Musim Hujan Tiba Masyarakat Dihimbau Jaga Kebersihan

Musim Hujan Tiba Masyarakat Dihimbau Jaga Kebersihan

Pasien DBD di RSUD Tais--

 

 

PEMATANG AUR - Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit menular disaat cuaca yang sudah memasuki musim hujan.

 

Rudi Syawaludin Kadis Kesehatan Seluma melalui Kabid P2P Mazda mengungkapkan musim Penghujan kini mengguyur wilayah Provinsi Bengkulu dan termasuk Seluma. Selain mengganggu masyarakat dengan hadirnya banjir, salah satu penyakit yang menyebar yaitu Demam Berdarah Dengue (DBD).

 

" Apalagi, di saat musim hujan seperti sekarang, banyak sekali ditemukan genangan-genangan air yang menjadi media nyamuk bertelur, kita harapkan agar masyarakat dapat menjaga kebersihan" jelasnya.

 

Masyarakat pun diminta siap siaga, Khususnya masyarakat di Kecamatan Sukaraja yang terdampak banjir beberapa waktu yang lalu. Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) sebenarnya fluktuatif, tetapi saat musim hujan, kejadian penyakit demam berdarah dengue (DBD) umumnya akan meningkat. Pada musim hujan populasi Aedes aegypti akan meningkat karena telur yang belum menetas akan menetas ketika habitat perkembangbiakannya mulai tergenang air hujan.

BACA JUGA:Pilkada, Sekda Seluma Minta Ini Kepada ASN ?

BACA JUGA: Wakapolres dan 3 Perwira di Polres Seluma, Gelar Sertijab

"Pascabanjir masyarakat harus antisipasi penyakit kulit ataupun gatal-gatal. Kemudian juga diare. Jadi bagi masyarakat yang sumurnya tercemar banjir agar mengkonsumsi air bersih untuk mengantisipasi penyakit yang ditimbulkan pascabanjir," kata Kabid P2P Mazda.

 

Dikatakan Mazda, disamping waspada terhadap potensi banjir, seluruh masyarakat harus mencegah dampak beberapa penyakit yang ditimbulkan seperti wabah Demam Berdarah Dengue (DBD). Pasalnya, sudah banyak pasien DBD yang dirawat rumah sakit.

Sumber: