Tiongkok dan Mongolia Tingkatkan Kerja Sama dan Pertukaran, untuk Manfaatkan Lebih Banyak Orang

Tiongkok dan Mongolia Tingkatkan Kerja Sama dan Pertukaran, untuk Manfaatkan Lebih Banyak Orang

Seorang pemilik toko memajang produk tepung Mongolia di sebuah supermarket impor di Erenhot, Daerah Otonomi Mongolia Dalam, Tiongkok utara, 11 September 2024.--

 

BACA JUGA:Intip Spesifikasi Toyota Kijang Innova EV Concept Terungkap, Sanggup Melaju Sejauh 290 Km

BACA JUGA: Dinsos Seluma Terima Bantuan Buffer Stok, Kiriman dari Kemensos RI

"Saya senang dengan bahasa Mandarin dan pendidikan jasmani. Saya sering bermain basket dengan teman-teman Tionghoa saya," kata Midmererdeni, seorang remaja berusia 17 tahun dari Provinsi Khentii, Mongolia.

 

Kakak perempuan Midmererdeni pernah belajar di Tiongkok. Ketika kembali ke Mongolia, ia mendapat pekerjaan yang berhubungan dengan perdagangan dengan Tiongkok. "Saya ingin menguasai bahasa Mandarin seperti kakak saya," katanya.

 

Bao Xiuhua, wakil kepala sekolah, mengatakan bahwa sekolah tersebut telah menerima lebih dari 2.000 siswa Mongolia sejak 2006, yang sebagian besar melanjutkan studi di berbagai universitas di Tiongkok.

 

Selain untuk mendapatkan pendidikan, warga Mongolia juga datang ke Tiongkok untuk mendapatkan layanan medis. Grelqiqig, warga Ulaanbaatar berusia 65 tahun, menerima perawatan medis di Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Mongolia dan Tiongkok Erenhot untuk mengatasi nyeri sendi yang parah. Ini adalah pertama kalinya ia mengunjungi Tiongkok untuk mendapatkan layanan medis. Rasa sakitnya berkurang secara signifikan setelah menerima perawatan harian termasuk akupunktur dan bekam selama sekitar 10 hari.

 

Pasien lain yang penyakitnya disembuhkan di Tiongkok, Suyalt, warga Ulaanbaatar yang kataraknya diangkat di Tiongkok, mendapat pekerjaan setelah kembali ke Mongolia. Di tahun-tahun sebelumnya, hal ini akan jauh dari impiannya.

 

Selama lima tahun terakhir, tenaga medis Tiongkok telah melakukan operasi pemulihan penglihatan gratis bagi lebih dari 1.000 pasien katarak Mongolia.

 

Sumber: