Inilah Panglima TNI RI Dari Masa Ke Masa Hingga Nama dan Masa Jabatannya (Part Satu)

Inilah Panglima TNI RI Dari Masa Ke Masa Hingga Nama dan Masa Jabatannya (Part Satu)

Sejarah. Panglima TNI dari masa ke masa--

SEJARAH. Radar Seluma. Disway.id - Setiap Negara tentunya memiliki Angkatan Bersenjata untuk pengamanan Negara dari gangguan baik dari luar maupun dalam Negeri.

Termasuk Indonesia tentunya juga memiliki Angkatan Bersenjata meliputi Angkatan Bersenjata Angkatan Darat (TNI AD) Angkatan Bersenjata Udara (TNI AU) Angkatan Bersenjata Laut (TNI AL) serta Kepolisian pelindung, pengayom, penegakan hukum dan Kamtibmas.
 
Namun setiap Angkatan Bersenjata Dunia memiliki seorang Panglima yang di pimpin oleh seorang Jenderal Bintang 4 tak terkecuali Bangsa Indonesia tentu memiliki seorang Panglima hingga saat ini sudah terdapat 24 pucuk pimpinan Panglima TNI yang menjabat berikut Panglima Bersenjata Republik Indonesia dari masa ke masa siapa saja berikut nama-nama Panglima dari masa ke masa dan masa jabatannya.
 
 
Panglima pertama Republik Indonesia yaitu Jenderal Besar Anumerta Raden Sudirman yang menjabat sejak 12 Nopember 1945 hingga 26 Januari 1950 dari TNI Angkatan Darat, TNI saat ini ketika Jenderal Sudirman menjabat masih bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR) 
Jenderal Besar Anumerta Raden Sudirman menjadi Panglima di masa pemerintahan Presiden RI pertama yaitu Presiden Ir Soekarno.
 
Kedua Mayor Jenderal TNI AD TB Simatupang dari TNI Angkatan Darat dari 29 Januari 1950 hingga 4 Nopember 1953 pada masa pemerintahan Presiden RI Ir Soekarno.
 
Ketiga masih dari TNI Angkatan Darat yaitu Jenderal TNI AD Abdul Haris Nasution yang menjabat dari 1955 hingga tahun 1959 masa pemerintahan Presiden RI Ir Soekarno.
 
Keempat Jenderal TNI AU Soerjadi Soerjadarma dari tahun 1959 hingga 1961 Panglima pertama dari Angkatan Udara menjadi Panglima pada masa pemerintahan Presiden RI Ir Soekarno.
 
Kelima Jenderal Besar TNI AD Suharto dari 6 Juni 1968 hingga 28 Maret 1973 
 
 
Keenam Jenderal TNI AD Maraden Panggabean dari Tahun 28 Maret 1973 hingga 17 April 1978 yang di angkat oleh Presiden kedua RI Jenderal Besar TNI AD Suharto 
 
Ketujuh Jenderal TNI AD M. Yusuf 17 April 1978 hingga 28 Maret 1983 oleh Presiden Suharto menggantikan Jenderal Maraden Panggabean 
 
Kedelapan Jenderal TNI AD LB Moerdani dari 28 Maret 1983 hingga 27 Februari 1988 menggantikan Jenderal M Yusuf oleh Presiden Suharto 
 
Kesembilan Jenderal TNI AD Tri Sutrisno dari 27 Februari 1988 hingga 19 Februari 1993 oleh Presiden Suharto kemudian Jenderal TNI AD Tri Sutrisno mendampingi Presiden Suharto sebagai Wakil Presiden 
 
 
Kesepuluh Jenderal TNI AD Edi Sudradjat merupakan Panglima TNI tersingkat dalam sejarah yaitu dari 19 Februari 1993 hingga 21 Mei 1993 hanya hitungan bulan.
Jenderal TNI AD Edi Sudradjat adalah satu-satunya orang yang pernah menjabat sebagai Kepala Staf TNI-AD (KSAD), Panglima ABRI dan Menteri Pertahanan dan Keamanan Indonesia dalam waktu yang bersamaan.
namun menjabat Panglima beberapa bulan.
 
Kesebelas Jenderal TNI AD Faisal Tanjung dari 21 Mei 1993 hingga 12 February 1997 menggantikan Jenderal TNI AD Edi Sudradjat oleh Presiden Suharto.
 
Keduabelas Jenderal TNI AD Wiranto dari 16 February 1997 hingga 26 Oktober 1999 oleh Presiden Suharto hingga 1998 Suharto lengser dari jabatannya sebagai Presiden digantikan BJ Habibi kemudian Reformasi Presiden digantikan oleh Gusdur Jenderal TNI AD Wiranto masih di percaya oleh Presiden Gusdur sebagai Panglima TNI.
 
Ketigabelas Laksamana TNI AL Widodo Adi Sutjipto dari 26 Oktober 1999 hingga 7 Juni 2022 oleh Presiden Gusdur namun kemudian Presiden Gusdur dilengserkan hingga digantikan oleh Megawati yang saat itu menjabat Wakil Presiden hingga Masa kepemimpinan Presiden Megawati Laksamana TNI AU Widodo Adi Sutjipto masih di percaya oleh Presiden Megawati. (djl)
 
Bersambung ke Part 2 

Sumber: