Kebocoran Data ASN Di BKN Diretas, Akhirnya BKN Umumkan Perihal Penting Ini!

Kebocoran Data ASN Di BKN Diretas, Akhirnya BKN Umumkan Perihal Penting Ini!

Pengumuman dari BKN terkait data ASN Diretas --Bkn

 

 

radarseluma.disway.id, NASIONAL -Kebocoran data pribadi dilaporkan kembali terjadi. Kali ini yang disebut menjadi korban peretasan adalah Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

 

Lembaga Riset Keamanan Siber, Cissrec, mengemukakan dugaan kebocoran data Aparatur Sipil Negara (ASN) BKN dan dijual di forum hacker Breachforums, senilai USD 10 ribu atau nyaris Rp160 juta.

Temuan ini berawal dari sebuah postingan dari peretas dengan nama anonim "TopiAx" di Breachforums pada Sabtu, 10 Agustus 2024. 

 

 

Pada postingannya, peretas tersebut mengklaim berhasil mendapatkan data dari BKN sejumlah 4.759.218 baris yang berisi sangat banyak data. Badan Kepegawaian Negara (BKN) bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melakukan identifikasi dan investigasi atas munculnya isu dugaan kebocoran data ASN.

BACA JUGA:Tenaga Honorer Tak Masuk Data BKN, Jangan Berkecil Hati. Masih Ada Harapan!

BACA JUGA:Tenaga Honorer Bisa Cek Nama Yang Sudah Terdata Di BKN

 

Di antaranya Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Gelar, Tangal CPNS , Tanggal PNS, NIP, Nomor Sk Cpns , Nomor Sk Pns , Golongan, Jabatan, Instansi, Alamat, Nomor Identitas, Nomor Hp, Email, Pendidikan, Jurusan, Tahun Lulus. Selain itu, masih banyak data lain baik cleartext maupun text yang sudah diproses menggunakan metode kriptografi.

 

Sumber: bkn