Dinkes Seluma Usulkan Pembentukan Kader Jumantik, DBD di Seluma Terus Meningkat

Dinkes Seluma Usulkan Pembentukan Kader Jumantik, DBD di Seluma Terus Meningkat

Kegiatan Fogging/Pengasapan Pemberantasan Nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) oleh Seksi Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Selatan di Desa Talang Tinggi Kecamatan Ulu Manna--

BACA JUGA:242 Kasus DBD Di Seluma Jadi Perhatian, Fogging dan Pembagian Abate Gencar Dilakukan

BACA JUGA:Peningkatan DBD di Seluma Luar Biasa, Kini Sudah 240 Kasus Belum Sampai Pertengahan Tahun 2024! Ini Daftarnya.

Lanjut Masda, nantinya setiap kader jumatik akan ditempatkan 1 orang disetiap rumah. Tugas kader jumantik ini memantau tempat jentik nyamuk di rumahnya, kemudian hasil pemantauannya dilaporkan kepada petugas kesehatan setempat dan koordinatornya.

 

Saat ini pihak Dinkes pun sedang berkoordinasi dengan pihak terkait tentang pengusulan pembentukan kader jumantik mengenai anggaranya.

 

Ia berharap, program pembentukan kader tersebut dapat diakomodir, sehingga setiap tahunnya angka DBD dapat mengalami penurunan, dan penyebaran DBD di Seluma tidak signifikan seperti saat ini.

 

" Jika tak terlaksana tahun ini, mudah mudahan tahun 2025 sudah terbentuk

 Saat ini pun tengah kita bicarakan apakah pembentukan ini bakal melibatkan pemerintahan desa.Begitu pun anggaranya , " sampainya

 

Diketahui, berdasarkan data Dinas Kesehatan sejak awal Januari hingga 15 Mei 2024 tercatat angka kasus DBD sebanyak 242 orang.

 

Adapun Berikut daftar Penyebaran DBD berdasarkan Wilayah Puskesmas di Kabupaten Seluma:

 

Sumber: