraweh, witir, atau qiyamul lail, seperti yang dilakukan Rasulullah SAW yang berbunyi: 

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم اذا دخل العشر احيا الليل وايقظ اهله وشد المئزر

Artinya: 

"Apabila Rasulullah SAW memasuki malam sepuluh terakhir bulan Ramadhan, beliau beribadah dengan sungguh-sungguh serta membangunkan anggota keluarganya."

BACA JUGA:Mau Amalan Pahala Ramadhan Mu Melimpah..?? Hayoo Kerjakan Amalan-amalan Ini

Keempat: Memperbanyak zikir

Di malam lailatul qadar Anda dapat mengamalkan zikir sebanyak mungkin kepada Nabi Muhammad SAW dan Allah SWT.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya."

Kelima: Membaca doa Lailatul Qadar

Setelah berzikir bisa lanjut memperbanyak bacaan doa lailatul qadar karena insyaAllah semua dosa-dosa mendapat ampunan dari Allah SWT.

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Artinya:

"Ya Allah, Engkau Maha memberikan maaf dan Engkau suka memberikan maaf, karenanya maafkanlah aku"

Keenam: Bersedekah

Amalan lain saat memasuki malam lailatul qadar yaitu memperbanyak bersedekah kepada sesama Muslim.

Bentuk sedekah ini tidak selalu harus uang, bisa juga makanan, sembako, atau barang-barang lain yang memang layak diberikan untuk sedekah.

BACA JUGA:4 Keutamaan Bersedekah di Bulan Suci Ramadan, Diantaranya Menyambung Silahturahmi.

Ketujuh: Membaca doa Sayyidul istighfar di waktu subuh

Menghidupkan malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan bisa dengan memperbanyak doa Sayyidul istighfar, terutama di waktu subuh, Berikut bacaan sayyidul istighfar.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: 

"Ya Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada Tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah imam sesuai perjanjianmu sebatas kemampuanku, aku berlindung kepadamu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepadamu, aku mengakui segala nikmatmu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku, sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau." (HR Bukhari)

Itulah amalan-amalan untuk meraih malam Lailatul Qadar semoga kita Allah SWT memperkenan kita untuk bertemu dengan. Lailatul Qadar yang malam nya lebih baik dari 1000 bulan. Aamiin Allahumma Aamiin. (djl) 

Sumber: