Pemdes Harus Terlibat Aktif Dalam Penanganan Sampah

Pemdes Harus Terlibat Aktif Dalam Penanganan Sampah

Dikatakan Gusnan, manfaat selalu membuang sampah pada tempatnya yaitu--

 

BENGKULU SELATAN - Rendahnya tingkat kesadaran masyarakat dalam penanganan sampah, tentu ini harus terus di dorong oleh Pemerintah Desa (Pemdes), Kelurahan untuk mengajak warga berperan aktif dalam penanganan sampah. Karena persoalan sampah sekarang ini bukan hanya ada di kota, melainkan juga sudah menjadi permasalahan di desa.

 

"Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan sampah dapat menimbulkan bencana yang lebih besar seperti banjir. Yang mana bencana banjir tidak hanya disebabkan oleh hujan lebat, tetapi juga karena sampah yang dibuang sembarangan ke sungai,"ujar Kabid Perumahan Sumberdaya Infrastruktur (PSI) Bapeda-Litbang BS, Dwi Prian Dona, MT.

 

BACA JUGA:Bupati Bengkulu Selatan Gusnan, Turun Bantu Warga Tambal Jalan Dusun Suka Nanti

BACA JUGA: Pemda BS Serius Tangani Masalah Stunting, Kurang Gizi Kronis

 

Dikatakan Dwi, sebagai mitra kerja bidang PSI lagi-lagi telah melakukan penajaman untuk penangan sampah dalam hal ini mengundang pihak kelurahan dan Pemerintah Desa (Pemdes) dalam pengelolaan sampah, agar lebih bernilai ekonomis. Keterlibatan pihak kelurahan dan Pemdes dalam penanganan sampah seperti dapat menyediakan motor roda tiga, tempat tong sampah maupun kontainer sampah, tentu hal ini sangat membantu meringankan pihak DLHK selaku OPD teknis dalam mengatasi persoalan sampah di wilayah kelurahan dan desa.

 

"Pemerintah desa dan kelurahan bisa berperan aktif dalam penanganan pengelolaan sampah serta pengadaan prasarana pendukungnya,"pungkas Dwi.

 

Ia menyadari sebagai mitra kerja bidang PSI tidak henti-hentinya menajamkan penangan sampah agar pengelolaan sampah bernilai.

 

Sumber: