Sasaran Dukcapil Seluma 35 Ribu Warga e-KTP Digital, Tercapai Gak Ya?

Sasaran Dukcapil Seluma 35 Ribu Warga e-KTP Digital, Tercapai Gak Ya?

Irzani, Kadis Dukcapil--

 
 
 
 
 
PEMATANG AUR, radarselumaonline, - Untuk di tahun 2023 ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Seluma diberikan target oleh pusat (Kementerian Dalam Negeri RI melalui Ditjen Dukcapil) untuk program aplikasi Identitas Kependudukan Digital atau biasa disebut E-KTP digital.
 
Dengan hal tersebut, pihak Disdukcapil Kabupaten Seluma akan menempuh berbagai cara, agar masyarakat segera mendukung aplikasi tersebut.
 
 
 
"Kita akan mulai giat melakukan sosialisasi dan melakukan 'jemput bola' agar masyarakat segera mendaftar E-KTP digital. Termasuk ketika dilaksanakan program pekan sagu yang dimana Disdukcapil mendatangi masyarakat ketika hari sabtu minggu dan setiap masyarakat yang berurusan ke kantor Disdukcapil akan disarankan untuk mendaftarkan E-KTP digital," sampai Kepala Disdukcapil Kabupaten Seluma, Hj Irzani SIP MSi.
 
 
 
 
Dijelaskan, adapun berbagai kemudahan dan kenyamanan hingga saat ini terus didukung Disdukcapil Kabupaten Seluma. Dengan salah satunya melalui aplikasi Identitas Kependudukan Digital atau biasa disebut E-KTP digital.
 
 
 
Aplikasi tersebut merupakan inovasi dari Kementerian Dalam Negeri RI melalui Ditjen Dukcapil yang diperuntukkan bagi masyarakat untuk mempermudah di dalam melakukan transaksi layanan publik. Termasuk dalam wilayah Kabupaten Seluma.
 
 
 
"E-KTP digital secara fungsi sama saja dengan E-KTP bentuk fisik, hanya saja lebih praktis dan sudah tersedia di HP yang berbasis Android. Bedanya di E-KTP digital, sejauh ini dia juga dapat menampilkan Kartu Keluarga (KK), NPWP, BPJS dan beberapa kartu identitas lain," terangnya.
 
 
Adapun cara pendaftarannya yakni dengan membuka aplikasi play store yang ada di HP android, kemudian pilih dan download aplikasi bernama Identitas Kependudukan Digital. Setelah itu, masyarakat menemui Disdukcapil terdekat untuk melakukan scan kode QR pada petugas.
 
 
Adapun manfaat dari E-KTP digital yakni penggunaan lebih praktis, lebih cepat, tanpa blanko, tidak perlu membawa fisik E-KTP karena tersedia di HP, aman dari pemalsuan data penduduk, mengurangi masalah E-KTP yang sering hilang.
 
"Kedepannya mungkin ada beberapa fitur lain yang akan segera tersedia di aplikasi tersebut. Sehingga nantinya bisa dikatakan aplikasi tersebut merupakan dasar dari pelayanan administrasi," pungkasnya.(ctr)

 

 
 
 

Sumber: