5 Mukjizat Yang Allah Anugerahkan Kepada Nabi Daud AS Part Tiga

5 Mukjizat Yang Allah Anugerahkan Kepada Nabi Daud AS Part Tiga

Kajian islam. 5 Mukjizat Nabi Daud AS --

Kajian Islam Radar Seluma. Disway.id -Setiap NabKajian Islam. i dan Rasul yang diutus oleh Allah SWT ke muka Bumi ini tidak lain untuk menyempurnakan akidah Manusia dan setiap Nabi dan Rasul memiliki Mukjizat masing-masing, mereka diberi kekuatan luar biasa oleh Allah SWT agar semakin dipercaya bahwa mereka adalah utusan Allah SWT yang Maha Perkasa lagi Maha Kuasa.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Al Isra ayat 59 berbunyi:

وَمَا مَنَعَنَآ أَن نُّرْسِلَ بِٱلْءَايَٰتِ إِلَّآ أَن كَذَّبَ بِهَا ٱلْأَوَّلُونَ

Artinya: "Dan sekali-kali tidak ada yang menghalangi Kami untuk mengirimkan (kepadamu) tanda-tanda (kekuasan Kami), melainkan karena tanda-tanda itu telah didustakan oleh orang-orang dahulu" (QS Al Isra 59)

Sebagaimana Nabi-nabi dan Rasul lain Nabi Daud AS juga memiliki Mukjizat setidaknya dalam Kajian Islam ini Radar Seluma. Disway.id ada 5 Mukjizat Nabi Daud AS yang akan kita bedah bersama sebumnya sudah 2 Mukjizat Nabi Daud AS yang kita bahas kali ini Mukjizat yang ketiga: 

Ketiga: Mendapat Anugerah Kemuliaan Kitab Suci Zabur Dari Allah SWT 

Sebagaimana tercantum dalam Rukun Iman bahwa umat Islam percaya kepada kitab-kitab Allah dimana dari para Rasul dan Nabi ada empat kita yang harus kita percayai pertama Taurat diturunkan Nabi Musa AS kedua Kitab Zabur kepada Nabi Daud AS ketiga Kitab Injil kepada Nabi Isa AS dan Al-Qur'an sebagai penyempurna rahmatan Lil alamin kepada Nabi Muhammad SAW. 

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surah An Nisa ayat 136 tentang Rukun Iman di antaranya percaya kepada Kitab-kitab Allah yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۚ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah, Rasul-Nya dan kepada kitab (Al Quran) yang Allah turunkan kepada RasulNya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, rasul-rasulNya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya," (QS An- Nisa 136)

Sebagaimana ayat tersebut di atas bahwa Allah SWT menurunkan Kitab Zabur kepada Nabi Daud AS sebagaimana ditegaskan kembali dalam Al-Qur'an Surat An Nisa 163 berbunyi:

إِنَّآ أَوْحَيْنَآ إِلَيْكَ كَمَآ أَوْحَيْنَآ إِلَىٰ نُوحٍ وَٱلنَّبِيِّۦنَ مِنۢ بَعْدِهِۦ ۚ وَأَوْحَيْنَآ إِلَىٰٓ إِبْرَٰهِيمَ وَإِسْمَٰعِيلَ وَإِسْحَٰقَ وَيَعْقُوبَ وَٱلْأَسْبَاطِ وَعِيسَىٰ وَأَيُّوبَ وَيُونُسَ وَهَٰرُونَ وَسُلَيْمَٰنَ ۚ وَءَاتَيْنَا دَاوُۥدَ زَبُورًا

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma'il, Ishak, Ya'qub dan anak cucunya, Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud" (QS. An Nisa 163)

Allah memberikan anugerah kepada Nabi Daud berupa kitab Zabur atau Mazmur agar kaumnya mau menyembah Allah SWT dalam kitab Zabur juga telah dijelaskan secara mendetail tentang ibadah sholat, doa, puasa, pelajaran dan peringatan, hingga puji-pujian kepada Allah SWT 

Kitab Zabur diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Daud AS pada malam ke-13 Ramadhan di bulan suci Ramadhan juga Allah menurunkan kitab Injil kepada Nabi Isa pada 12 Ramadhan dan Al Quran kepada Nabi Muhammad pada 17 Ramadhan.

Keempat: Mampu Melunakkan Besi Seperti lilin

Mukjizat kedua Nabi Daud AS yaitu Mampu Melunakkan Besi yang keras menjadi seperti lilin, hanya dengan tangan kosong tanpa bantuan alat apa pun atas izin Allah SWT besi-besi tersebut melunak, lalu dijadikan baju besi baju perang (zirah) yang kokoh tetapi nyaman dipakai untuk keperluan peperangan.

Hal tersebut tercantum dalam Al-Qur'an Surat Al Anbiya ayat 80 yang berbunyi:

وَعَلَّمۡنٰهُ صَنۡعَةَ لَبُوۡسٍ لَّـكُمۡ لِتُحۡصِنَكُمۡ مِّنۡۢ بَاۡسِكُمۡ‌ۚ فَهَلۡ اَنۡـتُمۡ شٰكِرُوۡنَ

Artinya: "Dan telah Kami ajarkan pula kepada Daud cara membuat baju besi untukmu, guna melindungi kamu dalam peperanganmu. Apakah kamu bersyukur (kepada Allah)? (QS Al Anbiya 80)

Kelima: Karunia Hikmah Ilmu dan Kenabian

Allah SWT memberikan hikmah ilmu dan kenabian kepada Nabi Daud AS sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an Surat Shaad ayat 17-20

اِصْبِرْ عَلٰى مَا يَقُوْلُوْنَ وَاذْكُرْ عَبْدَنَا دَاوٗدَ ذَا الْاَيْدِۚ اِنَّهٗٓ اَوَّابٌ ١٧ اِنَّا سَخَّرْنَا الْجِبَالَ مَعَهٗ يُسَبِّحْنَ بِالْعَشِيِّ وَالْاِشْرَاقِۙ ١٨ وَالطَّيْرَمَحْشُوْرَةً ۗ كُلٌّ لَّهٗٓ اَوَّابٌ ١٩ وَشَدَدْنَا مُلْكَهٗ وَاٰتَيْنٰهُ الْحِكْمَةَ وَفَصْلَ الْخِطَابِ ٢٠

Artinya: "Bersabarlah atas apa yang mereka katakan dan ingatlah akan hamba Kami, Daud, yang mempunyai kekuatan. Sesungguhnya dia adalah orang yang selalu kembali (kepada Allah). Sesungguhnya Kami telah menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Daud) pada waktu petang dan pagi. (Kami menundukkan pula) burung-burung dalam keadaan berkumpul. Masing-masing sangat patuh kepadanya (Daud). Kami menguatkan kerajaannya serta menganugerahkan hikmah (kenabian) kepadanya dan kemampuan dalam menyelesaikan perkara." (QS Shaad 17-20)

Demikianlah Mukjizat Nabi Daud AS semoga apa yang terkandung dalam Mukjizat Nabi Daud AS dapat menambah keimanan kita kepada Allah SWT untuk menuju kampung akhirat yang kekal dan abadi. (djl)

Tamat

Sumber: