Inilah Panglima TNI RI Dari Masa Ke Masa Berikut Nama dan Masa Jabatannya (Part Dua)

Inilah Panglima TNI RI Dari Masa Ke Masa Berikut Nama dan Masa Jabatannya (Part Dua)

Sejarah. Panglima TNI dari masa ke masa--

Sejarah. Radar Seluma. Disway.id - Setiap Negara tentunya memiliki Angkatan Bersenjata untuk pengamanan Negara dari gangguan baik dari luar maupun dalam Negeri.

Termasuk Indonesia tentunya juga memiliki Angkatan Bersenjata meliputi Angkatan Bersenjata Angkatan Darat (TNI AD) Angkatan Bersenjata Udara (TNI AU) Angkatan Bersenjata Laut (TNI AL) serta Kepolisian pelindung, pengayom, penegakan hukum dan Kamtibmas.
 
Namun setiap Angkatan Bersenjata Dunia memiliki seorang Panglima yang di pimpin oleh seorang Jenderal Bintang 4 tak terkecuali Bangsa Indonesia tentu memiliki seorang Panglima hingga saat ini sudah terdapat 23 pucuk pimpinan Panglima TNI yang menjabat berikut Panglima Bersenjata Republik Indonesia dari masa ke masa siapa saja berikut nama-nama Panglima dari masa ke masa dan masa jabatannya.
 
Sebelumnya sudah kita bahas 13 Panglima TNI yaitu dari Jenderal Besar Anumerta Raden Sudirman hingga Laksamana TNI AU Widodo Adi Sutjipto 
Selanjutnya adalah Panglima TNI 
 
 
Keempat Belas Jenderal TNI Endriartono Sutarto dari TNI Angkatan Darat menjabat dari 7 Juni 2002 oleh Presiden Megawati hingga 13 Februari 2006 di ganti oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 
 
Kelima Belas Marsekal TNI AU Djoko Suyanto dari 12 February 2006 hingga 28 Desember 2007 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 
 
Keenam Belas Jenderal TNI AD Djoko Susanto menjabat sebagai Panglima dari 28 Desember 2007 hingga 28 September 2010 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di periode kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
 
Ketujuh Belas Laksamana TNI AL Agus Suhartono dari 28 September 2010 hingga 30 Agustus 2013 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 
 
Kedelapan Belas Jenderal TNI AD Moeldoko oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di akhir masa jabatannya menjadi Presiden 30 Agustus 2013 hingga 8 Juli 2015 di berhentikan oleh Presiden Joko Widodo dan kemudian Presiden Joko Widodo mengangkat Jenderal TNI AD Moeldoko menjadi Kepala Staf Kepresidenan.
 
 
Kesembilan Belas Jenderal TNI AD Gatot Nurmantyo dari 8 Juli 2015 hingga 8 Desember 2017 oleh Presiden Joko Widodo 
 
Keduapuluh Marsekal TNI AU Hadi Tjahjanto dari 8 Desember 2017 hingga 17 Nopember 2021 oleh Presiden Joko Widodo kemudian setelah pensiun dari TNI Marsekal TNI AU Hadi Tjahjanto di angkat menjadi Mentri ATR oleh Presiden Joko Widodo.
 
Keduapuluh satu Jenderal TNI AD Andika Perkasa dari 17 Nopember 2021 hingga 19 Desember 2022 oleh Presiden Joko Widodo 
 
Keduapuluh Dua Laksamana TNI AU Yudi Margono diangkat oleh Presiden Joko Widodo dari 19 Desember 2022 hingga 22 Nopember 2023.
 
 
Keduapuluh Tiga Jenderal TNI AD Agus Subiyanto diangkat oleh Presiden Joko Widodo dari 22 Nopember 2023 hingga sekarang menggantikan Panglima Laksamana TNI AU Yudi Margono.
 
Demikianlah 23 jabatan Panglima TNI Republik Indonesia dari masa ke masa semoga bermanfaat. Tamat (djl) 
 
 
 

Sumber: