Alsintan Bagian Peningkatan Produktivitas Pertanian di Bengkulu Selatan

Alsintan Bagian Peningkatan Produktivitas Pertanian di Bengkulu Selatan

Bupati BS Gusnan Minta Jaga Alsintan Dibagikan Pemerintah Dijaga Dengan Baik--

 

 

BENGKULU SELATAN, radarseluma.disway.id -Kualitas alat dan mesin pertanian (alsintan) menjadi salah satu kunci meningkatkan efisiensi dan produksi pertanian. Salah satu upaya Pemerintah dalam menjaga kualitas alsintan adalah dengan menetapkan Standar Nasional Indonesia (SNI).

 

"Alsintan menjadi bagian dalam peningkatan produktivitas pertanian,"ungkap Bupati BS Gusnan Mulyadi,SE.MM.

 

Ia menyarankan pentingnya petani menggunakan peralatan berstandar SNI agar mendukung kelancaran dalam menyelesaikan pekerjaan seperti penggunaan tenk semprot, pompa air. Namun sebaliknya akan memudahkan terjadinya kerusakan peralatan yang digunakan bila menggunakan peralatan yang murahan.

 

Menurut Gusnan, dalam perkembangan penggunaan Alsintan ternyata terus menunjukkan laju peningkatan yang cukup pesat, baik dalam jumlah, jenis maupun teknologi Alsintan yang digunakan.

BACA JUGA:Bupati BS Ajak Peduli Sampah, Buang Pada Tempatnya

BACA JUGA:Bupati BS Ajak Fokus Tujuan Hidup Untuk Menemukan Kebahagiaan

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor kemampuan daya beli petani yang rendah, rendahnya kemampuan sumber daya pengelola, dan terbatasnya ketersediaan suku cadang dan pelayanan purna jual.

 

"Alsintan menjadi salah satu terobosan baru dalam pembangunan pertanian untuk mengatasi permasalahan keterbatasan jumlah tenaga kerja. Alsintan diharapkan menjadi bagian dalam peningkatan produktivitas pertanian. Kita Pemkab BS terus berusaha mempasilitasi petani agar Alsintan dapat dimiliki petani melalui kelompok tani.

Sumber: