Ini lah Doa-doa Setiap Malam 10 Hari Kedua Bulan Suci Ramadhan. Ayo Kita Amalkan Bersama.

Ini lah Doa-doa Setiap Malam 10 Hari Kedua Bulan Suci Ramadhan. Ayo Kita Amalkan Bersama.

Kajian Islam. Doa-doa 10 malam kedua Ramadhan --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Alhamdulillah tanpa terasa kita sudah akan memasuki 10 malam kedua bulan suci Ramadhan yaitu malam 11 hingga 20 malam Ramadhan yang mana 10 malam pertama yaitu Allah SWT telah melimpahkan rahmat atau kasih sayangnya adapun 10 malam kedua ini yaitu Allah SWT akan memberikan Maghfirah nya atau malam-malam penuh ampunan untuk umat Muslim yang melakukan serangkaian ibadah puasa Ramadhan dengan ilmu dan perhitungan.
 
Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Huzaimah Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi: 
 
أَوَّلُ شَهْرِ رَمَضَانَ رَحْمَةٌ وَأَوْسَطُهُ مَغْفِرَةٌ وَآخِرُهُ عِشق مِنَ النَّارِ
Artinya: 
"10 hari pertama Ramadhan adalah rahmat, 10 hari kedua adalah maghfirah (ampunan) dan 10 hari terakhir merupakan ‘itqun minan Nar (pembebasan dari Neraka)" 
 
 
Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang setiap harinya memiliki nilai yang sangat istimewa maka Rasulullah SAW menekankan betapa pentingnya bagi kita agar senantiasa untuk berdoa agar kita umat Muslim terhindar dari Api Neraka sebab Doa merupakan interaksi langsung kita kepada Allah SWT atas keluh kesah permohonan hajat maupun permohonan ampunan atas dosa-dosa dan kemaksiatan yang telah kita perbuat di muka bumi ini dalam sebuah Hadist dijelaskan yang artinya: 
 
“Sesungguhnya, setiap hari (di bulan Ramadhan) Allah SWT membebaskan (beberapa Muslim) dari api neraka. Setiap Muslim yang berdoa (pada waktu tersebut), pasti dikabulkan.” (HR. Ahmad dan Abu Nu'aim).
 
 
Oleh sebab itu, bulan Ramadhan merupakan waktu mustajab untuk berdoa, termasuk di pertengahannya, yang merupakan fase pengampunan dari Allah SWT.
 
Agar mendapatkan ampunan Allah, berikut bacaan doa harian yang bisa kita diamalkan sebagai pinta dan harapan berikut Doa-doanya setiap malam mulai dari malam 11 hingga 20 Ramadhan 
 
Umat Islam dianjurkan untuk selalu berdoa kepada-Nya, karena Allah SWT Maha Mendengar dan Mengetahui.
Sesuai dengan perintah-Nya dalam Al-Qur'an Surat Al Mukmin ayat 60 yang berbunyi:
 
وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ
 
Artinya: 
“Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina".”
 

Kajian Islam. 10 malam kedua Ramadhan merupakan penuh ampunan 
 
Berikut Doa-doa yang musti kita baca di setiap masing-masing malam Ramadhan khususnya 10 malam kedua Ramadhan inilah Doa-doa nya dari 11 hingga 20 Ramadhan.
 
Pertama: Doa Hari ke-11 Ramadhan
 
اَللَّهُمَّ حَبِّبْ إِلَيَّ فِيْهِ الْإِحْسَانَ وَ كَرِّهْ إِلَيَّ فِيْهِ الْفُسُوْقَ وَ الْعِصْيَانَ وَ حَرِّمْ عَلَيَّ فِيْهِ السَّخَطَ وَ النِّيْرَانَ بِعَوْنِكَ يَا غِيَاثَ الْمُسْتَغِيْثِيْنَ.
 
Artinya: 
"Ya Allah, mohon tanamkanlah ke dalam diriku kecintaan kepada perbuatan baik dan tanamkanlah ke dalam diriku kebencian terhadap kemaksiatan dan kefasikan"
Mohon jauhkanlah dariku kemurkaan-Mu dan api Neraka dengan pertolongan-Mu, wahai Penolong orang-orang yang meminta pertolongan"
 
Kedua Doa Hari ke-12 Ramadhan
 
اَللَّهُمَّ زَيِّنِّيْ فِيْهِ بِالسِّتْرِ وَ الْعَفَافِ وَ اسْتُرْنِيْ فِيْهِ بِلِبَاسِ الْقُنُوْعِ وَ الْكَفَافِ وَ احْمِلْنِيْ فِيْهِ عَلَى الْعَدْلِ وَالإِنْصَافِ وَ آمِنِّيْ فِيْهِ مِنْ كُلِّ مَا أَخَافُ بِعِصْمَتِكَ يَا عِصْمَةَ الْخَائِفِيْنَ.
 
Artinya: 
Ya Allah, mohon hiasi lah aku di "bulan ini dengan penutup aib dan kesucian. Tutupi lah diriku dengan pakaian kecukupan dan kerelaan diri"
Janganlah Engkau jadikan diriku sebagai sasaran bala dan malapetaka dengan kemuliaan-Mu, wahai kemuliaan kaum muslimin"
 
 
Ketiga: Doa Hari ke- 13 Ramadhan
 
اَللَّهُمَّ طَهِّرْنِي فِيْهِ مِنَ الدَّنَسِ وَالْإِقْدَارِ وَصَبِّرْنِي فِيْهِ عَلَى كَائِنَاتِ الْأَقْدَارِ وَوَفِقْنِي فِيْهِ لِلتَّقَى وَصُحْبَةِ الْأَبْرَارِ بِعَوْنِكَ يَا قُرَّةَ الْعَيْنِ الْمَسَاكِيْنَ.
 
Artinya: 
"Ya Allah, sucikan lah diriku dari kotoran dan kejelekan. Berikanlah kesabaran padaku untuk menerima segala ketentuan"
Dan berikanlah kemampuan kepadaku untuk bertakwa, dan bergaul dengan orang-orang yang baik dengan bantuan-Mu, wahai dambaan orang-orang miskin"
 
Keempat: Doa Hari ke- 14 Ramadhan
 
اَللَّهُمَّ لَا تُوَخِذْنِي فِيْهِ بِالْعَشَرَاتِ وَاقِلْنِي فِيْهِ مِنَ الْخَطَايَا وَالْهَفَوَاتِ وَلَا تَجْعَلْنِي فِيْهِ عَرَضًا لِلْبَلَايَا وَالْآفَاتِ بِعِزَّتِكَ يَا عِزَّ الْمُسْلِمِينَ.
 
Artinya: 
"Ya Allah, janganlah Engkau hukum aku karena kekeliruan yang aku lakukan. Dan ampunilah aku dari kesalahan-kesalahan dan kebodohan"
 
 
Kelima: Doa Hari ke- 15 Ramadhan
 
اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِي فِيْهِ طَاعَةُ الْخَاشِعِيْنَ وَاشْرَحْ فِيْهِ صَدْرِيْ بِإِنَابَةِ الْمُحْبِتِيْنَ بِأَمَانِكَ يَا أَمَانَ الْخَائِفِينَ.
 
Artinya: 
"Ya Allah, berilah aku rezeki berupa ketaatan orang-orang yang khusyuk. Dan lapangkanlah dadaku dengan taubatnya orang-orang yang menyesal dengan keamanan-Mu, wahai ke mana untuk orang-orang yang takut"
 
Keenam: Doa Hari ke- 16 Ramadhan
 
اَللَّهُمَّ وَفِقْنِي فِيْهِ لِمُوَافِقَةِ الْأَبْرَارِ وَجَنِبْنِي فِيْهِ مُوَافَقَةَ الْأَشْرَارِ وَاوِنِي فِيْهِ بِرَحْمَتِكَ إِلَى دَارِ الْقَرَارِ بِالْهِيَتِكَ يَا إِلَهَ الْعَالَمِينَ.
 
Artinya: 
"Ya Allah, berikanlah aku kemampuan hidup sebagaimana kehidupan orang-orang yang baik. Dan jauhkanlah aku dari kehidupan orang-orang yang jahat"
Dan naungi lah aku dengan rahmat-Mu hingga sampai kepada alam akhirat. Demi ketuhanan-Mu wahai Tuhan seru sekalian alam.
 
Ketujuh: Doa Hari ke- 17 Ramadhan
 
اَللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيْهِ لِصَالِحِ الْأَعْمَالِ وَاقْضِ لِيْ فِيْهِ الْحَوَائِجَ وَالْأَمَالِ يَا مَنْ لَا يَحْتَاجُ إِلَيَّ التَّفْسِيرِ وَالسُّوَالِ يَا عَالِمًا بِمَا فِي صَدْرِ الْعَالَمِيْنَ صَلِّ اللَّهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَالِهِ الطَّاهِرِينَ
 
Artinya: 
"Ya Allah, tunjukkanlah aku kepada amal kebajikan dan penuhilah hajat serta cita-citaku. Wahai Yang Maha Mengetahui keperluan. Tanpa pengungkapan permohonan"
Wahai Yang Maha Mengetahui segala yang ada di dalam hati seluruh alam. Shalawat atas Muhammad dan keluarganya yang suci.
 
 
Kedelapan: Doa Hari ke- 18 Ramadhan
 
اَللَّهُمَّ نَبِّهْنِيْ فِيْهِ لِبَرَكَاتِ أَسْحَارِهِ وَ نَوِّرْ فِيْهِ قَلْبِيْ بِضِيَاءِ أَنْوَارِهِ وَ خُذْ بِكُلِّ أَعْضَائِيْ إِلَى اتِّبَاعِ آثَارِهِ بِنُوْرِكَ يَا مُنَوِّرَ قُلُوْبِ الْعَارِفِيْنَ
 
Artinya: 
"Ya Allah, beritahukanlah kepadaku di bulan ini segala berkah yang tersimpan di dua pertiga malamnya, terangkan hatiku di bulan ini dengan cahayanya"
Dan bimbinglah seluruh anggota tubuhku di bulan ini untuk mengikuti tanda-tanda keagungannya. Dengan cahaya-Mu wahai penerang hati para 'arif.
 
Kesembilan: 
Doa Hari ke-19 Ramadhan
 
اَللَّهُمَّ وَفِّرْ فِيْهِ حَظِّيْ مِنْ بَرَكَاتِهِ وَ سَهِّلْ سَبِيْلِيْ إِلَى خَيْرَاتِهِ وَ لاَ تَحْرِمْنِيْ قَبُوْلَ حَسَنَاتِهِ يَا هَادِيًا إِلَى الْحَقِّ الْمُبِيْنِ
Artinya : 
"Ya Allah, jadikanlah aku di bulan ini lebih bisa menikmati berkat-berkat-Mu dan mudahkanlah jalan-ku untuk mendapat kebaikan-kebaikannya"
Jangan Engkau haramkan aku untuk menerima kebaikan-kebaikannya. Wahai Pemberi Petunjuk kepada jalan yang terang"
 
Kesepuluh:
Doa Hari ke-20 Ramadhan
 
اَللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ الْحِنَانِ وَأَغْلِقُ عَنِّي فِيْهِ أَبْوَابَ النِّيْرَانِ وَوَفِقْنِي فِيْهِ لِتَلَاوَةِ الْقُرْآنِ يَا مَنْزِلَ السَّكِينَةَ فِي قُلُوبِ الْمُؤْمِنِيْنَ.
 
Artinya: 
"Ya Allah, bukakanlah aku pintu-pintu surga dan tutuplah bagiku pintu-pintu neraka, dan berikanlah kemampuan padaku untuk membaca Al-Quran, wahai Penurun ketenangan di dalam hati orang- orang mukminin"
 
 
Demikianlah rangkuman doa-doa selama 10 hari malam kedua Ramadhan yaitu 11 hingga 20 Ramadhan yang dapat kita amalkan dan kita manfaatkan untuk berdoa sebab 10 malam kedua Ramadhan merupakan fase ampunan dari Allah SWT untuk marilah kita perbanyak berdoa berzikir dan sholat malam seperti Sholat taraweh dan witir serta Sholat -Sholat Sunnah lainnya dan bersedekah sehingga kita dapat meraih Rahmat kasih sayang dan ampunan Allah SWT pada akhirnya kita mendapatkan predikat tattaqun dari Allah SWT. Aamiin Allahumma Aamiin. (djl) 
 

Sumber: