Ini lah Doa-doa Pada Setiap Malam Pada 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan. Berikut Doanya

Ini lah Doa-doa Pada Setiap Malam Pada 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan. Berikut Doanya

Kajian Islam. Doa-doa 10 malam pertama puasa Ramadhan --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Doa merupakan antraksi langsung seorang hamba kepada Allah SWT untuk menyampaikan semua keluh kesah doa dan harapan kepada Allah SWT sebagai tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang dan hal itu merupakan tugas kita sebagai manusia yaitu berdoa berusaha dan berikhtiar.
Namun ada waktu terbaik ketika berdoa yaitu selesai Sholat lima waktu usai sholat malam dan banyak sekali waktu yang mustajab untuk kita berdoa kepada Allah SWT. 
 
Pada bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh Rahmat ampunan dan barokah yang mana setiap malam-malam Ramadhan memiliki keutamaan pada setiap malam Ramadhan ada doa-doa nya berikut doa-doa setiap malam Ramadhan berikut ini doa-doa pada 10 malam pertama puasa Ramadhan.
 
 
Doa Hari Pertama Ramadhan
 
Adapun doa pada malam pertama doanya sebagai berikut:
اللَّهُمَّ اجْعَلْ صِيَامِي فِيْهِ صِيَامَ الصَّائِمِيْن وَقِيَامِي فِيْهِ قِيَامَ الْقَائِمِيْنَ وَنَبِّهْنِي فِيْهِ عَنْ نَوْمَةِ الْغَافِلِيْنَ . وَهَبْ لِي جُرْمِي فِيْهِ يَا إِلَهَ العَالَمِيْنِ وَاعْفُ عَنِّي يَا عَافِياً عَنِ الْمُجْرِمِيْن
Artinya: 
"Ya Allah, jadikan puasaku di bulan ini puasa mereka yang shiyam. Dan ibadah malamku termasuk ibadah mereka yang qiyam. Bangunkan aku dari tidurnya orang-orang yang lalai. Ampuni dosa-dosaku, wahai Tuhan semesta alam. Maafkan segala kesalahanku, wahai yang mengampuni setiap hamba-Nya yang memohon ampunan."
 
Doa Hari Kedua Ramadhan
اللَّهُمَّ قَرِّبْنِي فِيهِْ إِلَى مَرْضَاتِكَ وَجَنِّبْنِي فِيْهِ مِنْ سَخَطِكَ وَنَقَمَاتِكَ وَوَفِّقْنِي فِيْهِ لِقِرَائَةِ آيَاتِكَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن
Artinya: 
"Ya Allah, dekatkan aku di bulan ini pada keridhaan-Mu. Jauhkan aku di dalamnya dari kemurkaan dan kebenian-Mu. Bimbinglah aku dengan kasih-Mu untuk membaca ayat-ayat-Mu. Wahai yang Maha Pengasih dari segala yang mengasihi."
 

Kajian Islam. Doa-doa setiap malam Ramadhan 
 
Doa Hari Ketiga Ramadhan
اللَّهُمَّ ارْزُقْنِى فِيْهِ الذِّهْنَ وَالتَّنْبِيْهَ وَبَاعِدْنِي فِيْهِ مِنَ السَّفَاهَةِ وَالتَّمْوِيْهِ وَاجْعَلْ لِى نَصِيْباً مِنْ كُلِّ خَيْرٍ تُنْزِلُ فِيْهِ بِجُوْدِكَ يَا أَجْوَدَ الْأَجْوَدِيْن
Artinya: 
"Ya Allah, karuniakan kepadaku di bulan ini pemahaman dan kecerdasan. Jauhkan aku dari kebodohan dan kejahilan. Anugerahkan padaku bagian dari setiap kebaikan yang Engkau turunkan di bulan ini. Wahai Yang Maha Dermawan dari segala yang dermawan."
 
Doa Hari Keempat Ramadhan
اللَّهُمَّ قَوِّنِى فِيْهِ عَلَى إِقَامَةِ أَمْرِكَ وَأَذِقْنِي فِيْهِ حَلَاوَةَ ذِكْرِكَ وَ أَوْزِعْنِي فِيْهِ لَآدَاءِ شُكْرِكَ بِكَرَمَتِكَ وَاحْفَظْنِى فِيْهّ بِحِفْظِكَ وَسِتْرِكَ يَا أَبْصَرَ النَّاظِرِين.
Artinya: 
"Ya Allah, berikan kepadaku di bulan ini kekuatan untuk melaksanakan perintah-Mu. Biarkan aku merasakan nikmatnya berzikir kepada-Mu. Ilhamkan kepadaku untuk senantiasa bersyukur kepada-Mu. Lindungi aku dengan penjagaan dan perlindungan-Mu. Wahai yang Maha Melihat segala sesuatu."
 
 
Doa Hari Kelima Ramadhan
اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي فِيْهِ مِنَ الْمُسْتَغْفِرِيْنَ وَاجْعَلْنِي فِيْهِ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ الْقَانِتِيْن وَاجْعَلْنِي فِيْهِ مِنْ أَوْلِيَائِكَ الْمُقَرَّبِيْنَ بِرَأْفَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن
Artinya: 
"Ya Allah, jadikan aku di bulan ini mereka yang beristighfar kepada-Mu. Masukan aku ke dalam kelompok merka yang saleh di antara hamba-hamba-Mu. Tuliskan aku di antara kelompok para kekasih yang dekat dengan-Mu. Demi kasih-Mu, Wahai Yang Maha Pengasih dari segala yang mengasihi."
 
Doa Hari Keenam Ramadhan
اللَّهُمَّ لَا تَخْذُلْنِي فِيْهِ لِتَعَرُّضِ مَعْصِيَتِكَ وَلَا تَضْرِبْنِي بِسِيَاطِ نَقِمَتِكَ وَزَحْزِحْنِى فِيْهِ مِنَ مُوْحِبَاتِ سَخَطِكَ بِمَنِّكَ وَ آيَادِيْكَ يَا مُنْتَهَى رَغْبَةِ الرَّاغِبِيْن
Artinya:
"Ya Allah, jangan Engkau rendahkan aku di bulan ini untuk bermaksiat kepada-Mu. Jangan Engkau dera aku dengan cambuk kemurkaan-Mu. Jauhkan aku dari datangnya siksaan-Mu. Demi anugerah-Mu, Wahai Tumpuan para pendamba."
 
Doa Hari Ketujuh Ramadhan
اللَّهُمَّ أَعِنِّى فِيْهِ عَلَى صِيَامِهِ وَقِيَامِهِ وَجَنِّبْنِى فِيْهِ مِنْ هَفَوَاتِهِ وَاثَامِهِ وَارْزُقْنِي فِيْهِ ذِكْرَكَ بِدَوَامِهِ بِتَوْفِيْقِكَ يَا هَادِيَ الْمُضِلِّيْنَ
Artinya: 
"Ya Allah, bantulah aku di bulan ini untuk menu- naikan puasa dan menegakkan shalat-shalat- nya. Hindarkan aku dari kesalahan dan dosa, anugerahkan padaku kelestarian dalam berzikir pada-Mu. Demi taufiq-Mu, Wahai Pemberi Petunjuk orang-orang yang tersesat."
 
 
Doa Hari Kedelapan Ramadhan
اللَّهُمَّ ارْزُقْنِي فِيْهِ رَحْمَةَ الْأَيْتَامِ وَاِطْعَامَ الطَّعَامِ وَاِفْشَاءَ السَّلَامِ وَصُحْبَةَ الْكِرَامِ بِطَوْلِكَ يَامَلْجَأَ الْأَمِلِيْنَ
Artinya: 
"Ya Allah, anugerahkan kepadaku di bulan ini, rasa sayang kepada anak-anak yatim, memberi makan kepada orang-orang yang lapar, menebarkan salam dan persahabatan dengan mereka yang dimuliakan. Demi kemurahan-Mu, Wahai Tumpuan para pengharap."
 
Doa Hari Kesembilan Ramadhan
اللَّهُمَّ اجْعَلْ لِي فِيْهِ نَصِيْباً مِنْ رَحْمَتِكَ الوَاسِعَةِ واهْدِنِي فِيْهِ لِبَرَاهِيْنِكَ السَّاطِعَةِ وَخُذْ بِنَاصِيَتِى إِلَى مَرْضَاتِكَ الْجَامِعَةِ بِمَحَبَّتِكَ يَا أَمَلَ الْمُشْتَاقِيْنَ
Artinya: 
"Ya Allah, limpahkan padaku di bulan ini, bagian dari luasnya rahmat-Mu. Bimbinglah aku untuk memahami tanda-tanda kekuasaan-Mu. Peganglah ubun-ubunku (tariklah aku) menuju himpunan keridhaan-Mu. Demi Cinta-Mu, Wahai Tujuan para perindu."
 
 
Doa Hari Kesepuluh Ramadhan
اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى فِيْهِ مِن الْمُتَوَكَّلِيْنَ عَلَيْكَ وَاجْعَلْنِى فِيْهِ مِنَ الْفَائِزِيْنَ لَدَيْكَ وَاجْعَلْنِي فِيْهِ مِنَ الْمُقَرَّبِيْنَ إِلَيْكَ بِأَحْسَانِكَ يَاغَايَةَ الطَّالِبِيْنَ
Artinya: 
"Ya Allah, jadikan aku di bulan ini, termasuk mereka yang bertawakal kepada-Mu. Gabungkan aku ke dalam kelompok mereka yang beruntung di sisi-Mu. Himpunkan aku bersama mereka yang dekat dengan-Mu. Wahai Dambaan para pencari."
 
Itulah Doa-doa 10 malam pertama puasa Ramadhan yang mestinya kita lakukan di samping Doa-doa yang lain mudah-mudahan apa yang menjadi harapan kita semua apa yang menjadi Doa kita di ijabah oleh Allah SWT lebih-lebih ampunan nya atas semua rangkaian ibadah puasa Ramadhan yang kita lakukan, ayo kita manfaatkan semaksimal mungkin sisa Ramadhan yang masih untuk kita manfaatkan untuk meraih keberkahan Rahmat kasih sayang, ampunan Allah SWT. (djl) 

Sumber: