Keutamaan Dalam Bersedekah Bersama Ustadz Cilik Yozan Irham Riski Hendico Santri Pondok Pesantren Ar-Raudhah

Keutamaan Dalam Bersedekah Bersama Ustadz Cilik Yozan Irham Riski Hendico Santri Pondok Pesantren Ar-Raudhah

Kajian Islam. Keutamaan Sedekah oleh Ustadz Cilik Yozan Irham Riski Hendico Santri Pondok Pesantren Ar-Raudhah --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Puja dan puji syukur marilah kita panjatkan ke hadirat ilahi rabbi, Tuhan semesta alam yang telah menciptakan kita semua.
Shalawat beserta salam agar senantiasa tetap tercurahkan kepada junjungan kita Baginda Nabi Muhammad SAW, yang akan memberikan kita Syafaat di yaumul akhir.
Salah satu ibadah utama di bulan Ramadhan  adalah Sedekah. Islam menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah.
Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah SWT. Sedekah bukan hanya berupa harta tapi juga bisa berupa perbuatan.
Menyingkirkan duri di jalan dan menyampaikan ilmu juga termasuk Sedekah. Memberikan senyuman juga sedekah
Tidak akan berkurang harta orang yang bersedekah, secara zahir memang berkurang namun sebenarnya harta itu bertambah.
Allah SWT akan menambahkan karunianya dan menggantikan harta yang telah disedekahkan itu melalui berbagai jalan.
 
Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al Baqarah ayat 261 yang berbunyi:
 
مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
Artinya: 
 
"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui."
 
 
Adapun keutamaan bersedekah yang dapat kita lakukan lebih-lebih lagi di bulan suci Ramadhan ini sebab bersedekah sangatlah di anjurkan oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW bahkan Rasulullah SAW lebih meningkatkan sedekah nya ketika di bulan suci Ramadhan
Hal tersebut diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dalam sebuah Hadist nya sebagai berikut:
 
كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدُ (أَجْوَدَ) مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ
 
Artinya: 
 
"Rasulullah SAW adalah orang paling dermawan di antara manusia lainnya, dan ia semakin dermawan saat berada di bulan Ramadhan." (HR Bukhari dan Muslim).
 
Berikut beberapa keutamaan Sedekah 
 
Pertama: 
Dapat menghapus dosa. 
 
Sedekah dapat menghapus seperti air memadamkan api sebagaimana Nabi Muhammad Rasulullah SAW bersabda
 
الْحَسَدُ يَأْكُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَأْكُلُ النَّارُ الْحَطَبَ وَالصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ وَالصَّلاَةُ نُورُ الْمُؤْمِنِ وَالصِّيَامُ جُنَّةٌ مِنَ النَّارِ
Artinya:
 
"Hasad memakan kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar. Sedekah melenyapkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api. Shalat adalah cahaya orang beriman. Dan puasa adalah perisai dari api neraka" (HR. Ibnu Majah)
 
 
Kedua: 
Mendapatkan pahala yang berlipat ganda 
 
Sebagaimana terdapat dalam firman Allah SWT Surat al-Baqarah ayat 245 yang berbunyi:
 
مَنْ ذَا الَّذِيْ يُقْرِضُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضٰعِفَهٗ لَهٗٓ اَضْعَافًا كَثِيْرَةً ۗوَاللّٰهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۣطُۖ وَاِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ
Artinya:
 
"Barangsiapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan"
 
Dalam Surat lain Al - Hadid ayat 18 juga di jelaskan yang berbunyi:
 
اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ
 
Artinya:
 
"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia"
 
 
Ketiga:
Terdapat pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang yang bersedekah.
 
Dijelaskan dalam sebuah Hadist diriwayatkan oleh Al-Bukhari Muslim yang artinya:
 
“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemari lah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah” (HR. Bukhari Muslim).
 
Keempat: 
Mendapat naungan di hari akhir. 
 
“Rasulullah SAW menceritakan tentang 7 jenis Manusia yang mendapat naungan di suatu hari yang ketika itu tidak ada naungan lain selain dari Allah, yaitu hari akhir. 
Salah satu jenis Manusia yang mendapatkannya adalah, “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya”
 
 
Kelima: 
Didoakan Malaikat 
 
Dalam sebuah Hadist dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwa Nabi Muhammad Rasulullah SAW bersabda yang artinya: 
 
"Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; "Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya", sedangkan yang satunya lagi berkata; "Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil) ". (HR. Bukhari) 
 
Keenam:
Menolak Bala 
 
Orang yang suka bersedekah hidupnya Insyaallah akan dijauhkan dari marabahaya dan dipanjangkan umurnya dalam artian hidupnya dipenuhi keberkahan. 
Nabi Muhammad Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
 
“Sedekah itu menolak bala dan memanjangkan umur”. 
 
Ketujuh:
Menjaga dari Siksa Api Neraka 
 
Dalam sebuah Hadist dari Adi Bin Hatim mengatakan, Nabi Muhammad Rasulullah SAW bersabda yang artinya: 
 
"Jagalah diri kalian dari Api Neraka sekalipun hanya dengan sebiji kurma." Kemudian beliau berpaling dan menyingkir, kemudian beliau bersabda lagi, "jagalah diri kalian dari Neraka", kemudian beliau berpaling dan menyingkir (tiga kali) hingga kami beranggapan bahwa beliau melihat Neraka itu sendiri, selanjutnya beliau bersabda: "Jagalah diri kalian dari Neraka sekalipun hanya dengan sebiji kurma, kalaulah tidak bisa, lakukanlah dengan ucapan yang baik." (HR. Bukhari) 
 
Marilah kita bersama-sama gemar bersedekah dan memaksimalkan ibadah selama bulan Ramadhan ini karena belum tentu kita akan bertemu kembali dengan Ramadhan berikutnya. 
Semoga kita menjadi insan mulia yang mendapat maghfirah dari Allah SWT. (djl)
 
Biodata penceramah:
Nama:  Yozan Irham Riski Hendico
Ttl:  Pagar, 18 Oktober 2009
Alamat: Desa Pagar Kecamatan Ulu Talo Kabupaten Seluma
Kelas : IX MTs Ar-Raudhah
Cita²  = Pengusaha sukses
Kata-kata mutiara: Man Jadda Wa Jada

Sumber: