Ketika Abunawas Jualan, Abunawas "Tipu" Pemuda Miskin

Ketika Abunawas Jualan, Abunawas

--

BACA JUGA:Ternyata Karena Ini, Messi Tak Perkuat Argentia di FIFA Matchday Lawan Timnas

Bahkan lebih parahnya, si pemuda itu bukannya mendapat keberuntungan, ia justru mendapat kemalangan. Saat itu, hampir saja dirinya dihakimi warga, karena dikira pencuri yang sedang wara-wiri mencari mangsa di sekitar kampung.

 

Dengan perasaan marah dan kecewa, akhirnya si pemuda itu mencari Abu Nawas dengan tujuan ingin meminta pertanggungjawabannya atas semua hal yang menimpa dirinya. Setelah bertanya kesana-kemari, akhirnya ia menemukan Abu Nawas.

BACA JUGA:Abu Nawas Mencari Neraka, Membuat Hhalifah Harun Al-Rasyid Tertawa Simak

"Assalamualaikum...,Tuan," sapa pemuda itu.

 

"Waalaikumsalam..., eh ternyata Tuan, bagaimana kabar Tuan?" tanya Abu Nawas dengan santainya.

 

"Jadi aku datang untuk meminta pertanggungjawaban. Katena aku telah mendapatkan kabar buruk. Aku tidak merasakan keberuntungan apa-apa setelah memakai sandal ini. Justru aku hampir saja mendapat celaka yaitu dihajar warga kampung gara-gara dikira pencuri. Padahal engkau sudah mengatakan jika sandal ini akan membawa keberuntungan kepada pemiliknya. Mana buktinya??" protes pemuda itu dengan marahnya.

BACA JUGA:Raja Ketiduran, Cerita Abu Nawas Emas Bawa Pulang

"Waduh.. seingat aku, tidak pernah aku mengatakan seperti itu Tuan?" sanggah Abu Nawas. "Aku hanya mengatakan bahwa sandal ini akan membuat orang yang tidak berpunya bisa menjadi punya. Buktinya sebelumnya Tuan belum memiliki sandal 'ajaib' sekarang sudah memilikinya," jelas Abu Nawas. Setelah mendengar penjelasan Abu Nawas, pemuda itu langsung diam.  Akhirnya ia sadar bahwa dirinya telah salah tafsir. "Lantas mengapa engkau mengatakan bahwa sandal ini ajaib?" tanya pemuda itu berikutnya.

 

"Oh... kalau itu karena memang namanya sandal ajaib bukan sandalnya yang ajaib," jawab Abu Nawas. "Tapi intinya, jangan percaya kepada barang ajaib, karena percaya kepada sesuatu selain Allah SWT bisa membuat kita syirik. Kita hanya akan mendapatkan kesusahan di dunia dan akhirat kelak. Buktinya adalah yang Tuan alami hari ini. Oleh karena itu, segeralah bertaubat kepada Allah SWT," tambah Abu Nawas.

Sumber: