Kasus Stunting di Seluma Meningkat Pesat

Kasus Stunting di Seluma Meningkat Pesat

Wabup Seluma Drs Gustianto --

 

 

PEMATANG AUR, radarseluma.disway.id - Wakil Bupati Seluma H Drs Gustianto yang juga merupakan ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) menyampaikan bahwa angka stunting di Kabupaten Seluma saat ini mengalami kenaikan hingga 27 persen. Dari sebelumnya hanya 22,1 persen. Menurut Wabup ada banyak penyebab stunting ini mengalami peningkatan salah satunya adalah persoalan sanitasi dan juga pola asuh dari orangtua. Menurutnya, perlu langkah konkrit untuk menyelesaikan persoalan stunting ini. 

 

"Hari ini (kemarin) kita menggelar rapat evaluasi bagaimana stunting ini bisa turun. Karena stunting ini bukannya menurun tetapi justru mengalami kenaikan dari 22,1 persen sekarang sudah 22,7 persen. Untuk penyebabnya ada banyak. Salah satunya itu pola asuh orangtua. Hal ini berkaitan dengan ketidaktahuan orangtua soal gizi. Lalu untuk yang berada di pinggir sungai penyebabnya adalah sanitasi," kata Gustianto, usai menggelar rapat di ruang rapat bupati, kemarin (24/7). 

 

Wabup menyampaikan tim selanjutnya akan mencari formulasi bagaimana stunting ini bisa mengalami penurunan. Setidaknya tidak mengalami kenaikan lagi ke depannya. Karena menurut Wabup terhambatnya pertumbuhan anak ini dapat berdampak buruk jika tidak segera diatasi. Tidak hanya orangtua, pihak terkait juga dituntut untuk bersama mencegah dan mengatasi stunting karena penanganan stunting ini merupakan program dari Presiden yang dituangkan dalam Peraturan Presiden. 

BACA JUGA:Bukan Erjon atau Tegu, PAN dan PDIP Seluma Usung Nofi dan Billy?

BACA JUGA: 3 Gedung Puskesmas Seluma Segera Direnovasi, Anggaran DAK Rp 8,1 Miliar

"Lain tempat lain juga persoalannya. Dan tim ini nanti akan bekerja bagaimana menemukan formulasinya. Karena setiap tempat berbeda-beda penanganannya. Kalau persoalan sanitasi maka perlu pembangunan jamban sehat. Kalau yang memang karena kesalahan pola asuh atau asupan gizi kurang maka perlu diberikan makanan tambahan," tutupnya.

 

Stunting adalah kondisi yang ditandai dengan kurangnya tinggi badan anak apabila dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Sederhananya, stunting merupakan sebutan bagi gangguan pertumbuhan pada anak. Penyebab utama dari stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak. (adt)

Sumber: