Setiap Muslim Wajib Menuntut Ilmu, Melalui Ramadhan Banyak Ilmu Kita Dapat, Ini Dalil Pentingnya Menuntut Ilmu

Setiap Muslim Wajib Menuntut Ilmu, Melalui Ramadhan Banyak Ilmu Kita Dapat, Ini Dalil Pentingnya Menuntut Ilmu

Kajian Islam. Menurut ilmu merupakan kewajiban bagi umat Muslim, dengan ilmu kita bisa menembus luar angkasa--

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap Muslim laki-laki maupun perempuan baik itu ilmu dunia maupun ilmu akhirat, jika kamu menginginkan Dunia dengan ilmu begitu juga dengan akhirat juga dengan ilmu apa bila kamu ingin menguasai dunia akhirat maka juga dengan ilmu sebagaimana doa yang senantiasa kita baca setiap saat. Sebagaimana yang berbunyi: 

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya:

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka."

BACA JUGA:Kisah Taubat Pemuda Ahli Zina, Atas Taubat dan Sedekahnya Meninggal Husnul Khatimah.

Menuntut ilmu merupakan perintah Allah SWT sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Ar Rahman ayat 33, yang berbunyi:

يٰمَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْاِنْسِ اِنِ اسْتَطَعْتُمْ اَنْ تَنْفُذُوْا مِنْ اَقْطَارِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ فَانْفُذُوْاۗ لَا تَنْفُذُوْنَ اِلَّا بِسُلْطٰنٍۚ ۝٣٣

Artinya: 

"Wahai segenap Jin dan Manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, tembus lah. Kamu tidak akan mampu menembusnya, kecuali dengan kekuatan (dari Allah)."


Kajian Islam. Pentingnya menuntut ilmu bagi umat Muslim

Dijelaskan ahli tafsir menyebut, pelafalan sulthan dalam Surah Ar Rahman ayat 33 merujuk pada ilmu pengetahuan. Hal ini menunjukkan bahwa dengan ilmu lah Manusia dapat menembus ruang angkasa.

Berikut beberapa dalil tentang pentingnya menuntut ilmu bagi umat Muslim diantaranya akan terputus amal anak Adam ketika ia meninggal dunia kecuali tiga perkara salah satunya ilmu yang bermanfaat, sebagaimana dijelaskan dalam sebuah Hadist riwayat Muslim Rasulullah bersabda yang berbunyi: 

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ: إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: 

"Apabila anak Adam meninggal dunia maka terputus semua amalnya (tidak bisa lagi menambah pahala) kecuali 3 orang, yaitu Shadaqah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan orang, atau anak Shaleh yang mendoakan orangtuanya." (HR. Muslim)

BACA JUGA:Ingin Mendapatkan Malam Lailatul Qadar, Malam Lebih Baik Dari 1000 Bulan, Inilah Tanda-tanda Nya

Maka dari Hadist atas ketika nanti kita sudah meninggal dunia ilmu masih dapat menolong kita amal ilmu masih dapat membantu kita yaitu ketika ilmu yang bermanfaat kita ajarkan kepada seseorang dan orang tersebut memanfaatkan ilmu itu bahkan orang tersebut ikut mengajarkan kepada orang lain lalu dimanfaatkan nya maka pahala ilmu itu akan terus mengalir meskipun kita sudah meninggal ratusan tahun bahkan ribuan tahun ketika ilmu yang kita ajarkan terus diajarkan dan dimanfaatkan untuk orang-orang banyak baik ilmu itu ilmu dunia maupun ilmu akhirat.

Adapun keutamaan orang-orang yang menuntut ilmu yaitu mendapatkan kebaikan baik dunia maupun akhirat maka barangsiapa menginginkan dunia adalah dengan ilmu begitu juga barangsiapa menginginkan akhiratnya juga dengan dan jika menginginkan keduanya juga dengan ilmu.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad sebagaimana berbunyi:

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَهَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ

Artinya: 

"Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat hendaklah ia menguasai ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat) hendaklah ia menguasai ilmu," (HR Ahmad).

BACA JUGA:Inilah Ciri-ciri Orang yang Mendapatkan Lailatul Qadar. Berikut Penjelasannya.

Sebagaimana di ketahui dalam Al-Qur'an Surat pertama turun kepada Nabi Muhammad Rasulullah SAW sebagai Wahyu adalah tentang menuntut ilmu yaitu Iqra (bacalah) dalam Al-Qur'an Surat Al- Alaq bacalah. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al - Alaq ayat 1-5 yang berbunyi:

(1) اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ ​

(2) خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ ​

(3) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ ​

(4) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ ​

(5) عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ 

Artinya:

"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmu Lah terus Yang Maha Mulia, yang mengajar (manusia) dengan pena. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya";(QS Al - Alaq 1-5) 

BACA JUGA:Berpuasa Ramadhan Itu Bulan Pendidikan Kesabaran & Puasa Adalah Setengah dari Kesabaran.

Itulah beberapa Hadist dan Al-Qur'an tentang penting nya ilmu bagi umat Muslim lebih-lebih lagi di bulan suci Ramadhan ini banyak ilmu yang bisa pelajari dan kita ambil hikmah dari puasa Ramadhan seperti ilmu sabar karena puasa Ramadhan kita di tuntut untuk bersabar, ilmu disiplin sebab saat berpuasa kita juga di tuntut ilmu disiplin seperti kita berbuka kita tidak akan berbuka sebelum waktunya, kemudian kita di tuntut jujur meskipun tidak satu pun mahluk mengetahui dan melihat kita kita tidak mau makan minum karena kita sadar bahwa Allah SWT maha melihat dan maha mengetahui, maka melalui bulan suci Ramadhan ini mari kita perbanyak ilmu dengan mendengarkan Majlis ilmu seperti kultum sebelum melaksanakan Sholat taraweh dan witir di Masjid. karena hanya dengan ilmu kita bisa hidup selamat baik dunia maupun akhirat dengan ilmu juga kita menembus apa yang ada di angkasa bumi dan dalam bumi bahkan alam ghaib sekalipun. Demikian semoga bermanfaat. Aamiin Allahumma Aamiin. (djl) 

Sumber: