PMD Seluma Akui Banyak BUMDes Tak Sampaikan Laporan, Tak Tau Masih Hidup Apa Sudah Mati

 PMD Seluma Akui Banyak BUMDes Tak Sampaikan Laporan, Tak Tau Masih Hidup Apa Sudah Mati

Kadis PMD Seluma Nofetri--

 

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma.Disway.id,  - Jumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang hingga saat ini masih aktif di wilayah Kabupaten Seluma, ternyata tidak ada. Saat dikonfirmasi Radar Seluma Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Seluma mengatakan,  pihaknya sampai saat ini tidak memiliki data terkait dengan BUMDes yang masih aktif di Kabupaten Seluma.

 

BACA JUGA:Mobil Sport Mewah Terbaru Populer di Dunia Otomotif

BACA JUGA: Menpora Bantah Terima 27 M, Tapi Kenal dan Bertemu Galumbang

 

Hal tersebut dikarenakan, sejak berdirinya BUMDes di setiap desa yang ada di wilayah Kabupaten Seluma, sebanyak 182 desa. Awalnya di tahun 2020 yang lalu. Namun hingga kini, BUMDes tidak pernah menyampaikan laporan ke desa ataupun ke Dinas PMD Kabupaten Seluma. Sehingga pihak Dinas PMD Kabupaten Seluma, tidak bisa memantau berapa desa yang BUMDes nya masih aktif hingga saat ini.

 

"Kita tidak bisa memantau terkait BUMDes yang masih aktif. Karena BUMDes tidak menyampaikan laporannya ke kita (Dinas PMD)," sampai Kepala Dinas PMD Kabupaten Seluma, Nopetri Elmanto, S Sos MM saat berusaha dikonfirmasi Radar Seluma.

 

Seharusnya, seluruh BUMDes setiap akhir tahun harus melakukan rapat. Bahkan rapat akhir tahun harus dilaporkan ke masing-masing desa dan disampaikan ke pihak Dinas PMD Kabupaten Seluma. Akan tetapi, BUMDes maupun desa saat ini sudah tidak menyampaikan laporan kegiatannya ke Dinas PMD Kabupaten Seluma. Sehingga pihak Dinas PMD Kabupaten Seluma tidak mengetahui terkait dengan BUMDes yang masih aktif.

 

"Iya, seharusnya setiap rapat akhir tahun. Mereka menyampaikan perkembangan usaha dari BUMDes itu. Selain dilaporkan ke desa juga disampaikan ke kita (Dinas PMD). Akan tetapi sampai saat ini, baik desa maupun BUMDes itu sendiri sudah tidak menyampaikan laporan kegiatannya ke kita," terangnya.

Sumber: