Mau Amalan Pahala Ramadhan Mu Melimpah..?? Hayoo Kerjakan Amalan-amalan Ini

Mau Amalan Pahala Ramadhan Mu Melimpah..?? Hayoo Kerjakan Amalan-amalan Ini

Kajian Islam. Amalan Ramadhan yang melimpah dan berlipat ganda --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Bulan Suci Ramadhan bulan yang Agung bulan penuh limpahan Rahmat penuh kasih sayang penuh ampunan dan pada akhirnya terbebas dari jilatan Api Neraka. Puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap umat Muslim namun tidak semua orang yang di panggil untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan kecuali orang-orang yang beriman. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah 183 yang berbunyi: 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: 

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa"

Berdasarkan ayat di atas jelas hanya orang-orang yang beriman saja yang panggil Allah SWT, bulan suci Ramadhan Allah melipatgandakan pahala di Allah SWT. Untuk itu mari kita berlomba-lomba untuk meraih ampunan dan pahala dari Allah SWT.

Amalan yang mendatangkan banyak pahala tersebut tentunya dengan menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan shalat lima waktu.  Selain puasa dan Shalat lima waktu, ada juga amalan-amalan lainnya, berikut ini beberapa amalan di bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan amalan ibadah sehingga kita mendapatkan limpahan pahala kebaikan dari Allah SWT 

BACA JUGA:Boleh Kita Menyikat Gigi Di Siang Hari Saat Puasa..?? Ini Penjelasannya

Pertama: Makan Sahur

Makan Sahur sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW sebelum kita melaksanakan puasa Ramadhan di siang hari agar fisik kita kuat dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan selain itu dengan makan Sahur terdapat keberkahan di dalam nya.

Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah Hadits dari Abu Sa'id Al Khudri R.A yang menyebut bahwa Rasulullah SAW pernah berkata, Allah SWT dan para malaikat bersalawat atas orang-orang yang bersahur berikut Hadisnya 

السُّحُورُ أَكْلَةٌ بَرَكَةٌ فَلَا تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

Artinya: 

"Bersahur itu adalah suatu keberkahan, maka janganlah kamu meninggalkannya, walaupun hanya dengan seteguk air, karena Allah dan para malaikat bersalawat atas orang-orang yang bersahur (makan sahur)," (HR Ahmad).

BACA JUGA:3 Fase Keutamaan Puasa Ramadhan Penuh Rahmat Kasih Sayang Allah, Ampunan Dan Terbebas Dari Jilatan Api Neraka

Kedua: Menyegerakan berbuka puasa

Setelah makan Sahur ketika bulan suci Ramadhan kita juga berbuka ketika Matahari tenggelam atau tiba waktu Maghrib maka kita harus bersegera untuk berbuka. Dari Sahl bin Saad bahwa Nabi SAW bersabda yang berbunyi:

لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

 Artinya:

"Umatku masih dalam kebaikan selama mendahulukan berbuka." (HR. Bukhari dan Muslim).

Ketiga: Membaca Al-Qur'an

Al-Qur'an merupakan kitab Suci umat Islam tentunya sebuah kewajiban untuk senantiasa membacanya lebih-lebih lagi di bulan suci Ramadhan apalagi sampai mengkhatamkan sesungguhnya dalam satu huruf terdapat 10 pahala kebaikan Subhanallah maka ayo perbanyak bacaan Al-Qur'an sebagai kita suci kita.


Kajian Islam. Sedekah bagian dari amalan yang melimpah di bulan suci Ramadhan

Keempat: Perbanyak sedekah

Amalan selanjutnya yang dapat limpahan pahala di sisi Allah SWT adalah sedekah lebih-lebih lagi di bulan suci Ramadhan ini sebab Rasulullah SAW ketika bulan suci Ramadhan sedekahnya justru meningkat 

Hal tersebut juga tercantum dalam Hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi yang berbunyi:

عَنْ اَنَسٍ قِيْلَ يَارَسُولَ اللهِ اَيُّ الصَّدَقَةِ اَفْضَلُ؟ قَالَ: صَدَقَةٌ فِى رَمَضَانَ

Artinya:

”Dari Anas RA, sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadhan”


Kajian Islam. Amalan Taraweh salah satu amalan pahalanya melimpah

Kelima: Sholat Tarawih

 

Sholat taraweh hukumnya Sunnah Muakad yaitu Sholat Sunnah yang sangat di anjurkan oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW sebab setiap malam Sholat taraweh nya terdapat keutamaan masing-masing ibadah Sunnah ini juga jadi salah satu amalan bulan Ramadhan yang memiliki pahala berlipat-lipat salah satu keistimewaan nya yaitu laksana melaksanakan sholat semalam suntuk Berikut bunyi Hadist nya yang berbunyi:

مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَة

Artinya: 

"Barang siapa yang ikut melaksanakan sholat tarawih berjamaah bersama imam sampai selesai maka baginya akan dicatat seperti salat semalam penuh." (HR. Abu Daud dan Turmudzi).

BACA JUGA:Tahukah Kamu Sejarah Tarawih Pertama Kali Dilakukan Oleh Nabi di Masjid Nabawi. Ini Kisahnya.

Ke-enam: I’tikaf dan Dzikir

 

I’tikaf artinya mendekatkan diri pada Allah  SWT yang merupakan salah satu amalan yang bisa dilakukan di bulan suci Ramadhan, umumnya, I’tikaf dilakukan di dalam Masjid. 

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dari ‘Aisyah Radhiyallahu anha, bahwasanya ia berkata yang berbunyi:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ الْعَشَرَ اْلأَوَاخِـرَ شَدَّ مِئْزَرَهُ وَأَحْيَا لَيْلَةً وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ

Artinya:

“Jika masuk sepuluh hari terakhir, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengencangkan ikat pinggangnya, menghidupkan malam dan membangunkan isteri-isterinya.”

Arti mengencangkan ikat pinggangnya adalah menjauhi isteri-isterinya (dari menggauli mereka), sebagai ungkapan bahwa beliau melakukan i’tikaf.


Kajian Islam. Berbagi makanan dan takjil merupakan alasan pahala puasa Ramadhan yang melimpah

Ketujuh: Memberi makan orang yang berpuasa

Amalan lain yang dapat ganjaran pahala melimpah dan berlipat ganda memberi makan atau berbagi takjil untuk orang-orang yang berpuasa, dengan kita memberi makan atau berbagi takjil di bulan Suci Ramadhan maka kita akan mendapatkan pahala sama seperti yang berpuasa tersebut tanpa sedikitpun mengulangi pahala yang berpuasa itu Ada sebuah Hadits dari Zaid bin Khalid Al Juhani ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Artinya:

"Barangsiapa yang memberi makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang itu." (HR At-Tirmidzy).

BACA JUGA:Keutamaan Buah Kurma Hingga Di Sunnahkan Ketika Sahur dan Berbuka, Bahkan Allah Abadikan Kurma Dalam Al-Qur'an

Kedelapan: Menjaga lidah dan anggota tubuh

Bulan Suci Ramadhan kita harus mem puasa kan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa tidak hanya menahan makan dan minum akan tetapi juga menjaga lidah dari berkata-kata yang buruk apalagi hal-hal yang dapat menyakiti hati orang seperti Ghibah, Adu domba dusta dan berbohong atau pun mengambil yang bukan hak kita.

Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah  Hadist yang diriwayatkan dari Abu Dawud disebutkan yang berbunyi:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الصِّيَامُ جُنَّةٌ إِذَا كَانَ أَحَدُكُمْ صَائِمًا فَلَا يَرْفُثْ وَلَا يَجْهَلْ فَإِنْ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ أَوْ شَاتَمَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّي صَائِمٌ إِنِّي صَائِمٌ

Artinya:

“Dari Abu Hurairah bahwa Nabi ﷺ berkata, “Puasa adalah tameng, apabila salah seorang diantara kalian berpuasa maka janganlah ia berkata kotor, dan melakukan perbuatan bodoh. Apabila terdapat seseorang memusuhinya atau mencelanya maka hendaknya dia mengatakan, “Aku sedang berpuasa.”

BACA JUGA:Ini Hikmah Puasa Ramadhan, Meningkatkan Rasa Syukur Dan Mendidik Kesabaran

Kesembilan: Memperbanyak doa

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang mana terdapat keberkahan dan penuh ampunan, kita manusia tempatnya dosa dan kemaksiatan maka dalam bulan suci Ramadhan bulan yang penuh ampunan perbanyak lah berdoa mohon ampunan dan mohon segala hajat 

Sebagaimana Hadits dari Abu Hurairah R.A berkata, Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ 

Artinya: 

"Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan" (HR Ahmad). 

Demikian lah beberapa amalan yang pahalanya melimpah yang dapat kita kejar selama bulan suci Ramadhan untuk itu dari sisa bulan suci Ramadhan yang masih ada ini mari kita manfaatkan dan berlomba-lomba untuk meraih keberkahan Rahmat dan Kasih Sayang Allah SWT serta ampunan dan pada akhirnya kita terlepas dari jilatan Api Neraka sehingga menjadi orang yang bertaqwa sebagai mana yang diharapkan dari Al-Qur'an Surat Al-Baqarah 183 Aamiin. (djl) 

Sumber: