88 Atlet Ikuti Open Turnamen Catur Bupati Seluma Cup

88 Atlet Ikuti Open Turnamen Catur Bupati Seluma Cup

--

 

www.radarseluma.disway.id - Sebanyak 88 atlet catur senior dan junior mengikuti Open Turnamen Catur Cepat Bupati Seluma Tahun 2022, yang diselenggarakan oleh Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Seluma. 


--

Selain dalam rangka Hari Pahlawan, open tournament yang diselenggarakan di Aula Bappeda Seluma, Sabtu (19/11/2022) juga sebagai sarana  mengasah kemampuan para atlet catur dan juga untuk menjaring bibit-bibit unggul dalam olah raga catur. 

 

"Kita hari ini melaksanakan kegiatan turnamen catur se-Provinsi Bengkulu. Dari seluruh kabupaten di Provinsi Bengkulu kita undang untuk ikut dalan kegiatan ini. Ini yang kedua kalinya kita laksanakan di Kabupaten Seluma.

 

Kali ini kegiatannya dalam rangka memperingati hari pahlawan," kata Ketua Panitia, Marnaik Sianturi.

 

 

Sianturi menjelaskan, para peserta tidak hanya berasal dari Kabupaten Seluma, namun juga dari beberapa daerah di luar Seluma, bahkan juga dari Muara Enim, dan Lubuk Linggau. 

 

"Ada 88 peserta. Ada juga pesrta dari Jambi, Sumatera Selatan, dan Linggau mereka juga ikut serta dalam kegiatan ini. Untuk kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari. Hari ini ada empat babak dan besok lima babak," terangnya. 

 

Sementara itu Ketua Percasi Seluma Yulian Iswandi yang juga hadir langsung dalam kegiatan ini menyampaikan. Melalui turnamen ini, Percasi ingin mengenalkan Kabupaten Seluma. Mengajak orang untuk datang ke Seluma dengan sarana kegiatan open turnamen catur. "Melalui ajang ini kita ingin Seluma memiliki bibit pecatur. Tanpa ada event semacam ini kita tidak tahu kalau ada bibit yang terpendam atau yang memiliki potensi namun belum digali. Kemudian kegiatan ini merupakan mendukung langkah kebijakan bupati untuk menjadikan Seluma Alap," jelasnya.

 

 

Ketua Umum KONI Kabupaten Seluma, Rudi Hernawan menyampaikan perlu dilakukan regenasi terhadap atlet catur di Seluma. Dan dirinya mengatakan, KONI Seluma sangat mendukung penuh adanya Turnamen Bupati Seluma Cup. Dari turnamen ini, KONI berharap ada atlet-atlet yang berprestasi dikancah yang lebih tinggi lagi. 

 

“Kita tahu, untuk atlet catur di Seluma cukup banyak. Namun kita saat ini sangat minim atlet catur yang junior. Kita mengharapkan melalui kegiatan turnamen semacam ini dapat meregenerasi atlet catur di Seluma. Dengan turnamen ini, KONI berharap, muncul atlet-atlet yunior sebagai upaya  regenerasi atlet, khususnya di Seluma,” tutupnya.

Kemudian untuk juara I dalam turnamen ini akan mendapatkan hadiah uang Rp2.500.000, juara II Rp2.000.000, dan juara III Rp1.500.000.(adt/prw/ald)

Sumber: