Segudang Amalan Bulan Suci Ramadhan Yang Banyak Datangkan Banyak Pahala. Yuk Amalkan..??

Segudang Amalan Bulan Suci Ramadhan Yang Banyak Datangkan Banyak Pahala. Yuk Amalkan..??

Kajian Islam. Amalan Sunnah Bulan suci Ramadhan --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Bulan suci Ramadhan sudah di depan mata semua umat Muslim tentunya menyambutnya dengan sukacita dan riang gembira sebab bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh Rahmat, penuh barokah dan ampunan, namun tahukah kamu bahwa ada banyak amalan-amalan di bulan suci Ramadhan yang dapat mendatangkan limpahan pahala yang Allah SWT berlipat gandakan contoh kecil saja membaca satu huruf Al-Qur'an Allah lipatkan 10 hingga 70 bahkan 700 kali dari membaca nya di luar Ramadhan sungguh luar biasa. 

Puasa Ramadhan dijelaskan dalam sebuah hadits sebagai salah satu tiang agama sebagaimana hadist berikut ini yang berbunyi:

عَنْ أَبِيْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: (بُنِيَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ، وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ، وَحَجِّ البَيْتِ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ) رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ

Artinya:

"Islam dibangun atas lima, syahadat bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rasulullah, mengakkan sholat, menunaikan zakat, pergi haji dan puasa Ramadhan." (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadist lain dijelaskan bahwa pada bulan suci Ramadhan dosa-dosa kita yang telah berlalu akan mendapat ampunan dari Allah SWT jika kita benar-benar melaksanakan puasa dengan penuh dengan keimanan dan perhitungan 

Sebagaimana Rasulullah saw  bersabda: 

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya:

"Siapa berpuasa Ramadhan imanan wa ihtisaban (dengan keimanan dan mengharap pahala), diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Dan siapa shalat pada Lailatul Qadar imanan wa ihtisaban (dengan keimanan dan mengharap pahala), diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim).

Berikut amalan-amalan yang mendatang segudang pahala yang dapat kita amalkan di bulan suci Ramadhan yuk kita bahas bersama Radar Seluma. Disway.id dalam Kajian Islam semoga bermanfaat 


Kajian Islam. Berdoa bulan suci Ramadhan akan di ijabah oleh Allah SWT -

Pertama: Makan Sahur

Makan sahur sangatlah dianjurkan oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW sebelum kita memulai Puasa pada siang harinya. Rasulullah SAW bersabda dari Anas RA bahwa Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَةً

Artinya:

"Makan sahurlah, karena sahur itu barakah". (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda, dari Abi Said Al-Khudri RA bahwa Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:

السُّحُورُ أَكْلَةٌ بَرَكَةٌ فَلَا تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

Artinya:

"Sahur itu barakah, maka janganlah kalian tinggalkan meski hanya dengan seteguk air. Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang sahur." (HR. Ahmad).

BACA JUGA:Sambut Ramadhan Dengan Suka Cita. Berikut Tips Amalan Menyambut Ramadhan

Kedua: Menyegerakan berbuka puasa

Para ulama sepakat bahwa berbuka puasa disyariatkan ketika matahari terbenam yang menandakan datangnya waktu Maghrib maka ber segeralah untuk berbuka, 

Dari Sahl bin Sa'ad Radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda berbunyi:

لاَيَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

Artinya:

Rasulullah SAW bersabda, "Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." (Hadits Riwayat Bukhari 4/173 dan Muslim 1093)

Ketiga: Sholat tarawih dan sholat malam

Bulan suci Ramadhan yang mana di siang hari berpuasa dan malam hari di anjurkan untuk sholat malam seperti sholat tarawih sebab didalam nya banyak memiliki keutamaan, sebagaimana dijelaskan dalam sebuah Hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu yang berbunyi:

من قَامَ رمضان إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya:

"Siapa yang berdiri melaksanakan salat pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah maka akan diampuni dosanya yang lalu."

BACA JUGA: 4 Sholat Sunnah Yang Diajurkan Oleh Rasulullah SAW. Berikut Penjelasannya

Keempat: Memperbanyak membaca Al-Qur'an

Bulan suci Ramadhan merupakan dimana bulan Al-Qur'an diturunkan dari Lauh Al-Mahfudz maka perbanyaklah bertadarus membaca Al-Quran sebagai ladang perbanyak amal Ramadhan dan Rasulullah SAW menjadikan kebiasaan setiap bulan suci Ramadhan untuk senantiasa membaca Al-Quran hingga Qhotam berkali-kali sebagaimana di riwayat Ibnu Abbas menjelaskan dalam sebuah Hadits Bukhari Muslim yang artinya:

"Rasulullah adalah orang yang paling dermawan, kedermawanan beliau meningkat pada bulan Ramadhan, yaitu ketika didatangi Jibril setiap malam Ramadhan, ia bertadarus Al-Qur'an dengan Rasulullah." (HR. Bukhari Muslim).

Kelima: Memperbanyak sedekah

Sedekah merupakan amalan yang sangat di anjurkan dan di Sunnah kan pada bulan suci Ramadhan dan hal tersebut sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, bahkan Rasulullah SAW mencontohkan langsung setiap bulan suci Ramadhan perbanyak sedekah

seperti yang diceritakan oleh Ibnu Abbas RA berbunyi:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس ، وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل ، وكان يلقاه في كل ليلة من رمضان فيُدارسه القرآن ، فالرسول الله صلى الله عليه وسلم أجودُ بالخير من الريح المرسَلة 

Artinya: 

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari, no.6)  

BACA JUGA:Berikut Golongan Orang-orang Yang Sholatnya Tidak Diterima. Berikut Penjelasannya.

Keenam: Memberi makan orang yang berpuasa

Memberi makan orang yang berpuasa seperti menyiapkan berbuka bagi orang yang berpuasa seperti kebiasaan kita memberikan buka puasa ke Masjid untuk orang yang menjaga Masjid atau Musyafir tentunya dengan memberikan makan dan minum kepada orang yang berpuasa kita akan mendapatkan pahala sama seperti orang yang berbuka tersebut tanpa mengurangi pahala orang tersebut.

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:

,مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Artinya: 

"Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (HR Tirmidzi ).

Ketujuh: Menjaga lidah dan anggota tubuh

Kita acap kali begitu Suli untuk mengontrol perkataan dan lisan kita sehingga acap kali sengaja atau tidak sengaja membuat orang lain tersinggung maka dari itu kita disunnahkan untuk berkata-kata kotor dan keji 
Termasuk di dalamnya perbuatan ghibah, mengadu domba, dusta dan kebohongan.

Kedelapan: Menahan diri dari keburukan

Jangan sia-siakan amal ibadah Ramadhan kita hanya karena hal-hal perbuatan buruk kita maka berusahalah untuk menahan diri 
Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:

كَمْ مِنْ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلَّا الْجُوعُ

Artinya:

"Betapa banyak orang berpuasa yang tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali hanya lapar saja." (HR. Ahmad).

Kesembilan: I'tikaf


I'tikaf merupakan ibadah yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW dan bahkan beliau sendiri yang selalu melakukannya di bulan Ramadhan.

Dalam hadist riwayat Ibnu Umar, Anas, dan Aisyah radhiyallahu 'anha berkata bahwa 

"Nabi shallallahu alaihi wa sallam biasa beritikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan sejak beliau tiba di Madinah sampai beliau wafat."

Kesepuluh: Memperbanyak doa

Bulan suci Ramadhan dimana doa-doa kita akan di ijabah oleh Allah SWT sebab bulan suci Ramadhan dipenuhi dengan keberkahan. Sebagaimana hadits dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: 

"Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah SWT telah mewajibkan kepada kalian berpauasa di dalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan akan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang." (HR. An-Nasai)

Di bulan Ramadhan ini tentunya semua doa yang dipanjatkan oleh umat Islam akan diijabah oleh Allah SWT.

Itulah segudang amalan yang mesti kita amalkan selama bulan suci Ramadhan dan jangan sia-siakan sebab Allah SWT melipatgandakan pahala kebaikan untuk kita semua, mudah-mudahan Allah SWT memberikan umur yang panjang keberkahan kesehatan dan Rizki yang berkah sehingga kita mampu melaksanakan puasa Ramadhan sebulan penuh dan akhirnya kita menjadi insan yang bertaqwa seperti yang di harapkan sesuai dengan surat Al-Baqarah ayat 183. Aamiin ya rabbal Ngalamin. (djl

Sumber: