Ketika Abunawas Jualan, Abunawas "Tipu" Pemuda Miskin

Ketika Abunawas Jualan, Abunawas

--

 

 

Karena kondisi keuangan keluarga Abu Nawas sedang menipis, Abu Nawas berencana untuk menjual sebuah sandal di pasar. Seperti penjual lainnya, pagi itu Abu Nawas segera bergegas menuju pasar.

Setibanya di pasar, ia langsung menjajakan dagangannya itu. Ternyata Abu Nawas menjual berbagai sandal yang ia beri nama sandal ajaib. Ketika pengunjung pasar sedang ramai-ramainya, ia mulai berteriak menwarkan sandal ajaib tersebut. "Dipilih... dipilih... sandal ajaib...sandal ajaib....sandal ajaib!!,".

BACA JUGA:Abu Nawas Berdoa Minta Jodoh, Wanita Cantik Berharap Bisa Mempersuntingnya

Hanya beberapa saat ia berteriak, lalu datang seorang pemuda menghampirinya dan melihat-lihat sandal itu. Dengan rasa penasaran, pemuda itu bertanya.

 

"Wahai Tuan, apakah benar ini sandal ajaib?" "Benar sekali Tuan, sesaui namanya" jawab Abu Nawas meyakinkan pemuda itu. "Kalau begitu, aku ingin mencari sandal yang bisa merubah hidupku yang miskin ini," kata pemuda itu seperti benar-benar percaya dengan perkataan Abu Nawas. "Hmmm... apa maksud Tuan?" tanya Abu Nawas penasaran. "Jadi aku ini sudah lama hidup miskin dan ingin sekali kaya raya, dengan itulah aku ingin membeli barang yang bisa memberikan aku keberuntungan," kata pemuda itu.

 

Karena tak ingin mengecewakan pemuda itu, Abu Nawas segera menunjukkan salah satu sandal ajaibnya. Abu Nawas menjelaskan bahwa sandal itu bisa membuat pemiliknya dari tidak punya hingga menjadi punya.

 

Merasa semakin tertarik dengan kata-kata Abu Nawas, tanpa pikir panjang, pemuda itu langsung membeli sandal ajaib yang dijual Abu Nawas. Si pemuda itu langsung memakai sandal ajaib tersebut dan meninggalkan Abu Nawas. Ia langsung mengelilingi kampung dengan harapan akan mendapat keberuntungan.

 

Pemuda itu berjalan mengitari kampung demi kampung dengan menggunakan sandal ajaib itu. Namun sayang seribu sayang, hingga kampung terkahir, keberuntungan itu tidak kunjung datang.

Sumber: