Upacara Peringatan Harlah Pancasila di Bengkulu Selatan,Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa, Menuju Indonesia Emas

Upacara Peringatan Harlah Pancasila di Bengkulu Selatan,Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa, Menuju Indonesia Emas

Wabup Irup Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Lapangan Sekundang Manna--

BENGKULU SELATAN, radarseluma.disway.id - Upacara peringatan hari lahir Pancasila Tahun 2024 di Lapangan Sekundang Manna, Sabtu (1/6/24) bertema, “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Selaku Inspektur Upacara (Irup) wakil Bupati Bengkulu Selatan, Rifa’i Tajuddin S.Sos, dan turut hadir Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan, Asisten dan Staf Ahli, ASN, camat serta undangan lainnya.

 

Wakil Bupati Bengkulu Selatan Rifa’i Tajuddin, dalam amanatnya membacakan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia,  bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tentu sebagai suatu ajakan bagi kita semua bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

 

"Kita Patut disyukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara,"ucap Rifa'i.

 

Diakui Rifa'i, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika..

BACA JUGA:Bawaslu Seluma Imbau Cek KTP Soal Dukungan Calon Independen

BACA JUGA: Landmark BSI di Aceh, Diresmikan Wakil Presiden RI! Gedung Tertinggi di Banda Aceh

"Dalam momentum sangat bersejarah ini, mengajak semua komponen bangsa, untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila terbukti mampu mempersatukan dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,"beber Rifa'i.

 

Wabup juga mengatakan Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi.

 

"Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan,” jelas Rifa'i.(yes)

Sumber: