SCG Memperkenalkan 3 Inovasi yang Menjadikan Masyarakat Rendah Karbon

SCG Memperkenalkan 3 Inovasi yang Menjadikan Masyarakat Rendah Karbon

SCGC bertujuan untuk memproduksi 1 juta ton polimer ramah lingkungan pada tahun 2030, mengurangi sampah plastik Thailand hingga 50% setiap tahunnya. Perusahaan berkomitmen untuk bermitra dengan berbagai organisasi bisnis untuk mempromosikan penggunaan plastik berkelanjutan, menuju masa depan yang lebih ramah lingkungan bagi semua.

 

Inovasi "energi bersih" dengan biaya lebih rendah dan karbon lebih sedikit

 

Lonjakan harga energi telah meningkatkan minat terhadap energi ramah lingkungan di semua sektor, didorong oleh harapan untuk mengurangi biaya energi. Salah satu sumber energi bersih yang menarik adalah tenaga surya. SCG Cleanergy telah mengembangkan sistem “Smart Grid” untuk fasilitas dengan konsumsi listrik tinggi, seperti kawasan industri, pabrik, pusat perbelanjaan, hotel, dan rumah sakit.

 

Dipantau oleh para ahli, sistem ini membantu mengelola seluruh penggunaan listrik di suatu area, termasuk memperkirakan jumlah listrik yang akan diproduksi dan jumlah yang digunakan pada waktu yang berbeda. Hal ini memungkinkan pemilik fasilitas untuk memastikan pemilihan sumber energi yang hemat biaya dalam periode yang berbeda. Sistem ini hadir bersama dengan Power & Carbon Trading Platform. Terbukti bahwa penggunaan tata surya 6 megawatt di kawasan industri menurunkan biaya energi tahunan sebesar 6% dan mengurangi CO 2 sebesar 4.000 ton per tahun.

BACA JUGA:Bupati BS Hadiri Arisan, Keturunan Puyang Geruntang Pino Raya

SCG juga berkolaborasi dengan Rondo Energy, sebuah startup energi ramah lingkungan asal Amerika Serikat, untuk mengembangkan inovasi "Heat Battery". Teknologi ini menyimpan energi bersih dari angin dan matahari dalam bentuk panas di dalam baterai yang mampu menampung hingga 1.500 derajat Celcius. Panas yang tersimpan kemudian diubah menjadi udara panas dan uap untuk keperluan industri tanpa proses pembakaran, tidak seperti bahan bakar fosil, sehingga emisi karbon nol. SCG bertujuan untuk menerapkan teknologi ini di Thailand dan negara-negara ASEAN lainnya.

 

Revolusi konstruksi dengan "semen dan beton rendah karbon"

 

Sebagai produsen semen pertama di Thailand dengan rekam jejak yang terbukti selama lebih dari 111 tahun, SCG berkomitmen untuk mengeksplorasi inovasi untuk memimpin perubahan dalam industri konstruksi. Ini adalah misi penting SCG Cement dan Green Solutions yang bertekad membangun rantai nilai ramah lingkungan mulai dari pra hingga pasca konstruksi.

 

Dengan lebih dari 20 tahun didedikasikan untuk penelitian dan pengembangan, SCG telah memperkenalkan "Semen Karbon Rendah" untuk pertama kalinya di Thailand. Semen ini mengurangi emisi CO 2 selama proses produksi dengan tetap menjaga kekuatan dan daya tahan yang luar biasa. Karena bahan yang digunakan lebih halus, semen ini mengisi dan mengurangi celah pada beton dengan lebih efektif, menghasilkan tekstur yang lebih halus dengan daya rekat dan kuat tekan yang lebih baik dibandingkan semen konvensional. Baru-baru ini, SCG meluncurkan "Semen Karbon Rendah (Generasi 2)," yang selanjutnya mengurangi emisi CO 2 sebesar 15-20% dalam produksi. Perusahaan juga mengembangkan “Semen Karbon Rendah (Generasi 3),” yang diharapkan dapat mengurangi emisi CO 2 hingga 40%.

Sumber: