Penerima BLT Semakin Berkurang di BS...

Penerima BLT Semakin Berkurang di BS...

Kepala Bappeda-Litbang BS, Fikri Al Jauhari S.STP.MM--

BACA JUGA:Sasaran Dukcapil Seluma 35 Ribu Warga e-KTP Digital, Tercapai Gak Ya?

Untuk data dalam P3KE, lanjut Fikri menyebut Kabupaten Bengkulu Selatan sebanyak 79 ribu kepala rumah tangga dari total 170 Kepala Keluarga (KK). Artinya ada 91 ribu KK yang tidak miskin, tetapi untuk data tersebut masih harus kita up date lagi agar penyaluran nanti tepat sasaran. 

 

"Penerima terdaftar dalam P3KE bagi masyarakat yang sudah menerima bantuan sosial dari pemerintah baik itu PKH, BPNT dan sebaginya tidak menjadi persoalan untuk mendapatkan BLT. Saat ini diperkenankan mendapatkan bantuan berlapis,"tutur Fikri.

 

Selain itu, Fikri menyebut untuk definisi kemiskinanan ada dua hal, yang pertama penaggulangan dan yang kedua pengentasan.

 

Untuk penanggulangan apa yang dibutuhkan untuk melakukan penaggulangan, kalau orang miskin tidak bisa makan maka diberikan beras serta kebutuhan pokok, tidak punya uang untuk pendidikan dibantu seperti program Kartu Indonesia Pintar (KIP).

 

Sedangkan untuk pengentasan berbeda dengan penaggulangan miskin. Karena, bukan akibat yang dibantu tetapi berbicara penyebab orang tersebut miskin, seperti tidak punya pekerjaan maka Pemerintah harus menyediakan lapangan pekerjaan sehingga orang miskin bisa bekerja untuk mendapatkan uang untuk mencukupi kebutuhannya.

 

BACA JUGA:PUPR Seluma Buka Jalan ke 6 Simpang Seluma

 

"Kita harus lebih banyak bicara kepada pengentasan, seperti filosopi, dan jangan memberikan ikan, harus memberikan alat pancing agar bisa mendapatkan ikan sebanyak yang diinginkan, kalau diberikan ikan hanya mendapatkan apa yang diberikan,”ucap Fikri.(yes)

 

Sumber: