3 Mukjizat Nabi Ismail AS, Hingga Saat Ini Masih Di Nikmati Umat Muslim Dunia

3 Mukjizat Nabi Ismail AS, Hingga Saat Ini Masih Di Nikmati Umat Muslim Dunia

Kajian Islam. Mukjizat Nabi Ismail AS --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Nabi Ismail AS merupakan Putra Nabi Ibrahim AS dan ibunya bernama Siti Hajar Nabi Ismail AS dikenal sebagai anak yang shaleh karena selalu taat perintah Allah.

Dikatakan bahwa kelahiran Nabi Ismail AS ini merupakan jawaban dari doa yang selalu dipanjatkan Nabi Ibrahim AS kepada Allah.

Nabi Ismail AS hidup di Bumi selama 137 tahun pada masa 1911-1774 sebelum Masehi dan Allah SWT mengutus Nabi Ismail AS untuk penduduk Mekkah dan dikaruniai keturunan sebanyak 12 orang dan Nabi Ismail AS wafat di kota Mekkah.

Salah satunya dalam Al-Qur'an Surat Maryam ayat 54 berbunyi: 

وَاذۡكُرۡ فِى الۡـكِتٰبِ اِسۡمٰعِيۡلَ‌ ۚاِنَّهٗ كَانَ صَادِقَ الۡوَعۡدِ وَكَانَ رَسُوۡلًا نَّبِيًّا‌

Artinya:

"Dan ceritakan lah (Muhammad), kisah Ismail di dalam Kitab (Al-Qur'an). Dia benar-benar seorang yang benar janjinya, seorang rasul dan Nabi" (QS Maryam 54)

Sebagaimana para Nabi dan Rasul lainnya Nabi Ismail AS juga memiliki Mukjizat yang istimewa bahkan hingga saat ini masih dapat di nikmati oleh umat Muslim di seluruh dunia

BACA JUGA:Kisah Nabi Ismail AS Putra Nabi Ibrahim AS

Berikut 3 Mukjizat Nabi Ismail AS yang patut umat Muslim ketahui yaitu:

Pertama: Memunculkan Sumber Air Zamzam

 

Kisah munculnya air Zamzam menjadi salah satu Mukjizat yang diberikan Allah kepada Nabi Ismail AS. Hal ini bermula ketika Nabi Ibrahim AS mendapat perintah dari Allah untuk membawa istrinya Sayyidah Hajar dan putranya, Ismail AS ke lembah gersang Hijaz atau sekarang Makkah.

Tak lama setelahnya, Nabi Ibrahim AS mendapat perintah lagi dari Allah untuk kembali ke Syam (Palestina) melanjutkan dakwah. Sementara itu, Lembah Hijaz waktu itu belum ada penduduk. Suatu ketika, Nabi Ismail AS yang masih kecil tengah kehausan di tengah terik Matahari, melihat persediaan air mereka habis, Ibunda Hajar panik, dia terus berlari antara Bukit Shafa dan Marwah hingga tujuh kali mencari sumber air.

Kemudian, Ibunda Hajar mendengar ada suara dari tempat Ismail dibaringkan di atas tanah. Ia kaget ketika mendapati sumber air muncul di tanah yang digeser-geser dengan tumit putranya itu.

Segeralah Hajar mengambil air itu untuk diberikan kepada Nabi Ismail AS yang kehausan. Sampai saat ini, sumber air Zamzam itu masih terus mengalir dan tidak pernah berkurang, apalagi kering hingga saat ini bisa di nikmati oleh umat Muslim dari seluruh dunia.

Bahkan air Zamzam memiliki banyak manfaat bahkan juga dapat menyembuhkan penyakit sebagaimana terdapat dalam sebuah Hadits dari Ibnu Abbas Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:

عن ابن عباس قال: قال النبي - صلى الله عليه وسلم -: «ماء زمزم لما شرب له إن شربته تستشفي شفاك الله، وإن شربته يشبعك الله أشبعك الله، وإن شربته لقطع ظمئك قطعه الله، وهي هزمة جبريل وسقيا الله إسماعيل

Artinya: Dari Ibnu Abbas berkata, Nabi SAW bersabda, “Air  zamzam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika kamu minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu maka Allah menyembuhkannya. Jika kamu minum dengan maksud supaya kamu kenyang maka Allah mengenyangkanmu. Jika kamu meminumnya agar hilang rasa hausmu maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail" 

BACA JUGA:Kisah Awal Mula Anjuran Qurban Bagi Umat Muslim Di Dunia

Kedua: Diselamatkan Ketika Hendak Disembelih oleh ayahnya, Nabi Ibrahim AS

Pada suatu malam, Nabi Ibrahim mendapatkan wahyu dari Allah SWT melalui mimpinya untuk menyembelih putranya, Ismail. Kemudian Nabi Ibrahim AS mengungkapkan kepada Nabi Ismail AS berkenaan dengan mimpinya.

Sebagaimana di jelaskan Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat Ash Shaaffaat: 102 yang berbunyi:

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعۡىَ قَالَ يٰبُنَىَّ اِنِّىۡۤ اَرٰى فِى الۡمَنَامِ اَنِّىۡۤ اَذۡبَحُكَ فَانْظُرۡ مَاذَا تَرٰى‌ؕ قَالَ يٰۤاَبَتِ افۡعَلۡ مَا تُؤۡمَرُ‌ سَتَجِدُنِىۡۤ اِنۡ شَآءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيۡنَ

Artinya: Ibrahim berkata, “Wahai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelih mu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu!” Ismail menjawab, “Wahai ayahku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapati ku termasuk orang-orang yang sabar.” (QS. Ash Shaaffaat: 102)

Mendengar jawaban tersebut, Nabi Ibrahim AS membawa Nabi Ismail AS ke Mina, lalu ia taruh kain putih ke muka anaknya. Setelah meletakkan pisau di leher anaknya kemudian keduanya mendengar seruan dari Allah SWT

Sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Qur'an Surat Ash Shaaffat ayat 105-106 ya g berbunyi:

قَدْ صَدَّقْتَ ٱلرُّءْيَآ ۚ إِنَّا كَذَٰلِكَ نَجْزِى ٱلْمُحْسِنِينَ

إِنَّ هَٰذَا لَهُوَ ٱلْبَلَٰٓؤُا۟ ٱلْمُبِينُ

Artinya: “Wahai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu. Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata.” (QS. Ash Shaafffat: 104-106)

Setelah itu Nabi Ismail AS oleh Malaikat Jibril diganti dengan seekor domba dan Nabi Ibrahim AS pun menyembelih domba tersebut. Atas peristiwa ini, lahirlah perintah berkurban bagi umat Islam.

BACA JUGA:5 Mukjizat Nabi Ibrahim AS, Diantaranya Tidak Hangus Di Bakar Kobaran Api

Ketiga: Membangun Ka'bah

 

Setelah Nabi Ismail selamat dari penyembelihan, Allah kemudian memberi wahyu kepada Nabi Ibrahim. Kali ini, beliau diperintahkan untuk membangun Ka'bah bersama putranya itu.

Nabi Ibrahim menunjuk ke suatu tempat yang agak tinggi dibanding sekelilingnya. Di dekat lokasi ini, keduanya meninggikan fondasi Baitullah Ka'bah. Ismail bekerja dengan mengangkut batu-batu, sedangkan Nabi Ibrahim menyusunnya (membangunnya) hingga menjadi bangunan tinggi.

Setelah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail selesai membangun Kakbah, keduanya berdoa

Sebagaimana diabadikan dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah 127-128 yang berbunyi: 

وَاِذۡ يَرۡفَعُ اِبۡرٰهٖمُ الۡقَوَاعِدَ مِنَ الۡبَيۡتِ وَاِسۡمٰعِيۡلُؕ رَبَّنَا تَقَبَّلۡ مِنَّا ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ السَّمِيۡعُ الۡعَلِيۡمُ

رَبَّنَا وَٱجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَآ أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلتَّوَّابُ ٱلرَّحِيمُ

Artinya: "Ya Tuhan Kami, terimalah dari kami (amalan kami), sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji Kami, dan terimalah tobat kami. Sesungguhnya Engkau Yang Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang." (QS Al Baqarah: 127-128)

Demikian lah 3 Mukjizat Nabi Ismail AS semoga menjadikan wawasan dan ilmu pengetahuan bagi umat Muslim yang harus kita ketahui bersama semoga bermanfaat. Aamiin Allahumma Aamiin. (djl) 

Sumber: